Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sunday, February 8, 2015

LAN Card : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Kerja

Teknologi informasi saat ini sudah sangat berkembang, kemajuan ini bisa anda lihat dengan banyak nya perangkat seperti komputer PC, laptop dan juga smartphone.

Berbagi jenis komputer dalam bentuk chip yang tertanam di mesin, untuk membantu kinerja mesin menjadi lebih baik. Dengan berjalannya sistem komputer, komputer memiliki banyak bagian yang harus diperiksa dalam perakitan, karena jika ada kesalahan, maka komputer tidak akan berjalan lagi.

Salahsatu bagian yang memiliki peran yang sangat penting adalah LAN card.

Daftar isi:
Pengertian lan card
Fungsi lan card
Jenis lan card dan kecepatannya
Cara kerja lan card
Harga lan card
Gambar lan card
Merk lan card terbaik

Pengertian LAN Card

Pengertian LAN Card atau kartu jaringan atau NIC adalah salahsatu perangkat keras komputer yang di jaringan komputer. Berarti, jika komputer anda tidak dilengkapi dengan LAN Card maka komputer anda tidak akan bisa terhubung dengan jaringan komputer manapun.

Atau, pengertian LAN Card adalah kartu atau papan elektronik yang ditanam pada setiap PC yang terhubung ke jaringan.

Maksudnya kartu jaringan merupakan pintu ke jaringan di komputer, setiap jenis dari aktivitas jaringan memerlukan LAN Card. Dengan kata lain, LAN Card bisa disebut jembatan penghubung dari komputer ke sebuah jaringan komputer.

Beberapa komputer yang dijual di pasaran sudah dilengkapi dengan LAN Card. Jika anda ingin membeli komputer, Anda bisa menanyakan langsung kepada penjualnya apakah pada PC tersebut sudah dipasangkan NIC. Jika belum Anda bisa meminta penjualnya untuk memasangkannya, atau jika anda mau, anda bisa memasangnya sendiri.

Kartu LAN itu sendiri memiliki bentuk seperti soket untuk jaringan telepon kabel, tetapi memiliki sejumlah pin, dengan bentuk pipih.

Berikut adalah gambar LAN Card atau NIC.
Pengertian LAN Card dan Jenisnya
Lan Card ; Gambar oleh Google.co.id


Fungsi LAN Card

LAN Card pada komputer itu sendiri memiliki banyak fungsi. Fungsi utama dari kartu LAN adalah untuk mendukung koneksi jaringan antara komputer atau PC di dalam ruangan, seperti ruang kelas, kantor, sekolah, dan rumah. Dengan koneksi antara PC dan server di dalam ruangan dengan menggunakan kartu LAN, komunikasi akan lebih mudah

Jenis jenis LAN Card


Ada banyak jenis LAN Card yang bisa anda pilih. Namun anda perlu memperhatikan tiga hal sebelum anda memutuskan untuk membelinya.


  • Jenis kartu;
  • Jenis protokol;
  • Jenis kabel yang didukung.


Ada beberapa macam jenis LAN Card, yaitu Card PCI (Peripheral Component Interconnect) dan Card ISA (Industry Standard Architecture), Card USB dan PCI Wireless LAN Card. 

Sebagai penjelasan, pada komputer ada beberapa slot (tempat menancapnya kartu) yang disebut expansion slot.

Slot-slot tersebut sengaja dibiarkan kosong oleh pembuat komputer agar Anda bisa meningkatkan kemampuan komputer dengan menambahkan beberapa kartu, misalnya;


  • Kartu suara agar komputer “bersuara bagus”,
  • Kartu video agar tampilan layar komputer lebih bagus dan jelas
  • Kartu SCSI (Small Computer System Interface) agar komputer bisa berkomunikasi dengan perangkat berbasis SCSI, atau
  • Network interface card agar komputer bisa berkomunikasi dengan komputer lain dalam jaringan.

Pengertian dan Jenis-Jenis Lan Card
ISA

Pengertian dan Jenis-Jenis Lan Card
PCI

Jenis Slot

Ada dua jenis slot yang banyak dijumpai pada komputer-komputer yang beredar di pasaran, yaitu slot PCI dan slot ISA. Jika Anda membuka casing komputer, anda akan melihat di bagian belakang dua deret slot.

Slot PCI umumnya berwarna putih, dan slot ini lebih pendek dibandingkan slot ISA yang berwarna hitam. Slot PCI mendukung kecepatan input dan output yang lebih tinggi. Di pasaran, umumnya harga kartu PCI lebih mahal.

Dari sisi protokol, jenis protokol umumnya digunakan saat ini adalah Ethernet dan Fast Ethernet. Namun selain dua protocol di atas, ternyata ada beberapa protokol lain yang kurang populer, yaitu Token Ring, FDDI, dan ATM.

Dua protokol terakhir cenderung digunakan pada jaringan besar sebagai backbone (jaringan tulang punggung yang menghubungkan banyak segmen jaringan yang lebih kecil).

Protokol Ethernet mendukung kecepatan transfer data sampai 10 Mbps, sedangkan Fast Ethernet mendukung kecepatan transfer data sampai 100Mbps. Jika anda ingin menggunakan protokol Ethernet, Anda harus membeli kartu Ethernet begitu juga jika anda memilih Fast Ethernet.

