Panduan Belajar SEO Untuk Pemula

Panduan Belajar SEO Untuk Pemula (search engine optimization) merupakan keterampilan yang perlu anda pelajari, meskipun investasi awal sangat mahal, karena banyak sekali diluar sana yang membuka kursus seo yang harga nya jutaan, namun anda jangan hawatir karena dengan SEO kita bisa mengembalikan investasi awal.

Biasanya para pakar SEO selalu melakukan research keyword sebelum mereka membuat situs, ini untuk memastikan bahwa kita nanti akan menargetkan keyword yang diketikan orang saat berada dalam mesin pencari, dengan ini kita akan mengetahui berapa banyak orang yang mencari sesuatu dengan kata kunci tersebut, setelah menarget keyword tersebut.

Para pakar SEO akan mengoptimasikan keyword yang sudah mereka target dan melakukan SEO on-page seperti meletakan keyword di artikel, title tag, meta description, di url dan menggunakan gambar dengan Alt text keyword yang mereka incar dll,.

Kemudian ahli SEO akan meletakan situsnya di google webmaster tool untuk mendapatkan informasi dari google tentang hal-hal yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan di situs, seperti meningkatkan effisiensi dari spider untuk mengcrawl dan mengindeks situs anda dll.

Kenapa Harus SEO? Jawabnya adalah, karena SEO dapat membuat blog atau halaman kita menempati posisi pertama search engine. Dengan menempati posisi pertama pada hasil pencarian, otomatis blog kita akan mendapatkan banyak traffik. Namun, menempati halaman 1, bukan jaminan anda mendapatkan banyak traffik. Kenapa? Karena seperti yang saya katakan diatas bahwa kita harus meriset dulu keyword apa yang banyak dicari orang.

Percuma jika kita menempati posisi pertama google, namun yang mencari tidak ada. Misal saja Keyword “cara memikat hantu” Tidak mungkin kan ada orang yang pengen memikat hantu?

Nah, setelah anda paham asumsi yang saya jelaskan secara singkat tadi, semoga anda mengerti sedikit banyak tentang SEO. “Terus, apa langkah pertama yang harus saya lakukan? Yuk kita lanjut lagi ke bawah….

SEO merupakan topik yang sangat panjang dan luas sekali,cepat berubah seiring berkembangnya algoritma google. Namun ada dua hal yang sampai saat ini tidak berubah yaitu Relevansi, google sebagai perusahaan yang bergerak dibidang mesin pencari selalu menampilkan hasil yang relevan kepada pengguna nya.

Mungkin anda penasaran, gimana sih caranya bikin halaman yang relevan? Gimana sih cara nya mengoptimalkan halaman kita agar rangking nya itu bagus untuk kata kunci yang kita incar. Sebenarnya SEO tidak lah serumit yang anda kira,jika anda sudah mulai mengerti.sebelum menbahas lebih lanjut.


Pembagian SEO

Perlu anda ketahui bahwa SEO itu terbagi menjadi dua:
1. ON-Page SEO ( relevansi )
2. Off-Page SEO ( VOTE )
Yang pertama adalah On-Page SEO ,meliputi beberapa hal di antaranya sebagai berikut:

a. Title tag:
Jika anda membuat halaman suatu blog baik itu blogspot atau wordpress,maka anda akan menemukan yang namanya title tag dan anda diberi keleluasaan untuk merubah title tag sesuai dengan yang anda mau.

Jika anda ingin blog anda bertengger dihalaman pertama untuk kata kunci cara menghilangkan jerawat, maka anda sebaiknya meletakan kata tersebut di title tag, Berikut contoh title tag:
<head>
<meta charset='utf-8'/>
<title>Indihome</title>

b. Heading tag
Setiap blog pastinya memiliki sebuah judul, judul tentunya sangat penting dalam indeks yang dilakukan oleh mesin pencari, gunakanlah judul yang sudah dikenal oleh google, anda bisa menggunakan google keyword tool untuk mengetahui kata kunci mana yang sudah dikenal oleh google dan banyak dicari orang.

