Cara Instal Modem di Laptop

Cara Instal Modem - Koneksi internet dengan menggunakan modem broadband dengan layanan dari operator selular merupakan cara koneksi yang popular saat ini. Selain memberikan kecepatan akses yang tinggi dan jaringan akses yang luas serta bersifat mobile, biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu mahal.

Untuk dapat menggunakan layanan ini kita harus menyediakan sebuah modem broadband yang dilengkapi dengan sim card dari operator selular (seperti telkomsel, M3, Axis, dan lain-lain) kemudian setelah sim card di pasang pada modem kita harus terlebih dahulu menginstal modem agar dapat dikenali dan digunakan oleh komputer. Maka dari itu pada kesempatan ini kita akan membahas cara menginstal modem di komputer.
Pada contoh dibawah ini saya akan menggunakan modem Huawei. Tentunya anda punya modem kan? Jika belum, silahkan anda membelinya di toko terdekat dan pastikan modem yang anda beli mempunyai kualitas yang bagus. Baca juga : Fungsi modem internal dan eksternal

Cara Menginstal Modem di Laptop

1. Hubungkan modem ke komputer melalui port USB yang tersedia. Sistem operasi mungkin saja bisa mengenali modem secara otomatis, atau driver modem akan secara otomatis terinstal sehingga anda tidak perlu menginstalnya lagi.
2. Setelah modem dicolokan ke port USB, selanjunya akan muncul kotak dialog driver software installation, namun disini bukan berarti perangkat sudah siap untuk digunakan, bisa saja perangkat dikenali sebagai media penyimpanan tetapi tidak dikenali sebagai modem.
3. Pastikan terlebih dahulu modem anda sudah dapat digunakan dengan cara klik star menu lalu klik contol panel dan jendela control panel akan ditampilkan.
4. Dijendela Control Panel klik Hardware and Sound.

cara instal modem
5. Pada bagian Device and Printers, klik device manager dan jendela device manager akan ditampilkan.
cara intstal modem di laptop
6. Pada jendela Device Manager klik modem.
Jika modem yang digunakan terdapat didaftar modem, berarti modem anda sudah siap untuk digunakan. Namun, Jika ikon modem tidak ditemukan dijendela Device maka perangkat modem belum dikenali sebagai modem dan perlu di instal terlebih dahulu. lihat gambar dibawah ini.
cara instal modem
Jendela Device Manager - Modem tidak di temukan

Langkah langkah instal modem

1. Jalankan Windows explorer dan lihat icon modem tampil di windows explorer .. Selanjutnya klik kanan pada icon modem dan klik install or run program from your media . Lihat gambar dibawah ini...

cara instal modem di windows 8

2. Selanjutnya kotak dialog Setup akan ditampilkan dan pilihlah bahasa yang ingin anda gunakan lalu klik OK...

cara instal modem vedafon

3. Untuk memulai instalasi klik tombol next , maka kotak dialog setup untuk selanjutnya akan ditampilkan.
cara instal modem huawei
4. Dikotak dialog setup anda akan di minta untuk menyetujui peng-installan, anda tinggal klik "I Agree", dikotak dialog akan diberitahukan penyimpanan file-file instalasi modem, jika anda mau anda bisa menentukan tempat sendiri lokasi penyimpanan tersebut.

cara instal modem telkomsel


5. Klik tombol Instal, maka proses intalasi akan dijalankan, tunggu sampai proses intalasi selesai dan kotak dialaog setup akan muncul dan memberitahukan anda bahwa proses instalasi telah selesai.

cara intsal modem zte
6. Klik Finish dan modem sudah terinstal di komputer anda.

NB: Dengan melakukan beberapa settingan, anda bisa mempercepat koneksi internet. Jika anda tertarik ingin merasakan kecepatan internet, silahkan baca cara mempercepat koneksi internet. Ok !!! sekian dulu dari saya semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Pintar Komputer
Pintar Komputer Updated at: 02.04

Related : Cara Instal Modem di Laptop

10 komentar:

  1. itu untuk modem huawei ya mas??? kalo modem telkomsel flash gimana ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aja mas, apapun jenis modemnya, tinggal menyesuaikan nya aja ko.

      Hapus
  2. thank, sekarang ane udah gak pake modem, jadinya gak perlu instal modem lagi,,, sekrang kebanyakan pake android hotspot,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya benar sekali mas, sekarang udah zaman nya hotspot.. tapi meskipun begitu ada kala nya kita masih perlu modem, karena mungkin jika terus"an menggunakan hotspot lewat andoid maka berpengaruh juga pada umur android agan.

      Hapus
  3. Kalo saya lebih suka pake indihome mas, disamping harga nya terjangkau kecepatan nya juga lumayan kenceng...

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. gan mau nanya,kalo install ulang modem eksternal yang udah ke uninstall gimana yah? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. gampang saja ... anda tinggal instal lagi ...

      Hapus
  6. gan modem ane smartfreen udh ke instal tpi kox gx bisa buat connet internet knpa yh

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang jelas settingan nya mas harus benar

      Hapus