Pengertian Perangkat Keras Komputer dan Jenisnya

Pengertian Perangkat keras Komputer - Perangkat keras adalah salah satu komponen dari suatu PC yg dapat dilihat dan diraba secara langsung atau yg berbentuk nyata, yg mempunyai fungsi memberi dukungan proses komputerisasi.

Hardware bisa bekerja berdasarkan perintah yg sudah ditentukan, atau yang sering dinamakan dgn dgn istilah instruction set. Dgn adanya perintah yg akan dimengerti oleh hardware tersebut, sehingga hardware tersebut mampu melaksanakan bermacam aktivitas yg sudah ditentukan oleh pemberi perintah.

pengertian perangkat keras komputer

Hardware bisa bekerja berdasarkan perintah yg sudah ditentukan, atau yang sering dinamakan dgn dgn istilah instruction set. Dgn adanya perintah yg akan dimengerti oleh hardware tersebut, sehingga hardware tersebut mampu melaksanakan bermacam aktivitas yg sudah ditentukan oleh pemberi perintah.

Secara fisik, Komputer terdiri dari sekian banyak komponen yang merupakan satu system. System ialah komponen-komponen yg saling bekerja dengan membentuk sebuah kesatuan. Jika salah satu komponen tak berfungsi, dapat mengakibatkan kegagalan dalam proses-proses yg ada pada komputer dgn baik. Komponen komputer ini termasuk juga dalam perangkat keras (hardware).

Perangkat Keras Komputer Berdasarkan Fungsi Terbagi Menjadi 5 Kelompok.

1. Input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit daya simpan)
5. Periferal ( unit penambahan)

Perangkat Input device dan fungsinya terdiri dari keyboard & mouse, Process device yaitu microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers & control section). Output device terdiri dari layar & printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM & ROM.

Sedangkan komponen Periferal Device adalah komponen penambahan atau sbg komponen yg belum ada atau tidak ada pada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : Televisi Tuner Kartu, Modem, Capture Kartu. baca juga cara instal modem di laptop

Satuan ini berfungsi juga sebagai alat untuk memasukkan data dari luar ke dalam sebuah memori & processor utk diolah guna megirimkan informasi yg digunakan.

Input devices atau satuan masukan yg biasanya diperlukan personal komputer (Computer) yaitu keyboard & mouse, keyboard & mouse ialah satuan yg menghubungkan user (pengguna) dgn pc. Selain itu ada juga joystick, yg biasa diperlukan untuk main games atau permainan untuk pc.  Seterusnya scanner, utk membawa gambar yang merupakan gambar digital yg nantinya akan dimanipulasi.  Touch panel, dgn memanfaatkan sentuhan jari user bisa melaksanakan suatu proses akses file. Microphone, utk merekam nada ke dalam pc.

Data yg dimasukkan ke dalam system pc nantinya akan berbentuk signal input & maintenance input. Signal input berbentuk data yg dimasukkan ke dalam sistem komputer, baca juga pengertian sistem komputer,  sedangkan maintenance input berbentuk program yg dimanfaatkan utk mengolah data yg dimasukkan. Simpulnya Input device tidak hanya dimanfaatkan untuk memasukkan data bisa juga difungsikan buat memasukkan program.

Input Device Berdasarkan Sifat Terbagi Menjadi 2 Bagian :
a. Peratalan input langsung, ialah input yg dimasukkan cepat diproses oleh sarana pemroses. Misalnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.

b. Peralatan input tidak langsung, input yg lewat fasilitas tertentu sebelum satu buah input diproses oleh fasilitas pemroses. Misalnya : punched kartu, disket, harddisk.

0 Response to "Pengertian Perangkat Keras Komputer dan Jenisnya"

Poskan Komentar