Pengertian Jenis Dan Fungsi Perangkat Lunak

Pengertian Fungsi dan Jenis Perangkat Lunak - Software merupakan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. Secara luas perangkat lunak dapat diartikan sebagai suaru produser pengoprasian, dan dapat pula diartikan sebagai segala macam jenis program yang digunakan untuk mengoprasikan komputer dan peralatannya.
Perangkat lunak adalah program, sebagai mana kita ketahui program adalah deretan intruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga untuk mengendalikan komputer dapat melakukan tindakan yaag dikehendaki oleh pembuatnya.

Fungsi-fungsi software

1. Mengindentifikasi program
2. Menyiapkan aplikasi program agar tata kerja seluruh peralatan komputer dapat terkontrol.
3. Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.

Jenis-jenis perangkat lunak

Berdasarkan fungsinya perangkat lunak dapat dikelompokan dalam beberapa kelompok yaitu perangkat lunak sistem operasi , perangkat lunak sistem operasi, perangkat lunak alat bantu (utility), dan perangkat lunak bahasa pemrograman.
Perangkat lunak sistem operasi komputer  adalah perangkat lunak yang mengatur dan mengendalikan perangkat keras komputer agar dapa dijalankan oleh pengguna.
sistem operasi mempunyai fungsi dan tugas sebgai berikut:
a. Mengelola proses jalannya suat program dalam komputer.
b. Megelola pemakaian sumber daya komponen perangkat keras komputer seperti CPU, memori dan lain-lain, pada saa komputer sedang dijalankan.
c. Mengelola akses data dalam piranti menimpan sekunder maupun dalam memory utama.

Jenis-jenis Perankat Lunak Sistem Operasi

Macam-macam perangkat lunak sistem operasi yang digunakan saat ini terbagi menjadi tiga kelompok besar.
Keluarga Microsoft Windows, antara lain terdiri atas Windows Dekstop Environment. Windows 9x ( windows 95, 98, Windows ME), dan Windows NT ( Windows NT3 3.x) Wndows NT 4.0 Windows 2000, Windows Xp, Windows server 2003, Windows Vista, Windows 7 Windows 8 dan Windows 10.
Keluarga Unix - Unix menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, Seperti SCO UNIX.
Keluarga BSD GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama darwin) dan GNU/Hurd.
Mac OS adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintos, Sistem operasi terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 Tiger.