Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Jumat, 20 Februari 2015

Pengertian Komunikasi Data dan Contohnya

Pengertian Komunikasi Data - Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data dari dua komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan, baik jaringan lokal (LAN) maupun jaringan lebih luas, seperti jaringan MAN dan jaringan WAN.

Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang sangat besar, ketika terjadi pengiriman data antara dua komputer melalui jaringan internet, data yang dikirim tidak langsung sampai pada komputer tujuan, melainkan harus melalui satu komputer ke komputer yang lain, dari satu jaringan ke jaringan yang lain, sampai akhirnya sampai kepada komputer yang dituju.

Pengertian Komunikasi Data dan Contohnya
Pengertian Komunikasi Data dan Contohnya
Sebagai contoh, jika kita sudah membuat email yahoo lalu memasukan User ID dan password dari akun email di YahooMail. Data user ID akan dikirim tidak langsung sampai diserver Yahoo, melainkan harus melalui jaringan komputer dimana komputer yang digunakan berada.

Kemudian dikirim ke komputer ISP (internet service provider), kemudian melalui jaringan komputer yang lain yang ada diinternet sampai akhirnya tiba diserver Yahoo.


Perangkat yang mentransmisikan data dikenal sebagai sumber dan perangkat yang menerima data yang ditransmisikan dikenal sebagai penerima. Komunikasi data bertujuan untuk transfer data dan pemeliharaan data selama proses namun bukan generasi sebenarnya dari informasi pada sumber dan penerima.

Baca juga Fungsi ISP dan Contohnya

Manfaat Komunikasi Data
Jika kita ibaratkan, komunikasi data antara dua komputer sama seperti mengirim surat atau paket ke tempat yang jauh. Ketika kita mengirim surat atau paket tentunya kita harus menuliskan nama dan alamat yang dituju dengan jelas, jangan sampai salah menulis alamat, karena barang yang kita kirim tidak akan sampai.

Ketika kita menuliskan nama yang dituju tentunya ini akan mencegah surat kita dibaca oleh orang lain. yang kebetulan alamatnya sama. sedangkan alamat ditulis untuk mencegah surat nyasar ke rumah yang salah.

Begitu juga komunikasi data...ketika sebuah komputer mengirimkan data. Sama halnya ketika kita mengirimkan surat kita tidak ingin agar data dikirim ke aplikasi dan komputer yang salah.

Jika kita analogikan dengan mengirim surat atau paket aplikasi dianalogikan dengan orang dan komputer dengan alamat. Sama ketika sebuah rumah yang berpenghuni beberapa orang, demikian dalam sebuah komputer terdapat beberapa aplikasi.

Contoh Komunikasi Data
Selain masalah alamat dan orang yang dituju, ketika mengirimkan surat atau paket kita tentu tidak mau paket kita rusak ditengah jalan, umpamanya kita mengirimkan boneka kepada adik tercinta kita untuk hadiah ulang tahunnya, dan boneka tersebut rusak.

Naaah untuk mencegah hal tersebut, kita harus membungkusnya terlebih dahulu sebelum kita mengirimnya, agar selamat dan tidak rusak diperjalanan.

Komunikasi data antara dua komputer dengan menggunakan protokol-protokol jaringan komputer. Protokol adalah aturan atiran yang membuat dua buah komputer saling mengerti satu sama lain. Prokol juga bisa disebut bahasa komunikasi komputer.

Baca juga: Protokol Jaringan Komputer

Sama halnya dengan dua orang yang bisa berkomunikasi satu sama lain dengan bahasa yang sama. Protokol tersebut dapat bekerja bersamasama untuk menangani proses pengiriman data.


Sistem komunikasi memiliki komponen sebagai berikut:

1. Pesan : Merupakan informasi atau data untuk dikomunikasikan. Ini bisa terdiri dari teks, angka, gambar, suara atau video atau kombinasi dari keduanya.

2. Pengirim : Ini adalah perangkat / komputer yang menghasilkan dan mengirim pesan itu.

3. Receiver : Ini adalah perangkat atau komputer yang menerima pesan. Lokasi komputer receiver umumnya berbeda dengan komputer pengirim. Jarak antara pengirim dan penerima tergantung pada jenis jaringan yang digunakan di antaranya.

4. Medium : Ini adalah saluran atau jalur fisik yang melaluinya pesan dibawa dari pengirim ke penerima. Media dapat dihubungkan dengan kabel twisted pair, kabel coaxial, kabel fiber optic atau nirkabel seperti laser, gelombang radio, dan gelombang mikro.

5. Protokol : Ini adalah seperangkat aturan yang mengatur komunikasi antar perangkat. Baik pengirim maupun penerima mengikuti protokol yang sama untuk berkomunikasi satu sama lain

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf

Pengertian Komunikasi Data
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Komunikasi Data dan Contohnya

0 komentar:

Posting Komentar