Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Monday, March 2, 2015

5 Fungsi Utama CPU Pada Komputer Dan Cara Kerjanya

5 Fungsi Utama CPU Pada Komputer - Saat ini, perkembangan komputer yang pesat tidak dapat dipisahkan dari perkembangan otak dari komputer itu sendiri. Otak komputer kita dikenal dengan nama CPU atau central processing unit, yang juga sering dikenal sebagai prosesor.

CPU, yang merupakan otak komputer, telah mengalami berbagai perubahan dan transformasi hingga hari ini. Jika komputer sering hang berarti Anda harus tahu bahwa otaknya tidak kuat.

Fungsi utama CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras komputer, seperti keyboard, scanner, tuas kontrol, atau mouse. CPU dikontrol dengan menggunakan seperangkat instruksi perangkat lunak komputer.

5 Fungsi Utama CPU Pada Komputer


  • Memproses informasi dalam bentuk menerima dan juga menjalankan perintah yang diberikan melalui perangkat input

Fungsi utama dari CPU adalah melakukan tugas memproses informasi di komputer. Ini terkait erat dengan kecepatan respon dan juga output yang dihasilkan oleh CPU.

Misalnya, ketika Anda menggunakan CPU dengan spesifikasi tinggi, maka Anda pekerjaan anda akan menjadi lebih cepat karena CPU yang digunakan mampu merespons lebih cepat.

CPU dapat melakukan dan juga memproses perintah yang Anda berikan melalui perangkat input, seperti keyboard, untuk kemudian diproses dan akhirnya menghasilkan output.

Contoh: Ketika Anda bermain game. Anda akan mengklik ikon permainan (perintah input dilakukan), kemudian CPU akan memproses output (permainan yang berjalan dan dapat dimainkan) untuk mengintegrasikan perangkat lunak dan komponen perangkat keras yang dibutuhkan oleh permainan akan berfungsi dengan baik.

  • Mengatur kinerja sinkronisasi antara perangkat keras dan perangkat lunak di komputer

Fungsi CPU berikutnya adalah melakukan sinkronisasi dan juga pengaturan antara kinerja perangkat keras dan perangkat lunak. Semua perangkat lunak membutuhkan kinerja dari perangkat keras untuk berjalan dengan baik.

Karena itu, agar perangkat keras dan fungsionalitas perangkat lunak dapat berjalan dalam sinkronisasi yang pas dan juga tepat, maka dibutuhkan CPU. CPU membantu menghitung berapa banyak memori yang diperlukan oleh perangkat lunak, atau apakah VGA komputer mampu menjalankan perangkat lunak.


  • Menggunakan dan juga memproses kalkulasi algoritme untuk menjalankan perintah

Dalam menggunakan komputer, kita sebagai pengguna akan memberikan perintah ke komputer melalui apa yang kita sebut perangkat input. Perintah-perintah tersebut, kemudian akan diproses dengan menggunakan perhitungan algoritma dan bahasa komputer juga untuk kemudian dijalankan oleh komputer.

Semua fungsi tersebut dijalankan oleh CPU, yang akan membuat komputer Anda berfungsi dengan baik sesuai kehendak Anda.


  • Mengambil dan juga memproses data

Seperti namanya, CPU memiliki fungsi yang sangat penting untuk membantu pemrosesan data. Tanpa teknologi CPU yang berkualitas, pemrosesan data akan sangat lambat dan terhambat.


  • CPU spesifikasi tinggi dapat membantu mendukung kebutuhan spesifik pengguna, seperti desain atau permainan game.

Kebutuhan khusus komputer, seperti bermain game dan juga membuat desain berbasis 3D adalah salah satu fungsi dari CPU. CPU dengan spesifikasi tinggi akan sangat tepat untuk mendukung penggunaannya dalam permainan game atau kreasi desain berbasis 3D.

Jadi, bagi Anda yang sangat senang bermain game atau membuat desain 3D, tentunya CPU memiliki peran yang sangat vital selain RAM komputer dan fungsi kartu VGA.

Nah itulah 5 Fungsi Utama CPU Pada Komputer yang wajib anda ketahui. Sekarang kita akan membahas tentang cara kerja CPU pada komputer.

Fungsi Utama CPU Pada Komputer
Fungsi Utama CPU Pada Komputer


Cara Kerja CPU

Saat data dan alat pengolah kata, pertama di MAA (melalui Input-storage); Jika mendaftar siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register, sedangkan alamat memori yang berisikan paket yang ditampung di Program Counter.

Sedangkan data yang diambil oleh. Untuk ditampung di register tujuan umum (dalam hal ini di Operand-register). Jika yang dimaksud dengan proses pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar bahasa yang ditetapkan. Hasil ditampung di Akumulator.

Setelah hasil pengolahan sudah selesai, maka Unit Kontrol akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage.

Jika pengerjaan sudah selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-devices.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Fungsi Utama CPU Pada Komputer Dan Cara Kerjanya

0 komentar:

Post a Comment