Cara Mengatasi No Internet Access dengan Mudah

Cara Mengatasi No Internet Access pada WIFI dan LAN – Berdasarkan dari pengalaman saya pribadi saat ingin mengkonekan Telkom Speedy Reguler yang bermasalah. Berhubung teknisinya tidak sempat datang dikarenakan suatu alasan dan kebetulan waktu itu saya lagi pengen banget download video di youtube dan disitu kadang saya merasa sedih 😓. Ya sudah lah terpaksa saya memutuskan untuk membetulkan sendiri. Dengan bermodalkan sedikit pengetahuan akhirnya masalah No Internet Access pada Wifi saya bisa di atasi dengan sangat cepat... 😎

Lalu bagaimana cara mengatasi no internet access? Nah pada artikel ini saya akan menjelaskan dengan detail caranya. Dan cara ini bisa anda coba di windows berapa saja dan jaringan apa saja. (LAN atau Wifi).

Bye the way .. Dalam setiap komputer pasti ada sambungan ethernet (Local Area Connection - LAN). Koneksi inilah yang nantinya digunakan modem atau router Speedy. Secara default, seharusnya jika modem Speedy di colok ke sambungan LAN komputer, secara otomatis membaca dan menerima koneksi itu sehingga setiap kali komputer menyala internet pun langsung menyala (tanpa perlu menekan login internet). Tapi sayang kenyataannya tidak demikian. Seringkali, komputer menolak sambungan itu dan internet mati mendadak dengan label "No Internet Access" pada koneksi LAN. 😦

Cara Mengatasi No Internet Access
1. Pertama Carilah logo ikon colokan. Jika ikon tersembunyi, klik kanan pada Taskbar (Jam). Selanjutnya pilih Windows dan pilih Customize Notification Icon. Cari Ethernet/LAN di sana dan pastikan ikon itu di setting: Show Icon And Notification.



2. Klik kanan pada ikon LAN dan pilih Open Network And Sharing Center.

3. Setelah terbuka, klik link di kiri yang bertuliskan Change Adapter Settings.

4. Selanjunya jendela baru akan terbuka dan di dalamnya LAN akan terdaftar di urutan pertama.

5. Lanjut kepada 3 Metode di bawah.


Berikut ada beberapa solusi yang mungkin anda harus mencobanya.

Cara mengatasi Internet Mati Nyala
Terkadang LAN kurang bisa diajak kompromi saat dibutuhkan tiba-tiba mati. Untuk mengatasi hal tersebut coba Klik kanan ikon LAN dan pilih Disable. Tunggu sampai ikon berganti warna menjadi kelam. Lalu klik kanan lagi dan pilih Enable. Setelah LAN menyala kembali, internet Speedy kamu ikut menyala.

Cara Mengatasi No Internet Access dengan Mudah
Cara Mengatasi No Internet Access dengan Mudah

Sayangnya, teknik manual seperti ini harus dikerjakan SETIAP KALI komputer kamu menyala atau saat internet mati mendadak. Bagi yang tidak sabar, teknik ini terasa sangat menyebalkan dan merupakan gangguan saat kita akan berselancar di dunia maya. 😠


SOLUSI HOME NETWORK
Alasan kenapa komputer menolak untuk menerima koneksi Speedy dalam LAN karena koneksi itu di label sebagai Public Network. Yang namanya publik/umum tentu tidak aman karena siapa saja bisa masuk, termasuk virus. 😕 Jika jenis LAN itu diubah menjadi Home atau Work Network kemungkinan besar koneksi Speedy akan diterima.


CARA #1 (percobaan di windows 7)
a. Di tampilan Network Connections, disable semua network adapter

b. Enable Local Area Connection

c. Pada Network And Sharing Center, pilih Choose Homegroup And Sharing Options

d. Klik di What Is This Location

e. Pilih Home/Work

f. Enable ulang semua adapter

Disable semua network adapter

Enable adapter yang ada tulisan "Public Network" yang tidak bisa diganti .Pada Network dan Sharing Center, pilih "Choose HomeGroup And Sharing Option" selanjutnya Klik di "What Is My Location?" dan terkahir Pilih HOME/WORK lalu ENABLE ulang semua Adapter.

