Cara Menggunakan Movie Maker

Cara Menggunakan Movie Maker - Bagi sobat yang pengen mengedit video ,namun masih pemula,tentunya harus menggunakn aplikasi yang dasar juga, ya aplikasi movie maker pas baget buat sobat, untuk mengawali hobi kalian mengedit video, karena tingkat kesulitan nya jauh lebih rendah dibandingkan jika menggunakan aplikasi editor spt videopad, dalam aplikasi ini sobat bisa mengedit video , menyatukan beberapa video menjadi satu video, atau membuat slide show ( kumpulan poto menjadi sebuah video),baca juga cara download video youtube . kaya nya pas banget bagi sobat yang suka koleksi photo pacar atau mantan.hehehe… yuk aaaah kita langsung aja ke inti

1.Buka Movie Maker sobat…tentunya sudah punyakan aplikasi nya??? Kalo belom sobat sedot aja di sini … "Movie Maker" … kalo sudah punya kita lanjut aja ke langkah selanjutnya…
2.  Setelah Movie maker terbuka , sekarang kita ambil beberapa poto yang berada di folder komputer sobat dengan cara mengklik Import Picture. Lihat gambar dibawah ini sob…


Cara Menggunakan Movie maker

3.Jika sobat sudah memilih gambar ,selanjutnya adalah meng-Import File, pilih  beberapa gambar sekaligus. Cara memilih gambar sekaligus dengan bantuan tombol Crtl pada keyboard sobat, (klik pada gambar ke 1, kemudian tekan tombol crtl lalu gambar kedua, ketiga dan seterusnya). kemudian jika sudah dipilih gambarnya lanjutkan dengan klik tombol import.

4.Setelah gambar tampil, tambahkan gambar tersebut ke Timeline. Caranya pilih dulu gambarnya lalu klik kanan , kemudian pilih Add to Timeline. dengan menekan ctrl+D atau klik kanan pada gambar tsb lalu plih timeline... 

Download Movie Maker

6.Menu Timeline ada di jendela paling bawah, coba klik salah satu gambar yang ada di timeline. 
7.Jika sobat klik nanti gambarnya akan tampil di preview video yang ada di pojok kanan jendela. Jika sobat klik tombol play, nanti setiap 5 detik gambarnya akan berubah ke gambar selanjutnya, mengapa hanya 5 detik? karena defaulnya diset 5 detik. Ini bisa diatur sesuai dengan seleramu dengan drag tepi gambarnya ke arah kanan (drag = klik tahan tarik).lihat gambr dibawah sob,,, cantik bukan? ?? 


movie maker download

8.Setelah gambar ditambahkan sekarang saatnya menambahkan file musik, misalnya seperti MP3. langkah awalnya kita import terlebih dahulu. Klik pada tombol Import audio or music. 7. Pada contoh ini kita import satu file musik  saja 8. Kemudian lanjutkan dengan Add to timeline.

9.Pada timeline akan tampak bahwa file audio berdurasi lebih panjang dari pada durasi kumpulan gambarnya. Jadi untuk mendapatkan hasil yang baik kita panjangkan juga durasi gambar nya agar sama dengan durasi file audio. Caranya drag ke arah kanan setiap gambar agar durasinya bertambah. Untuk men drag, klik tepi gambar bagian kanan, kemudian klik geser dan tarik kearah kanan. Lakukan sedemikian rupa sehingga durasinya sama dengan file audio. 


movie maker tutorial

10. Gambar di atas merupakan contoh hasil pemanjangan durasi yang saya lakukan. setiap gambar saya jadikan durasinya kurang lebih 30 detik.

11.untuk melihat hasilnya silahkan klik pada tombol Play. 12. Setelah di putar dan hasilnya dirasa cukup lumayan, sekarang sobat bisa menambahkan video effect untuk mempercantik video sobat dan sobat juga bisa memiliih effects video yang sobat suka.caranya mudah kok... tinggal klik tulisan view video effects , atau klik kanan pada gambar yang mau dikasih effecs dan dan pilih video effects.

Install movie maker

12.Masih adalagi sob,,,jangan dulu di save,tanggung edit...  jangan setengah setengah…lagian gak enak kan kalo stengah" ?? sekarang sobat bisa menambahkan juga transisi….transisi nya juga keren sob… caranya pilih view video transition lalu akan muncul beberapa transisi, tinggal drag deh ….. 


13.Setelah itu sobat juga bisa menambah credit (takutnya ada yang ngebajak... hehehe)  atau judul video,  kalo saya sih memilih judul " tutorial movie maker" dikeranakan saya lagi bikin post cara menggunakan movie maker dan tutorialnya,,,hehehe cara nya pilih make title or credit , stelah di klik nanti akan tampil seperti gambar dibawah ini...dan sobat bisa mengganti warna background dan warna font dan animasi title,dll..  

 
cara menggunakan movie maker windows 7


Terakhir save video sobat... dengan cara... 
14.Beri nama file nya, kemudian klik next 
15. Pada movie setting untuk mendapatkan hasil yang terbaik pilih best quality. Pada contoh ini saya pilih best fit to file, jika ukuran kurang dari 5 mb, suara audionya akan terdengar kurang baik. Kamu juga bisa memilih pada other setting, pada other setting terdapat banyak pilihan setting penyimpanan video.
Jika sudah dipilih lanjutka klik tombol Next. 
16.Tunggu proses penyimpannannya beberapa saat.
17. Klik finish jika sudah selesai, Jika ingin memainkan videonya secara langsung beri tanda centang pada Optional (play movei when i click finis) 18.Kamu juga bisa membuka file videonya pada folder dimana tadi videonya disimpan (tadi disimpan pada My video, di my document).  Klik kanan pada file videonya kemudian pilih Open With, pilih windows media player terimaksih ya sob... sudah membaca tutorial cara menggunakan movie maker dari awal sampai selesai... pegel juga nih jari,,,, udah aaaah... bye bye....semoga bermanfaat