Pengertian dan Jenis-jenis Firewall

Pengertian dan jenis firewall - Tembok api atau firewall merupakan sebuah sistem perangkat lunak  ( pengertian perangkat lunak ) yg memungkinkan lalu lintas jaringan yg dianggap aman utk bida melaluinya & mencegah lalu lintas jaringan yg dianggap tak aman. Biasanya, suatu firewall diterapkan dalam suatu mesin terdedikasi, yg terjadi terhadap pintu gerbang (gateway) antara jaringan lokal bersama jaringan Internet.

Berikut adalah pengertian lengkap dan cara kerja firewall beserta jenis jenis firewall

Firewall terbagi jadi dua kategori.

1. Personal Firewall
Personal Firewall dirancang utk melindungi suatu computer yg mengakses ke jaringan dari akses yg tak dikehendaki. Firewall tipe ini akhir-akhir ini berevolusi jadi suatu kumpulan program yg bertujuan buat mengamankan computer dengan cara keseluruhan, dgn ditambahkannya sekian banyak feature pengaman penambahan semacam piranti proteksi terhadap virus, anti-spyware, anti-spam, email spam, dll.

Bahkan product firewall yang lain di lengkapi dgn fungsi pendeteksian masalah keamanan jaringan (Intrusion Detection System). Contoh dari firewall kategori ini ialah :

a. Microsoft Windows Firewall yang bisa dipasang dalam system operasi Windows XP Service Pack 2, Windows Vista & Windows Server 2003 Service Pack 1,
b. Symantec Norton Personal Firewall, Kerio Personal Firewall, dll.

Personal Firewall secara umum mempunyai dua fitur penting, yaitu Packet Filter Firewall & Stateful Firewall.

2. Network Firewall
Network Firewall dirancang utk melindungi jaringan dengan total dari bermacam macam serangan. Kebanyakan dijumpai dalam dua bentuk, yaitu suatu perangkat terdedikasi atau yang merupakan suatu perangkat lunak yg diinstalasikan dalam sebuah server.

Contoh dari firewall ini ialah Microsoft Internet Security and Acceleration Server (ISA Server), Cisco PIX, Cisco ASA, IPTables dalam system operasi GNU/Linux, pf dalam keluarga system operasi Unix BSD, jula SunScreen dari Sun Microsystems, Inc. yg dibundel dalam system operasi Solaris.

Network Firewall secara umum mempunyai sekian banyak fitur penting, adalah apa yg dipunyai oleh personal firewall (packet filter firewall & stateful firewall), Circuit Level Gateway, Application Level Gateway, & serta NAT Firewall. Network Firewall kebanyakan bersifat transparan (tak kelihatan) dari pembeli & memanfaatkan tehnologi routing utk memastikan paket mana yg diizinkan, & mana paket yg bakal di tolak.

Fungsi Firewall

Secara mendasar, firewall dapat berfungsi untuk:

    Mengatur dan mengontrol lalu lintas jaringan komputer
    Melakukan autentikasi terhadap akses
    Melindungi sumber daya dalam jaringan privat
    Mencatat semua kejadian, dan melaporkan kepada administrator

Firewall berada di antara ke-2 jaringan seperti internet dan komputer. Maka firewall berfungsi juga sebagai pelindung. Tujuan utama adanya firewall adalah untuk anda yang tidak mengingnkan lalu lintas jaringan yg berupaya masuk ke komputer.

Tidak hanya itu, Firewall juga mampu menganalisis jaringan yg mencoba masuk ke komputer & bisa melakukan apa yg mesti dilakukan saat jaringan tersebut masuk. Misalnya saja, firewall bisa diatur untuk memblokir sekian banyak jenis-jenis jaringan komputer yg mencoba ke luar atau mencatat log lalu lintas jaringan yg mencurigakan.

Firewall mempunyai beragam setting yg bisa kamu tambahkan atau hapus utk menolak jaringan tertentu. Misalnya saja, hanya membuka alamat IP tertentu atau menyatukan seluruh akses dari ruangan lain utk ke satu area yg ama.

Packet-Filter Firewall

Sample pengaturan akses (access control) yg diterapkan dalam firewall

Pada bentuk yg paling sederhana, suatu firewall ialah suatu router atau komputer yg di lengkapi dgn dua buah NIC (Network Interface Card) yg bisa melaksanakan penyaringan pada paket-paket yg masuk. PErangkat  ini sering disebut packet-filtering router.

Firewall type ini bekerja dengan cara membandingkan alamat sumber dari paket-paket tersebut dengan kebijakan pengontrolan akses yg tercatat dalam Access Control List firewall, router tersebut akan memutuskan apakah menambahkan paket yg masuk tersebut ke tujuannya atau menghentikannya.

0 Response to "Pengertian dan Jenis-jenis Firewall"

Poskan Komentar