Cara yang digunakan disini adalah dengan menuliskan judul dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia & inggris atau pun juga bisa mengambil judul dari google, trik dengan menggunakan dua bahasa ini tujuannya untuk memperluas keyword pencarian yang akan merujuk pada blog anda.

Bahasa inggris adalah bahasa internasional, maka akan membuka kesempatan pada orang dari luar untuk membuka blog, semakin jauh orang yang mengunjungi blog anda maka akan semakin meningkatkan rating anda di mata google. dalam title tag kita tadi menggunakan kata kunci cara menghilangkan jerawat, naaah kata kunci tersebut kita letakan lagi di heading tag, jadi relevan antara title tag dan heading tag.

Berikut contoh heading tag :
<h1 class='title'> Indihome </h1>

c.Emphasize:
Selanjutnya adalah emphasize, ini meliputi BOLD, Underline, Italic. contoh kata "Belajar SEO" yang diberi bold.

d.Image Alt tag:
Jika anda punya artikel sebaiknya anda beri gambar,nah dalam gambar itu anda harus meletak Alt tag ,karena google tidak mengenal gambar, meskipun anda mempunyai gambar, namun dalam gambar tersebut tidak diletakan Alt tag maka google itu tidak akan mengenalinya,karena google itu mesin bukan manusia.

Sebagai contoh jika anda mempunyai artikel tentang boneka Barbie lucu, terus dalam artikel tersebut anda memasukan gambar Kuntilanak lalu anda letakan Alt tag dengan kata Barbie Lucu maka google akan mengenali gambar Kuntilanak sebagai Barbie Lucu. :"D :"D

e.Outbond Link:
Adalah link yang kita dikeluarkan, jika anda melihat halaman seperti Wikipedia, dalam halam tersebut anda akan melihat banyak link yang keluar, gunanya untuk memberi tahukan bahwa ada artikel tambahan untuk artikel tersebut namun masih tetap ada dalam relevansi. Jika anda membuat halaman maka sebaiknya anda melakukan outbond link ke dalam artikel yang relevan diluar domain anda.

f. Konten:
Konten ini sangat penting,anda harus membuat konten yang bermanfaat bagi orang lain dan berkualitas, jikaanda mempunyai ide tentang sesuatu maka jangan sungkan untuk berbagi kepada orang lain, gunakan lah bahasa yang mudah dimengerti, susun kata sebaik mungkin, karena dengan kata-kata yang baik setidaknya akan membuat orang lebih lama lagi berdiam di blog kita, dan mungkin suatu hari mereka akan berkunjung lagi, syukur-syukur jika Url kita mereka simpan dibookmark nya dan memasukannya kedalam daftar blog favorite.

g. Permalink:
Termasuk domain dan Url setelah domain anda. contoh permaling http://www.pintarkomputer.org/2015/11/indihome-useetv-daftar-harga-paket.html

NB: sebenarnya masih ada lagi On-page SEO selain yang saya paparkan diatas,sebagai dasar anda cukup mengetahui ini dulu dan mempraktekan nya, insya alloh jika anda konsisten, istiqomah, sabar dan terus berusaha maka halaman anda akan bertengger di halaman pertama google dengan kata kunci yang anda tembak.

Karena muncul dihalaman pertama mesin pencari dengan persaingan yang ketat itu merupakan kepuasan tersendiri, disamping itu dengan bertengger dihalaman pertama mesin pencari akan meningkatkan traffik pada blog anda, karena orang jarang sekali melihat halaman ke 2 bahkan ke 3 dari mesin pencari.

Dari awal kita dapat menyimpulkan penting nya suatu relevansi, dan kita terapkan relevansi tersebut mulai dari title tag sampai permalink.

off-page SEO (vote)

hmmz….untuk off-page SEO meliputi backlink dan Sosial Buzz..namun dalam membangun bancklink banyak sekali trik yang perlu dilakukan dan hal yang jangan dilakukan,, Sekian dari saya semoga bermanfaat ,kalo ada yang salah itu kebodohan saya sendiri,dan mohon dimaafkan. Jangan lupa like dan share,,,,