Cara Kerja Printer Inkjet,Dotmatrix,LaserJet


Jenis jenis printer dan cara kerjanya - dalam postingan kali ini kita akan membahas cara kerja printer dari berbagai jenis. printer pada dasar mempunyai kerja yang sama yaitu mencetak. namun jika kita melihat dari jenis printer itu sendiri memang ada sedikit perbedaan tergantung jenis printernya. 
Cara Kerja Printer Inkjet,Dotmatrix,LaserJet

Printer Dot Matrix

Kategori printer ini yakni printer yg memakai metode pita dalam proses pencetakannya. Hasil cetakan bakal nampak seperti titik yg saling membuka satu sama lain 

Cara Kerja Printer Inkjet,Dotmatrix,LaserJet

a. Cara Kerja
Head dari printer kategori ini, terdiri atas 7 atau 9 maupun 24 jarum yg tersusun dengan cara vertical & mencetak suatu kolom. Pada waktu bekerja, jarum yg ada akan mencetak character images melalui gesekan-gesekan jarum terhadap karbon & kertas. Printer type ini pula yaitu character printer. Kecepatannya amat sangat bervariasi, tetapi utk Epson LX-80, yaitu 80 caharacter per secon. Pada disaat head-printer bergerak dari kiri kekanan sambil menyentuh kertas, sehingga huruf yg telah terpola dalam sebuah susunan jarum bakal langsung muncul. Pola huruf ini selanjutnya di terima oleh pita karbon yg dibaliknya terdapat kertas, & terjadilah pencetakan huruf demi huruf. Tiap-tiap character yg terbentuk bakal memunculkan satu buah pola unique yg terdiri dari pelbagai titik didalam dimensi satu buah matrix. Tipe printer dot-matrix benar benar bervariasi, ada yg berjenis color & ada pun yg non-color. Rata-rata, printer tipe dot-matrix pun cuma memiliki satu warna, yakni warna hitam. Utk printer color, diperlukan pita (karbon/ribon) kusus yg memiliki 4 warna, adalah hitam, biru, merah & kuning 

b. Kekurangan
Printer Dot Matrix yaitu pencetak yg resolusi cetakannya tetap amat sangat rendah. diluar itu, printer ini suaranya condong keras bila sedang menempa juga mutu cetakan yg kurang bagus.

c. Kelebihan
Printer type ini tetap tidak sedikit difungsikan sebab ternama awet, tidak hanya itu pita printer dot matrix terbilang pass murah 
.

Cara Kerja Printer Inkjet

Tipe printer inkjet yaitu kategori printer yg memanfaatkan sarana tinta cair dalam proses pencetakannya.

Cara Kerja Printer Inkjet,Dotmatrix,LaserJet

a. Cara Kerja
Terhadap printer tipe Ink jet memakai tehnologi dor on demand, adalah dgn trick menyemprotkan titik titik mungil tinta kepada kertas lewat nozzle atau lubang pipa yg teramat mungil. technologi yang lain yg dikembangkan oleh pembuat printer seperti Canon & Mobile Phone dgn memanfaatkan panas. panas tersebut bisa menciptakan gelembung-gelembung tinta maka bila makin panas bakal makin menekan tinta ke nozzle yg ditentukan & tercetak kepada kertas.
b. Kekurangan
Dikarenakan memanfaatkan tinta cair utk hasil pencetakan mesti menunggu sekian banyak disaat hingga hasil cetakan memang lah kering.
c. Kelebihan
Hasil cetakan kepada printer type ini lebih bagus & halus. Tipe printer inkjet pula dapat membuahkan hasil cetakan warna. Umumnya printer type ini tidak sedikit diperlukan utk kepentingan pribadi

Printer Laser Jet

Tipe printer ini ialah type printer yg memanfaatkan alat tinta bubuk atau yg biasa dinamakan toner bersama memakai piranti infra red dalam proses pencetakannya 

Cara Kerja Printer Inkjet,Dotmatrix,LaserJet

a. Cara Kerja
printer laser serupa dgn mesin fotokopi, merupakan memakai photographic drum. Prosesnya juga sebagai berikut :

Kawat corona mengalirkan listrik statis yg menciptakan drum (foto conductor) bermuatan positif.
Satuan laser (exposition) menyorotkan sinar terhadap permukaan drum yg berputar pas dgn info yg diperoleh dari komputer. Dgn trick ini, laser menggambar huruf atau citra yg dapat dicetak yang merupakan suatu pola muatan listrik–sebuah citra listrik statis yg bermuatan negative.
Setelah Itu toner atau tinta berwujud serbuk ditaburkan terhadap drum. Sebab toner bermuatan positif, dapat menempel terhadap ruangan bermuatan negatif terhadap drum, yakni ruang yg tadi telah disorot bersama sinar laser.
Baki kertas memasukkan selembar kertas maka digiling oleh drum. Pada Awal Mulanya, kertas dikasih muatan negatif oleh kawat corona. Muatan itu lebih gede dari muatan negatif citra listrik statis maka kertas mampu menarik serbuk toner yg bermuatan positif. Lantaran berputar dgn kecepatan yg sama dgn perputaran drum, kertas menyalin citra yg ada di drum.
Kertas yg sudah menyalin citra itu dilewatkan terhadap fuser, adalah sepasang penggulung yg dipanaskan. Ketika melintasi fuser, serbuk toner meleleh & menempel kuat kepada serat kertas. Selanjutnya kertas dikeluarkan ke baki output.
Sesudah citra listrik statis terhadap drum dipindahkan ke kertas, drum melintasi lampu pembebasan. Sorotan lampu yg jelas berkaitan semua permukaan photoconductor & menghapus citra listrik statisnya. Dulu, drum melintasi kawat corona yg memberinya muatan positif kembali.
Proses dapat diulang lagi utk pencetakan berikutnya
b. Kekurangan
Satu kekurangan Printer Laser yakni harganya yg reltif lebih mahal kalau di bandingkan bersama printer inkjet maka printer Laser rata-rata cuma diperlukan oleh Lembaga atau perkantoran saja.
c. Kelebihan
Hasil cetakannya lebih bagus, Printer laser jet serta mempunyai kecepatan pencetakan yg tinggi & hasilnyapun pun lebih segera kering, sama halnya bersama mesin fotocopy. Umumnya printer tipe ini tidak sedikit dimanfaatkan oleh perusahan & kantor-kantor besar