Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Jumat, 06 Februari 2015

Pengertian SSH Server dan Fungsinya

Pengertian SSH dan Fungsinya - Secure Shell (SSH) adalah sebuah protokol jaringan kriptografi yang berfungsi untuk komunikasi data agar aman, login antarmuka baris perintah, eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer.

SSH dapat terkoneksi melalui saluran aman ataupun melalui jaringan tidak aman, server dan klien menjalankan server SSH dan SSH program klien secara masing-masing . Protokol yang membedakan antara dua versi utama yang disebut sebagai SSH-1 dan SSH-2.
 
Pengertian SSH Server dan Fungsinya
SSH Server


Aplikasi yang paling terkenal dari protokol SSH adalah untuk akses ke akun shell pada sistem operasi mirip Unix, tetapi juga dapat digunakan dengan cara yang sama untuk akun pada sistem operasi Windows.

SSH diciptakan untuk menggantikan Telnet dan protokol remote shell lainnya yang tidak aman seperti rsh Berkeley dan protokol rexec, yang mengirim informasi seperti terutama kata sandi, dalam bentuk teks, sehingga membuat rentan terhadap intersepsi dan penyingkapan menggunakan penganalisa paket.

Ada beberapa cara untuk menggunakan SSH; salah satunya adalah dengan cara menggunakan nya secara otomatis public-privat key pasangan untuk dengan sederhana mengenkripsi koneksi jaringan, dan kemudian menggunakan otentikasi kata sandi untuk login.

Penggunaan SSH yang lain dengan secara manual pasangan public-privat key untuk melakukan otentikasi, yang memungkinkan Anda atau program untuk login tanpa harus menentukan kata sandi.

Dalam semua versi, SSH adalah sesuatu yang penting untuk memverifikasi kunci publik yang tidak diketahui, yaitu mengaitkan kunci publik dengan identitas, sebelum menerimanya dengan valid.

SSH adalah sebuah protokol yang dapat digunakan untuk semua aplikasi. Beberapa softwrae bisa saja membutuhkan fitur-fitur yang hanya tersedia / kompatibel dengan SSH klien atau SSH server yang spesifik.

Fungsi SSH
a. Dalam kombinasi dengan SFTP, SSH dapat berfungsi sebagai alternatif yang aman untuk FTP transfer file.
 
Baca juga: Pengertian FTP dan Fungsinya

b. Dalam kombinasi dengan rsync SSH dapat berfungsi untuk mem-backup, menyalin dan me-mirror file secara efisien dan aman.

c. SSH berfungsi untuk port forwarding atau tunneling port

d. SSH bisa juga digunakan sebagai VPN yang terenkripsi penuh.
 
Baca juga: 

e. SSH bisa anda gunakan untuk meneruskan X11 melalui beberapa host

f. SSH juga bisa anda gunakan untuk browsing web melalui koneksi proxy yang dienkripsi dengan klien SSH yang mendukung protokol SOCKS.
 
Baca juga: Pengertian Proxy Server

g. SSH juga dapat di guanakn untuk mengamankan mounting direktori di server remote sebagai sebuah sistem file di komputer lokal dengan memanfaatkan SSHFS.

h. SSH berfungsi untuk mengotomasi remote monitoring dan pengelolaan server melalui satu atau lebih dari mekanisme.

i. Fungsi terakhir SSH adalah untuk internet unlimited gratis tanpa kuota yang telah di tetapkan oleh operator
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian SSH Server dan Fungsinya

0 komentar:

Posting Komentar