Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Jumat, 27 Februari 2015

5 Tips Memilih Hardisk Eksternal

5 Tips Memilih Hardisk Eksternal - Hard Disk adalah salah satu kepentingan utama bagi pengguna komputer, baik itu untuk sistem operasi windows atau Linux kenapa begitu? Hal ini karena perangkat keras hard disk adalah penyimpanan data dari komputer. Semua dokumen pada komputer, gambar, music video, program komputer, aplikasi favorite semuanya disimpan dalam hard disk komputer.


Baca juga: Macam Macam Media Penyimpanan Data pada Komputer

Apabila hard disk tersebut rusak, maka kita dapat kehilangan seluruh data-data utama pada komputer. Oleh karena itu, ada sebagian orang mempunyai alasan untuk mempunyai alat penyimpanan pencadangan (backup).

Tips Memilih Hardisk Eksternal
Hard Disk Eksternal


Pengguna komputer memilih hard disk lain atau bisa disebut hard disk eksternal dan setelah itu menyalin seluruh file utama ke dalam hard disk eksternal tersebut.

Saat ini keperluan pengguna hard disk eksternal notebook makin hari makin meningkat. Hal ini disebabkan karena terbatasnya kapasitas hard disk internal dalam netbook tersebut. Memilih hard disk memang bukan sesuatu hal mudah, kita harus mengetahui kualitas hard disk dan seberapa besar hard disk kita perlukan.

Nah, pada artikel yang singkat ini, saya akan memberikan tips cara memilih hard disk eksternal. Baca artikel ini sampai selesai.

1. Kapasitas Hard Disk
Buat mengetahui seberapa besar hard disk yang kita perlukan, kita harus mengetahui bahwa semua data dapat disimpan di hard disk diukur dari berdasarkan besar dokumennya.

Setiap dokumen tentunya mempunyai ukuran yang berbeda-beda. contohnya; ukuran data pada dokumen teks lebih kecil, ukuran dokumen gambar lebih besar, demikian juga pada musik bahkan video membutuhkan penyimpanan yang besar.

Hard disk mampu mengetahui perbedaan setiap jenis file berdasarkan ukuran yang dimilikinya. Adapun skala yang digunakan  hard disk untuk mengukur suatu dokumen yaitu skala MB (megabyte), GB (gigabyte) dan TB (terabyte). 1 megabyte setara 1 juta byte, 1 gigabyte setara 1 miliar byte sedangkan 1 terabyte setara 1 triliun byte.

Dengan skala ukuran tersebut, kita bisa simpulkan bila kita membutuhkan banyak lokasi daya simpan maka kita harus memilih hard disk internal dengan skala lebih besar. Sama halnya penggunakan skala di atas untuk memilih hard disk eksternal.

Apabila anda hanya butuh memindahkan beberapa file saja ke hard disk eksternal untuk mencadangkannya maka anda cukup membeli hardisk dengan ukutan kecil (500 MB). Tetapi apabila mau mencadangkan seluruh file pada komputer, maka anda harus memilih hard disk berkapasitas jauh lebih besar seperti skala 1 terabyte bahkan dapat lebih.


Baca juga: Cara Mengamankan Data Dalam Hard Disk
Cara Menghemat Kapasitas Hard Disk

2. Kecepatan Rotasi Hard Disk

Yang perlu kita ketahui juga ketika memilih hard disk adalah kecepatan rotasi dari suatu piringan hard disk. Kecepatan piringan hard disk butuh diperhatikan sebab kecepatan piringan hard disk sangat mempengaruhi kecepatan posting juga membaca data.

Piringan yang ada di dalam hard disk dapat berputar. Makin cepat piringan itu berputar, sehingga makin cepat komputer akan menemukan file yang dicari.

Apabila satu buah hard disk berputar pada kecepatan 7200 rpm, maka hard disk tersebut menyuguhkan performa jauh lebih baik daripada hard disk dengan kecepatan 5400 rpm.

Pada saat ini ada beberapa hard disk yang memiliki kecepatan sampai 10.000 rpm. Adanya hard disk berkecepatan tinggi dapat membuat kecepatan membaca data jauh lebih bagus juga lebih cepat.

3. Konektivitas Hard Disk
Setelah kita memastikan kapasitas juga kecepatan hard disk, sekarang saatnya kita memastikan konektivitas hard disk yang diperlukaan. Sekarang hard disk banyak menggunkan port USB untuk menyambungkan ke komputer, adapun versi USB sering digunakan adalah USB 3.nol dan USB 2.nol perbedaan versi USB dapat tentukan kecepatan yang dihasilkan.

USB 3.nol dapat menghasilkan kecepatan 5 Gbps, mempunyai kecepatan jauh lebih cepat dari pada USB 2.nol se besar 480 Mbps. Lebih spesialnya, USB 3.nol masih dapat digunakan pada komputer yang hanya mempunyai port USB 2.nol.

Tidak hanya itu, banyak juga terdapat hard disk telah menggunakan koneksi melalui port thunderbolt, di mana koneksi port thunderbolt mempunyai kecepatan dua kali lebih cepat dari pada USB 3.nol.

Port thunderbolt sudah tersedia pada semua netbook ataupun komputer teranyar dari Apple, juga beberapa netbook windows sejak adanya port thunderbolt.

Tapi harga hard disk dengan port thunderbolt mempunyai harga mahal jikalau dibanding harga hard disk biasa.

4. Pelindung atau Cover Harddisk
Hal lain yang harus kita perhatikan adalah cover penutup untuk hard disk eksternal. Apabila hard disk hanya digunakan dirumah saja ataupun hanya kita gunakan di sekolah, maka kita hanya cukup membeli hard disk yang mempunyai pelindung biasa dikarenakan harganya jauh lebih murah.

Tetapi kalau pengguna adalah orang aktif, maka anda harus memilih hard disk yang mempunyai pelindung kuat dari bahan karet maupun sejenisnya agar hard disk tersebut tak mudah rusak disaat kena goncangan bahkan terbenturan. meskipun hardisk dengan cover terbuat dari karet memiliki harga yang lebih mahal.

Baca juga: Cara Memperbaiki Hard Disk yang Rusak

5. Fitur Hard Disk
Hal lain yang harus kita ketahui saat hendak membeli hard disk eksternal adalah fitur hard disk tersebut. Beberapa fitur yang harus ada pada suatu hard disk yaitu fitur backup juga kata sandi protection. Juga fitur-fitur lain dapat anda perlukan untuk kepentingan Kamu tentunya.

Sekian tips memilih hard disk eksternal yang bisa saya tulis pada artikel yang singkat ini. Semoga tips ini bisa bermanfaat!
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Tips Memilih Hardisk Eksternal

0 komentar:

Posting Komentar