Namun  ada juga kartu combo yang mendukung protocol Ethernet maupun Fast Ethernet. Kartu combo mampu mendeteksi sendiri berapa kecepatan yang sedang digunakan pada jaringan.

A. Ethernet Card / Kartu Jaringan Ethernet

Ethernet Card umumnya terpisah dengan komputer, kecuali komputer jenis Macintosh yang sudah mengikutsertakan Ethernet Card didalamnya.

Ethernet Card biasanya telah menyediakan port koneksi untuk kabel Koaksial ataupun kabel twisted pair, jika di desain untuk kabel koaksial konenektorya adalah BNC namun apabila didesain untuk kabel twisted pair maka menggunakan konektor RJ-45.

Beberapa Ethernet Card kadang juga punya konektor AUI (Attachment Unit Interface). Semua itu di koneksikan dengan koaksial, twisted pair, ataupun kabel fiber optic.
Jenis Jenis LAN Card dan Gambarnya
Ethernet


B. LocalTalk Connectors/Konektor
LocalTalk adalah kartu jaringan yang digunakan komputer macintosh, ini menggunakan sebuah kotak adapter khusus dan kabel yang terpasang ke Port untuk printer.

Jika di bandingkan dengan Ethernet, LocalTalk memang kalah. Karena kecepatan nya hanya 230 Kbps atau setara dengan 0.23Mps. SedangkanEthernet dapatmencapai 10 Mbps.

Jenis Jenis LAN CARD dan Gambarnya
LocalTalk

C. Token Ring Cards
Kartu jaringan Token Ring adalah perangkat keras komputer yang hampir sama dengan Ethernet Card. Namun perbedaannya adalah tipe konektor di belakang kartu jaringannya, token ring biasanya mempunyai jenis konektor 9 Pin DIN (Deutsche Industrinorm, organisasi standar setting Jerman) yang menyambung kartu jaringan ke kabel Network.

Jenis jenis LAN Card dan gambarnya (Token Ring)
Token Ring

Dalam memilih LAN Card, Anda harus menyesuaikan dengan jenis kabel yang telah Anda pasang. Port untuk kabel UTP bentuknya mirip dengan kabel telepon tetapi sedikit lebih besar, port kabel UTP dikenal sebagai RJ-45. Ada beberapa kartu yang mendukung dua atau lebih jenis kabel.

Namun jika Anda hanya akan menggunakan satu jenis kabel, pilihlah kartu yang mendukung satu jenis kabel saja karena harganya lebih murah.

Satu hal lagi, jika Anda menggunakan komputer portabel (notebook), untuk berkoneksi ke jaringan, dibutuhkan kartu PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association). Bentuk kartu ini sama seperti kartu kredit, namun agak tebal.

D. LAN Card USB
Lan Card merupakan solusi terbaik jika pengguna kehabisan slot PCI. Lan Card jenis ini lebih simple karena dapat ke port USB, jika anda ingin membeli jenis LAN Card ini saya sarankan membeli dengan merk Logitech, Fujitsu, D-Link. merk merk tersebut adalah merk LAN Card terbaik.

E. PCI Wirelless LAN Card

Jenis yang satu ini sekarang lagi populer, jaringan tersebut dibangun tanpa menggunakan media kabel melainkan menggunakan media wireless, jadi selain dengan USB Wireless ini bisa menjadi alternatif. Dengan jenis ini pemasangan nya pada slot PCI tetapi output nya antena wirelless.

Pengertian dan Jenis-Jenis Lan Card
PCI Wireless

Cara Kerja LAN Card

Dua atau lebih komputer tidak akan dapat terhubung ke perangkat jaringan, seperti Kartu LAN. Perangkat keras ini menghubungkan komputer ke jaringan menggunakan alamat MAC. Kinerja LAN Card tidak melepaskan pengaruhnya dari OSI (Open System Interconnectioons). OSI adalah model teoritis pada jaringan komputer, dan terdiri dari 7 lapisan.

Dua lapisan pertama OSI adalah lapisan fisik dan juga lapisan data link. Masing-masing lapisan OSI memungkinkan yang lain untuk tetap independen. Upaya untuk meningkatkan atau mengganti lapisan tidak akan mengarah pada independensi lapisan lainnya. Ini berarti bahwa kartu LAN, elemen komputer lain, seperti protokol, tidak akan berubah

Fungsi data link dari LAN Card menyediakan fasilitas data biner dari jaringan di tingkat perangkat keras. LAN Card dapat disebut aliran dan bahkan mampu mengakses kesalahan yang ada. Sebagai pengguna komputer terhubung ke jaringan komputernya, ia akan melihat 2 (dua) lampu: Satu hijau, dan lagi warna orange. 

Lampu orange akan terus menyala dengan menghubungkan lapisan data. Ini termasuk dalam kabel, ada jaringan dan berisi aliran data. Selain itu, lampu hijau akan muncul segera setelah lapisan berikutnya diaktifkan
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : LAN Card : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Kerja

0 komentar:

Post a Comment