Pengertian dan Jenis-Jenis Lan Card

Pengertian dan Jenis Lan Card - Lan Card (local area network) atau kartu jaringan merupakan pintu ke jaringan di komputer, setiap jenis dari aktivitas jaringan memerlukan land card internet. Dengan kata lain Land card ini bisa disebut jembatan penghubung dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Lan card hanya bersifat terbatas karena dapat digunakan di area yang terbatas. Seperti rumah, gedung, perkantoran, restoran dll.
Berbeda dengan jaringan WAN (wide area network) yang mencakup area luas setiap jaringan telekomunikasi yang menghubungkan melintasi batas-batas metropolitan, regional, nasional maupun internasional. Perbedaan lain adalah bahwa teknologi LAN card umum yang beroperasi pada Layer 1/2 (seperti bentuk Ethernet atau Wifi) sering diarahkan jaringan fisik lokal. Dengan demikian, tidak dapat mengirimkan data melalui puluhan, ratusan atau bahkan ribuan mil atau kilometer. Baca juga : Pengertian LAN MAN dan WAN

Pengertian dan Jenis-Jenis Lan Card
Kartu jaringan

Jenis - Jenis Lan Card

1. Lan ISA
Lan ISA merupakan generasi pertama yang diproduksi oleh perusahaan kartu jaringan dengan slot berwarna hitam pekat yang berjumlah satu sampai tiga slot.

2. Lan PCI
Jenis Lan card ini merupakan pengganti dari Lan card sebelumnya yaitu Lan ISA, LAN ISA diproduksi sekitar tahun 1992 dan digunakan pada motherboard mulai pentium satu hingga saat ini. Namun perbedaan yang sangat signifikan dari motherboard lama  dan terbaru dapat di tentukan dengan jumlah slot PCI, motherboard lama mempunyai slot PCI lebih dari tiga, namun untuk yang terbaru hanya terdapat satu slot PCI.  Baca juga : Pengertian Motherboard dan Fungsinya

3. LAN Card USB
Lan Card merupakan solusi terbaik jika pengguna kehabisan slot PCI. Lan Card jenis ini lebih simple karena dapat ke port USB, jika anda ingin membeli jenis lan ini saya sarankan membeli dengan merk Logitech, Fujitsu, D-Link.

4. PCI Wirelless LAN Card

Jenis yang satu ini  sekarang  lagi  populer ,jaringan tersebut dibanguntanpa menggunakan media kabel melainkan  menggunakan media wirelless, jadi selain dengan USB Wirelles ini bisa menjadi alternatif. Dengan jenis ini pemasangan nya pada slot PCI tetapi output nya antena wirelless.

Sekian artikel singkat mengenai Pengertian dan Jenis jenis Lan Card, terimakasih.

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf

Bagikan melalui Facebook / Twitter / Google Plus untuk melihat Link Download


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Pintar Komputer
Pintar Komputer Updated at: 10.15

Related : Pengertian dan Jenis-Jenis Lan Card

0 komentar:

Poskan Komentar