Fungsi Utama CPU

Fungsi CPU – CPU berasal dari bahasa Inggris : Central Processing Unit; CPU), merujuk pada perangkat keras komputer yg mendalami & jalankan perintah & data dari perangkat lunak. Istilah lain, pemroses/prosesor (processor), tidak jarang difungsikan untuk menyebut CPU. Adapun mikroprosesor ialah CPU yg diproduksi dalam sirkuit terpadu, lebih sering dalam satu buah paket sirkuit terpadu-tunggal. Sejak pertengahan thn 1970-an, mikroprosesor sirkuit terpadu-tunggal ini sudah umum difungsikan & jadi faktor mutlak dalam aplikasi CPU.

Fungsi utama CPU dan cara kerja CPU


CPU mempunya fungsi seperti kalkulator, namun bedanya CPU jauh lebih kuat daya dalam pemrosesannya. Fungsi penting dari CPU yaitu melaksanakan operasi aritmatika & logika pada data yg diambil dari memori atau dari informasi yg dimasukkan melalui sekian banyak perangkat keras, seperti papan tombol, pemindai, tuas kontrol, ataupun tetikus. CPU dikontrol memanfaatkan sekumpulan instruksi perangkat lunak pc.

Perangkat lunak tersebut akan dijalankan oleh CPU dgn membacanya dari alat penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, ataupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut selanjutnya disimpan terlebih dulu pada memori fisik (MAA), yg mana tiap-tiap instruksi bakal diberi alamat unik yg dinamakan alamat memori. Seterusnya, CPU bisa mengakses data-data pada MAA dgn memastikan alamat data yg dikehendaki.

Ketika satu buah program dieksekusi, data mengalir dari RAM ke suatu unit yg dinamakan dgn bus, yg menghubungkan antara CPU dgn MAA. Data setelah itu didekode dgn memanfaatkan unit proses yg dinamakan juga sebagai pendekoder instruksi yg bisa menerjemahkan instruksi.

Data seterusnya berjalan ke unit aritmatika & logika (ALU) yg lakukan kalkulasi & perbandingan. Data barangkali disimpan sementara oleh ALU dalam satu buah ruang memori yg dinamakan bersama register agar sanggup diambil kembali dgn segera buat diolah.

ALU akan melaksanakan operasi-operasi tertentu, meliputi penjumlahan, perkalian, pengurangan, pengujian keadaan pada data dalam register, sampai mengirimkan hasil pemrosesannya kembali ke memori fisik, fasilitas penyimpan, atau register jika dapat mengolah hasil pemrosesan lagi.

Sewaktu proses ini berjalan, satu buah unit dalam CPU yg dinamakan dgn penghitung program akan mengawasi instruksi yg berhasil dijalankan agar instruksi tersebut dapat dieksekusi dgn urutan yg benar & tepat.