Belajar Microsoft Excel - Lembar Kerja

Belajar Microsoft Excel - Jendela excel terdiri dari bagian-bagian yang mempunyai fungsi tertentu.Letak dari masing-masing bagian dalam jendela excel. Untuk lebih jelasnya kita dapat melihat gambar dibawah ini.
belajar microsoft excel 2007 belajar microsoft excel 2010, 2010 pdf, 2007 pdf, 2007 lengkap, excel 2013, excel pdf belajar microsoft excel dasar, excel 2013 pdf, excel 2007 tingkat mahir, excel 2007 cepat dan mudah
  • Bar Judul Ms.Excel
Seperti yang ditampilkan pada gambar diatas bar jsul terletak di bagian kiri atas jendela Excel. Bar judul berfungsi untuk menampilkan nama file buku kerja yang sedang dibuka.Apabila buku kerja sedang dibuka dan belum pernah kita simpan sebelumnya maka secara default buku kerja tersebut diberi nama book1,book2,book3 dan seterusnya.
  • Kontrol Jendel Excel
Kontrol jendela terletak pada bagian kanan atas jendela excel sejajar dengan ber judul.kontrol jendela berfungsi untuk mengatur tampilan pada excel. Tombol yang pertama berfungsi untuk memperkecil jendela excel. Tombol kedua berfungsi untuk memperkecil atau memperbesar tampilan jendela.sedangkan tombol yang terakhir berfungsi untuk menutup jendela excel.
  • Bar Menu Excel
Bar Menu memuat menu-menu yang terdapat pada excel,masing masing menu tersebut mempunyai perintah yang dikelompokan sesuai dengan fungsi dengan fungsi perintah perintah yang berhubungan,perintah perintah yang terdapat pada sebuah menu akan ditampilkan jika menu tersebut diklik.

Menu-Menu pada Excel 

Excel mempunyai 9 buah menu,masing masing menu serta beberapa perintah yang sering digunakan dimenu tersebut. berikut adalah nama menu excel dan fungsinya.

Menu File
Menu File memuat perintah perntah yang berhubungan dengan pengaturan file file buku kerja.perintah yang terdapat pada menu file antara lain:
Open = Membuka file buku kerja
New = Membuat buku kerja baru
Close = Mengeluarkan buku kerja
Print = Mencetak buku kerja
Page setup = Mengatur kertas
Exit = Mengatur Program
Menu Edit Excel
Kegunaan menu edit pada excel adalah memuat perintah perintah untuk pengeditan buku kerja.perintah perintah yang terdpat dalam menu edit antara lain: Undo, Copy, Paste, Delete, Find, Replace, dan lain-lain.
Menu View
Fungsi menu view memuat perntah perintah untuk mengatur apa saja yang ditampilkan dijendela excel dan juga mengatur bagaimana tampilan sebuah buku kerja.
Menu Insert
Menu Insert memuat perintah perintah untuk menambahkan sesuatu kedalam sebuah buku kerja. Beberapa hal yang dapat kita tambahkan kebuku kerja antara lain:sel (Cells), baris(Rows), Kolom(Columns), Lembaran kerja (Worksheet), Grafik(Chat), Fungsi(Function), gambar(Picture) dan lain sebagainya.
Menu Format
Menu format memuat perintah perintah untuk mengatur format sebuah buku kerja.Peeintah untuk memformat buku kerja yang terdapat di menu format, antara lain: format (Cells), Format baris (Row), format kolom ( Column), format lembaran kerja (Shell), dan sebagainya.

Menu Tools
Menu Tool berfungsi sebagai memuat perintah-perintah tools yang dimilki oleh excel,perintah perintah menu tools diantaranya ; mengecek spelling , pengecekan kesalahan, pembuatan macro dan sebagainya.

Menu Data
Menu Data adalah memuat perintah perintah yang digunakan pada saat kita bekerja dengan data data .perintah perintah yang berhubungan dengan pengolahan dat yng terdapat pada menu data diantaranya : Sort berguna untuk pengurutan, Filter berguna untuk menyaring, Validation berguna untuk validasi data dan lain-lain.

Menu Windows
Menu Windows memuat perintah perintah untuk mengatur tampilan jendela excel, seprti New Windows, Arrange All, dan Split, Menu windows juga memuat daftar file apa saja yang sedag dibuka di Excel.

Menu Help
terkahir adalah menu help, Memua perintah perintah untuk bantuan.


  • Toolbar
Toolbar berfungsi untuk memuat perintah perintah yang terdapat pada lingkungan kerja excel. Tombol tombol tersebut mewakili perintah perintah yang terdapat di meu menu.Tombol perintah dikelompokan berdasarkan fungsi yang berkaitan. Secara default, toolbar yang ditampilkan di excel hanyalah toolbar Standar dan Formatting. Untuk toolbar yang lain, kita harus menampilkannya sendiri, dan cara menmpilkan toolbar dijendela escel akan kita bahas di sub yang lain.
  • Lembar Kerja
Lembaran Kerja Excel berbentuk tabel yag terdiri dari kolom-kolom dan berbars baris. Setiap kolom mempunyai kepala kolom yang dimulai dari A, B, C, D ...Z, AA, AB, AC, dan seterusnya. Sebaliknya, BAris mempunyai kepala baris yang di mulai dari 1, 2,3 dan seterusnya.
Setiap kotak yang terdapat dilembaran kerja disebut dengan sel, setiap sel mempunyai alamat yang merupakan kombinasi dari kolom dan baris dimana sel tsb berada. Misalnya, sel yang terdapat dikolom D baris 12 maka sel tsb disebut dengan sel D13. Alamat sel tsb akan digunakan sebagai acuan dalam perhitungan, baik menggunakan rumus maupun fungsi-fungsi yang terdapat di Excel.
  • Bar Nama / Andress Bar
Bar Nama terlerak dibawah toolbar dan diatas lembaran kerja. Bar nama digunakan untuk menampilkan nama sel yang sedang aktif.
  • Bar Rumus
Bar rumus terletak sejajar dengan Bar nama, kegunaan bar rumus adalah untuk mengedit dan memasukan data atau rumus rumus yang  tedapat di sel sel atau grafik grafik.Bar rumus menampilkan nilai data atau rumus yang terdapat dalam sebuah sel aktif . bila sel yang aktif merupakan sel yang masih kosong.bar rumus juga akan tampak kosong.
  • Tab Lembaran Kerja
Tab lembaran kerja terdapat pada bawah lembaran kerja excel sejajar dengan scroll bar horizontal , tab lembaran kerja berfungsi untuk mengkatifkan sebuah lembaran kerja. tab lembaran kerja yang aktif akan tampak lebih terang daripada lembaran kerja yang tidak aktif.