Cara Membuat Shortcut Wifi Turn ON dan OFF pada Desktop

Cara Membuat Shortcut Wifi Turn ON dan OFF pada Desktop - Sebagian laptop hadir dengan tombol "Wi-Fi" pada keyboard yang berfungsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Wi-Fi. Jika PC kalian tidak dilengkapi dengan tombol on dan off wifi, kalian bisa menggunakan cara yang akan saya paparkan di bawah nanti.

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah membuat shortcut menu untuk wifi dan setelah kalian membuat shorcut wifi maka kalian tinggal membuat tombol perintah pada keyboard untuk mengaktifkan dan menonaktifkan wifi.
 

Untuk lebih jelasnya mari ikuti langkah langkah berikut :
1. Kalian harus memeriksa nama koneksi Wi-Fi kalian. karena dengan menggunakan nama tersebut kalian bisa mengaktifkan dan menonaktifkan koneksi Wi-Fi.

Caranya adalah pergi ke Control Panel> Network and Internet> Network and Sharing Center> Ubah Adapter Settings.

Perhatikan nama koneksi Wi-Fi kalian. Lihatlah gambar dibawah ini!
 


2. Langkah ke Dua: Buat Desktop Shortcuts

Sekarang kalian sudah mengetahui nama koneksi wifi kalian, langkah selanjutnya kalian dapat Shorcut wifi pada desktop. Caranya adalah :
 
Klik kanan pada desktop Windows dan pilih New> Shortcut untuk membuat shortcut.

Copy dan paste "netsh interface set name interface = "Wi-Fi" admin = disable"ke dalam bagian kotak yang ada. Lihat gambar berikut lalu klik Next. Sebelumnya jangan lupa ganti "Wi-Fi" dengan nama koneksi wifi yang tadi sudah di lihat pada Control Panel.
 


3. Tuliskan Nama shortcut seperti  "Nonaktifkan Wi-Fi" atau yang lainnya dan klik "Finish".

Sekarang, kita akan membuat Shortcut untuk mengajktifakn wifi. Caranya sama dengan langkah pertama yaitu klik kanan desktop dan pilih New> Shortcut untuk membuat shortcut baru. Copy dan paste netsh interface set name interface = "Wi-Fi" admin = Enable. Tulis nama shorcut seperti "Aktifkan Wi-Fi" atau yang laiannya dan klik "Finish".
 
Baca juga : Cara mengganti password wifi indihome

4. Langkah Tiga: Membuat Shortcut pada Desktop Shortcuts Run as Administrator

Untuk melakukannya, klik kanan salah satu shortcut yang tadi kalian buat dan pilih "Properties".

Klik tombol "Advanced" pada tab Shortcut, mengaktifkan "Run as Administrator" pilihan, dan klik "OK" dua kali. lihat gambar dibawah ini.
 

Ulangi proses ini untuk membuat shortcut kedua dengan cara yang yang sama.
Itulah cara membuat shortcut wifi off dan on pada desktop. Semoga bermanfaat.