Cara Mempercepat Kinerja Komputer atau Laptop Dengan Mudah

Cara Mempercepat Kinerja Komputer atau Laptop - Kinerja komputer yang lelet alias lambat akan membuat kita malas mengerjakan pekerjaan, komputer yang lemot juga akan menggangu aktivitas kalian, Apalagi waktu mendesak, pekerjaan numpuk, pasti pusing kan ??? uuupss … tenang sob,,, kali ini saya akan sedikit share tentang cara mempercepat/mengoptimalkan kinerja komputer. praktekan semua cara dibawah agar laptop kalian berjalan normal.

Banyak orang yang suka jika melihat tampilan layar komputernya keren dan cantik. iya kan? Termasuk saya juga. Namun tahukan kalian bahwa memakai visual untuk mempercantik tampilan layar komputer akan berdampak buruk juga lho… komputer akan terasa berat apalagi kalo spek komputer yang kalian guanakan minim banget. Untuk menghindari keomputer ngehang, lola dan lain sebagainya, sebaiknya kalian mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Mempercepat Kinerja Komputer Dengan Mudah

1. Cari Program yang memakan Disk yang Besar
Laptop kalian sangat lemot karena ada sesuatu yang menggunakan sumber daya lebih. Jika program itu berjalan saya pastikan laptop kalian menjadi lambat.

Untuk mengetahui hal tersebut bukalah Task Manager. Kalian bisa klik kanan pada taskbar dan pilih "Task Manager" pilihan atau tekan kombinasi tombol keyword Ctrl + Shift + Escape untuk membuka TAsk Manager. Pada sistem operasi Windows 8, 8.1, dan 10, Task Manager baru menyediakan sebuah antarmuka ditingkatkan dengan warna-kode program yang menggunakan banyak sumber daya. Klik "CPU," "Memory," dan "Disk" untuk menyortir daftar dengan aplikasi yang menggunakan sumber daya yang paling banyak. Jika aplikasi menggunakan terlalu banyak sumber daya, kalian mungkin ingin menutupnya normal - jika kalian tidak bisa, pilih di sini dan klik "End Task" untuk menutupnya secara paksa. Lebih jelasnya silahkan gambar dibawah.

Mempercepat Kinerja Laptop atau Komputer
Menghentikan Program yang Berat

2. Menutup Program System Tray

Banyak aplikasi cenderung berjalan pada system tray atau area notifikasi. Aplikasi ini sering memulai pada saat startup dan tetap berjalan pada latar belakang namun kalian tidak bisa melihatnya karena tersembunyi di balik ikon panah di sudut kanan bawah layar laptop. Cara menutup program System Tray adalah Klik panah icon dekat system tray, klik kanan aplikasi kalian yang  tidak diperlukan dan tutup aplikasi tersebut ntuk membebaskan sumber daya.

Cara Mempercepat Kinerja Komputer Dengan Mudah

3. Matikan visual effect
Klik Start >> klik kanan Komputer >> selanjutnya klik properties >> klik Advance sistem setting >> pilih tab advanced >> pada bagian performance klik setting untuk bagian Visual pilih adjust for best performance >> selanjutnya klik OK.

cara mempercepat kinerja komputer

4. Matikan aero shake.
Cara keempat untuk mempercepat laptop adalah Feature aero shake yang berfungsi meminimize jendela yg tidak digunakan.
Klik Start >> ketik “gpedit.msc” (tanpa tanda petik) tekan enter Sesudah tampil jendela local grup policy editor sama seperti di atas, Klik User Configuration >> Klik administrative template >> klik desktop >> setelah itu di jendela sebelah kanan klik dua kali untuk “turn off aero shake windows minimizing mouse gesture” >> setelah itu pilih enable >> terakhir tekan OK.

5. Matikan firut aero snap
Cara kelima untuk mempercepat laptop adalah dengan cara mematikan feature aero snap.
Klik Start >>> Klik control panel >> Pilih ease of acces >> setelah itu klik ease of acces center >> dulu klik Make the mouse easier to use, Centang pada “Prevent windows from being automatically arranged when to the edge of the screen” >> seterusnya Klik OK.

cara mempercepat kinerja komputer

6. Matikan Aplikasi Pada Star Up.
Cara keempat untuk mempercepat laptop adalah adalah mematikan sebagian Aplikasi ketika komputer pertama kali dinyalakan atau Star Up akan bengurangi beban komputer. Cara nya sebagai berikut.

Klik Start >> ketik “msconfig” (tanpa tanda petik) selanjutnya tekan enter >> lalu klik tab Startup >> selanjutnya uncheck atau hilangkan tanda centang aplikasi yg tdk digunakan untuk dijalankan pada saat komputer melaksanakan startup. Klik OK.

7. Nonaktifkan gadget
Cara ketujuh untuk mempercepat laptop adalah mematikan gadget di windows 7. Ini bisa dilakukan dengan langkah langkah berikut ini:

Klik Start >> Setelah Itu klik Control Panel >> Pilih Programs >> Pilih Turn Windows features on or off >> Seterusnya hilangkan tanda centang pada “Windows gadget platform” >> Klik OK.

8. Memanfaatkan seluruhnya core ketika booting.
Apabila kalian memiliki laptop atau netbook yg mempunyai procesor banyak core, sebaiknya kalian memanfaatkan semua core tersebut ketika komputer sedang booting.

Langkah untuk mengatur supaya seluruh core processor (baca juga pengertian processor) diperlukan disaat computer melakukan booting dapat dilakukan dgn langkah berikut :

Klik Start >> ketik “msconfig” (tidak dengan tanda petik) >> tekan enter . Klik tab >> boot > pilih sistem operasi windows 7
Klik advanced options >> beri tanda centang pada Number of processor >> pilih jumlah processor >> klik OK.

9. Disk Clean Up Hardisk
Tahu gak sob... disaat kita browsing maupun sedang menginstal dan menguninstal software dari PC dapat menghasilkan registry-registry, cookies, cache yg baru yang umumnya nggak terpakai. Jika tidak dibersihkan, maka akan menguras banyak ruang Hardisk di laplop.

Untuk menjalankan Disk Clean Up kalian bisa lakukan langkah berikut:
Klik Start >> Klik All Programs >> Klik Accesories >> Klik Sistem Tools >> Klik Disk Clean Up, Setelah itu akan muncul jendela kecil yang merupakan opsi Harddisk mana yg akan kalian Clean Up. (pilihlah drive : C) >> Selanjutnya klik OK.

10. Defragment Disk kamu Dengan Cara Rutin.
Tutorial yg kedelapan utk mempercepat kinerja komputer windows 7 yaitu men-defragment disk dengan cara rutin. Karena pada dasarnya proses defragment disk ialah merapikan file yg berada di harddisk sehingga dapat lebih gampang dalam membacanya.
Untuk men-defragment Disk bisa dilakukan secara berikut :

Klik Start >> Klik All Programs >> Klik Accesories >> Klik Sistem Tools >> Klik Disk Defragmenter, Pilih Hard Drive yg akan di defrag selanjutnya klik defragment disk.

0 Response to "Cara Mempercepat Kinerja Komputer atau Laptop Dengan Mudah"

Poskan Komentar