Fungsi Menu Bar Pada Mozilla Firefox

Fungsi menu bar pada mozilla firefox - saat ini banyak sekali aplikasi browser yang telah diperkenalkan kepada publik, seperti Internet Explorer yang dikeluarkan oleh Microsoft, Mozilla Firefox , Opera, Google Chrome, dan lain-lain, meskipun berbeda nama namun pada prinsipnya mempunyai fungsi yang sama.

fungsi menu bar file pada mozilla firefox

Setiap browser dilengkapi dengan komponen-komponen standar, seperti Title bar, kontrol jendela, Menu bar, Andress bar, Toolbar, Scroll bar,dan Status bar. dalam artikel ini kita akan membahas fungsi komponen dalam mozilla firefox.

fungsi icon toolbar pada mozilla firefox,menu bar pada mozilla dan fungsinya mozilla menu bar get back


1. Title Bar
Title bar atau judul bar terdapat pada bagian paling atas jendela browser. Fungsi title bar pada mozilla firefox adlah untuk menampikan judul halaman situs yang sedang ditampilkan, sedangkan pada bagian sebelah kanan terdapat kontrol jendela, diantaranya tombol Minimaze, Maximize, dan Close. perhatikan gambar dibawah ini:

title bar,return menu bar mozilla firefox ,remove menu bar mozilla

2. Menu Bar
Menu Bar adalah tempat menu-menu yang terdapat pada browser, Setiap menu memuat perintah-perintah tertentu yang dikelompokan berdasarkan fungsinya. menu yang terdapat dijendela browser antara lain File, Edit, View, History, Boormark, Tools, dan Help. anda bisa melihat kembali pada gambar point 1.

3. Toolbar
Toolbar adalah tempat untuk tombol-tombol perintah yang dimiliki browser. Beberapa tombol penting yang ditempatkan pada toolbar diantaranya Back, Forward, Refresh, Stop, dan Home.Lihat gambar dibawah ini.

tool bar,hide menu bar mozill, memunculkan menu bar mozilla

a. Back digunakan untuk kembali kehalaman web yang dibuka sebelumnya.
b. Forward digunanakan untuk kembali kehalaman web berikutnya yang pernah dibuka.
c. Refresh digunakan mengulangi proses loading sebuah halaman web
d. Stop digunakan untuk menghentikan proses loading sebuah halaman web.
e. Home digunakan untuk kembali kehalaman web yang menjadi halaman defaul dari browser.

4. Andress Bar
Andress bar adalah kotak teks yang digunakan dan berfungsi untuk mengetikan alamat Url dari sebuah halaman web yang ingin ditampilkan / dikunjungi. Andress bar dilengkapi sebuah tombol pada bagian ujung kanannya, jika tombol itu diklik maka akan menampilkan halaman web yang pernah dikunjungi sebelumnya. jadi jika anda ingin men download video youtube anda tidak perlu mengetikan kembali kata "youtube.com" tapi anda tinggal menekan tombol back saja.

fungsi menu bar mozilla fungsi menu bar di mozilla fungsi menu bar dalam mozilla firefox fungsi toolbar mozilla firefox fungsi toolbar mozilla fungsi menu bar pada mozilla fungsi menu bar di mozilla firefox artikel fungsi menu bar pada mozilla

5. Status Bar
Fungsi andress bar menampilkan kemajuan proses halaman yang sedang didownload/dibuka.Status bar ini terdapat pada Internet Explorer.

Status bar, download menu bar mozilla firefox menampilkan menu bar mozilla

Sekian penjelasan singkat mengenai fungsi menu bar pada mozilla firefox, semoga bermanfaat.