Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sunday, March 1, 2015

Pengertian Flashdisk dan Fungsinya

Pengertian Flashdisk dan Fungsinya -  Flashdisk banyak dibicarakan di era perkembangan teknologi saat ini. Bentuknya sederhana dan kecil membuat flashdisk menjadi salah satu alat penyimpan data populer disamping harddisk komputer.

Meski kecil, flashdisk memiliki memori yang besar untuk menyimpan berbagai jenis data. Bahkan ada beberapa produsen flashdisk seperti kingston yang berani mengeluarkan produk flasdisk yang memiliki memori penyimpanan hingga 2TB.

Penyimpanan yang setara dengan memori penyimpanan hard disk, bisa dikatakan sebagai penyimpanan data flasdisk terbesar di dunia saat ini. Selain menyimpan data, flasdisk juga mudah berformat jika ingin menghapus data secara keseluruhan dan bahkan bisa dijadikan media bootable.

Flashdisk telah memberikan peran besar bagi perkembangan dunia komputer. Banyak orang telah terbantu dengan adanya flashdisk yang memungkinkan pengguna menyimpan data yang bisa berada dimana saja.

Pengertian Flashdisk dan Fungsinya
Pengertian Flashdisk dan Fungsinya
Sebenarnya kita bisa menggunakan flash dimana saja dan kapan pun kita membutuhkan data yang tersimpan di dalamnya. Flashdisk juga bisa disebut sebagai alat penyimpan data yang berjalan.

Selain bisa digunakan di komputer, flash juga bisa digunakan pada model tv terbaru, terutama tv led. Rata-rata penggunaan flash di tv digunakan untuk menyimpan koleksi data video atau film.

Kapasitas penyimpanan lampu kilat juga sangat beragam mulai dari kemunculannya yang hanya bisa menghemat kapasitas penyimpanan 8MB hingga 2TB.

Tingginya permintaan pasar akan adanya flash telah mendorong produsen flash untuk merilis produk terbarunya. Mereka bersaing menghasilkan kilasan dengan berbagai keunggulan masing-masing kualiatrs dan kuantitas penyimpanan.

Namun, bila dilihat dari perkembangan yang ada, produsen flash ini lebih mengeluarkan produk berdasarkan kapasitas penyimpanan data. Kapasitas penyimpanan bervariasi dari ukuran 1GB, 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, 64GB, 1TB dan 2TB.

Dilihat dari perkembangan yang ada dan jumlah permintaan pasar, hal itu membuktikan betapa pentingnya flash dalam menyederhanakan aktivitas kita yang terkait dengan penyimpanan data simpan.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang flashdisk lebih jauh, alangkah baiknya jika kita juga tahu apa pengertian flash dan fungsinya.

Pengertian Flashdisk

Flash adalah media penyimpan data jika ditafsirkan secara sederhana. Setiap jenis data dapat disimpan dengan mudah di perangkat flash.

Pengertian kilat menurut para ahli adalah perangkat memori flash tipe NAND yang bisa menyimpan berbagai jenis data yang terintegrasi dengan universal connectivity serial bus atau sering diesebut usb.

Flashdisk dalam bahasa Inggris disebut sebagai USB flash drived. Metode penyimpanan flashdisk menggunakan sistem non-volatile atau menyimpan data tanpa listrik.

Selama data yang tersimpan di flashdisk tidak terhapus, maka datanya tidak akan hilang meski lampu kilat tidak ditenagai oleh listrik. Bentuknya kecil dan bisa di mana saja membuat kilat banyak diminati dan oleh masyarakat.

Flashdisk adalah alternatif hard drive untuk menyimpan data yang berjalan baik untuk keperluan pribadi maupun untuk keperluan kerja.

Cara Kerja Flashdisk
Cara kerja flashdisk sangat mudah digunakan oleh siapapun. Kami hanya memasukkan ke port usb di sisi belakang motherboard komputer, tv, radio tape atau parangkat lainnya yang memiliki port usbnya.

Baca: Pengertian Motherboard dan Fungsinya

Kemudian lampu kilat akan membaca secara otomatis menunjukkan file yang tersimpan dalam memori. Dalam sekejap ada beberapa perangkat penting yang bekerja untuk menghubungkan antara satu komponen dengan komponen lain sehingga berfungsi dengan baik. Komponennya adalah:

Konektor, komponen ini memiliki fungsi untuk menghubungkan flashdisk atau usb flash drive ke usb port perangkat elektronik seperti pc dan sebagainya. Karena tempatnya di luar, tidak sedikit dari konektor ini yang sering rusak karena sering dipakai.

Apalagi jika mencolokan waktu atau mencabut flashdisk secara acak sehingga bisa menyebabkan keausan.

Board atau PCB
Board atau papan memiliki fungsi sebagai tempat komponen flash dalam memudahkan semua komponen yang saling terhubung satu sama lain.

Osilator kristal
Komponen ini memiliki fungsi menghasilkan frekuensi clock sebagai generator konduktor. Frekuensi clock yang dihasilkan dalam flashdisk rata-rata adalah 12MHz.

Memori flash
Kata flash memory ini diambil dari fungsi flash yang bisa menyimpan dan menghapus data dengan cepat seperti flash atau senter. Memori flash menjadi komponen utama di flashdisk yang bertugas menyimpan data yang kita masukan ke dalam flashdisk.

Controller
Komponen ini biasa disebut sebagai usb mass stronge controller yang berfungsi untuk mengatur dan memerintahkan komponen lain dalam sekejap. Cara kerja pengontrol yang mirip dengan prosser atau CPU di komputer juga bisa disebut sebagai flash otak.

Fungsi flashdisk

Fungsi utama flashdisk adalah menyimpan data. Berbagai jenis data bisa disimpan di perangkat kecil yang bisa kita masukan ke dalam saku dan di mana saja.

Selain penyimpanan data biasa, flashdisk bisa digunakan untuk sistem bootable atau bisa juga digunakan sebagai komputer mini. Kita bisa menjalankan sistem operasi baik windows maupun linux tanpa perlu harddisk.

Sebenarnya kita bisa menyimpan bentuk format file video atau musik dalam sekejap agar bisa kita nikmati di rumah. Salah satunya melalui media tv, video yang telah kita simpan di flashdisk bisa kita tonton dan main di tv tanpa harus menggunakan komputer.

Bagi yang suka mp3, mereka bisa memutar musik mp3 yang tersimpan di flashdisk pada pita radio yang sudah disediakan usb port. Terlepas dari fungsinya yang sudah disebutkan, sebenarnya ada banyak fungsi flash yang bisa dimanfaatkan di luar sana.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Flashdisk dan Fungsinya

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment