Pengertian Processor

Pengertian Processor – setelah kita membahas pengertian perangkat keras dan pungsi perangkat keras, sekarang kita akan membahas salah satu otak dari PC, yaitu processor. Processor atau Microprocessor sering juga di sebut CPU (Central Processor Unit) ,  unit proses utama dalam memerintahkan program yang akan dijalankan oleh sebuah PC, processor juga merupakan suatu pusat pengendali dalam sebuah PC dan didukung pula oleh komponen komponen lainnya. Dengan kata lain, tanpa processor sebuah PC tidak akan berjalan dan processor juga lah yang menetukan kecepatan dari sebuah PC .

Pengetian Processor

Tentunya kita sering mendengar kata processor saat belajar T.I.K di sekolah , banyak merk dari processor yang bertebaran di toko komputer seperti Intel, AMD, IBM, Apple, Cyrix dan VIA , namun yang paling popular di Indonesia bahkan di dunia adalah Intel dan AMD. Karena dua processor tersebut mempunyai tingkat kualitas di atas processor lainnya, anda bisa membaca kelebihan dan kekurangan Intel dan AMD

Dalam sebuah processor terdapat 3 bagian.

Aritcmatics Logical Unit (ALU), adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan “kerja” yang nyata 
;
     Control Unit (CU), merupakan suatu alat pengontrolan yang berada dalam komputer yang memberitahukan unit masukan mengenai jenis data, waktu pemasukan, dan tempat penyimpanan didalam primary storage. Control unit juga bertugas memberitahukan kepada arithmatic logic unit mengenai operasi yang harus dilakukan, tempat data diperoleh, dan letak hasil ditempatkan Perangkat-perangkat alat proses bersertaperlengkapan 
.
    Memory Unit (MU), merupakan bagian dari processor yang menyimpan alamat-alamat register data yang diolah oleh ALU dan CU. Register, merupakan memori kecil yang digunakan untuk menyimpan data sementara. CPU Interconnection (BUS), adalah sistem koneksi yang menghubungkan bagian dalam CPU dan juga koneksi CPU kebagian yang lainnya. 

Dalam sebuah processor terdapat sebuah kemampuan yang dapat mengatur segala jenis kegiatan yang dapat dilakuan oleh sebuah komputer, kemampuan tersebut memiliki satuan yaitu MHz dan GHz.
Karena processor merupakan otak dari sebuah komputer maka semakin tinggi frekuensi GHz dan MHz nya maka semakin cepat kinerja sebuah processor. Dengan kata lain processor semakin tinggi berarti semakin pintar dan cepat dalam menjalankan setiap program pada komputer. 

Jumlah bit dalam fungsi processor bervariasi sesuai dengan jenis data, mulai dari 1 dan 4 byte 8-bit. Instruksi dapat dikelompokkan berdasarkan kategori, di antaranya Access Memory, Operasi Aritmatika, Logika Operasi dan Pengendalian.
Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian processor komputer. see you later

0 Response to "Pengertian Processor"

Poskan Komentar