CARA #3
Sangat disarankan untuk dicoba!

a.  Klik kanan Local Area Connection, pilih Properties.

b. Saat jendela baru muncul, klik tombol Configure.

c. Jendela lain akan muncul lagi. Pilih tab Driver. Lalu tekan tombol Uninstall.

d. Ikon Local Area Connection akan lenyap dari Network Connections. Kini masuk ke Device Manager.

e. Di dalam jendela Device Manager, klik kanan nama komputer kamu dan pilih Scan For Hardware Changes.

f. Komputer akan melakukan scan dan menemukan Local Area Connection kamu. Saat didaftarkan, kamu bisa mengganti Public menjadi Home/Work.

Jika kamu masih bingung, silahkan berkomentar. Dan terimakasih sudah membaca cara mengatasi no internet access

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf

Bagikan melalui Facebook / Twitter / Google Plus untuk melihat Link Download


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Pintar Komputer
Pintar Komputer Updated at: 10.20

Related : Cara Mengatasi No Internet Access dengan Mudah

24 komentar:

  1. Work 100 100% ... Terimakasih mas ...

    BalasHapus
  2. Infonya sangat bermanfaat gan ,,, thanks

    BalasHapus
  3. keren gan informasinya sangat membantu sekali,
    ini gan kalau mau servis laptop,jual beli laptop dan cari sparepart laptop ada citra laptop,tempatnya servis laptop jogja,jangan lupa kunjungi gan

    BalasHapus
  4. hari hari ini, speedy saya gak konek gan, dilaptop no internet access dan kebetulan saya menggunakan windows 10. ada solusi gan... ane bingung niih...

    BalasHapus
  5. Wah sangat bermanfaat sekali artikel ini,,
    Saya yg newbie sudah mulai putus asa saat uninstal di tab manager 😁 tp setelah saya terus mencoba lagi dan mencoba lagi, alhamdulillah work 100%,,
    Kini saya bisa bekerja dengan lancar.
    Terimakasih juragan 👌👌👌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama , terimkasih sudah berkunjung dan menjalankan tutorial cara mengatasi no internet access

      Hapus
  6. Terimakasih banyak sharing nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama mas... terimkasih sudah berkunjung

      Hapus
  7. Terimakasih banyak sharing nya

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Solusi mati - nyala = gagal
    Solusi home network cara 1 = gagal
    Solusi home network cara 2 = gagal
    Solusi uninstall driver = gagal
    Solusi ganti IP = gagal
    Solusi reset netsh, kemudian restart juga gagal
    ---
    Sejak beli laptop (7 bulan lalu) hingga sekarang saya belum bisa konek dengan wifi dari speedy di kantor saya.
    Tapi bila saya konekkan tethering dari smartfren hp lancar jaya.
    ---
    Kira - kira, temen - temen yang komentar selalu bilang berhasil. BENER - BENER BERHASIL ATAU HANYA KOMEN SPAM?
    Kalo dilihat orang - orang yang komentar kayaknya fake,
    Yang berhasil ini menggunakan cara yang mana ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sya tidak tahu mereka spam atau memang berhasil, sejauh percobaan saya waktu itu memang berhasil. atau mungkin anda bisa menghubungi pihak dari speedy . terimakasih

      Hapus
  10. work gan thanks visit jga ya www.mastahbloging.blogspot.com

    BalasHapus
  11. Thanks gan, jadi bisa lagi ni internetnya. Memang kadang koneksi berjalan dan berhenti sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip gan ... sama sama ... semoga lancar jaya !

      Hapus
  12. saya work cara kedua gan... Beneran.. ini bukan komen spam..

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  14. Cara ke 2 saat di scan di my name pc not dipersulit instaled ? Gimana tuh

    BalasHapus
  15. Gan wktu ane unistall local area connection ko lama bet ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang agak lama.. harap bersabar ya :D

      Hapus
  16. saya kebetulan seorang operator gamenet, hari ini saya memasang usb wireless di pc billing alias pc operator (dgn niat agar temen2 kerja dan user2 bs menikmati fasilitas wifi gratis), ketika saya utak atik following ipv4 adressnya, jadi tidak konek ke internet (no internet access) dan malah terputus koneksi ke pc client alias pc user.. saya coba kembalikan ke settingan awal (yg mana saya tidak yakin apakah benar atau tidak ip yg saya masukan, lupa pak.. ga d catet sih), akhirnya pc user terhubung kembali.. tetapi koneksi internet di pc operator tetap tidak tersambung. bagaimana cara mengatasinya ya pak? mohon bantuannya ya

    BalasHapus