Pengertian Fungsi dan Jenis Printer

Pengertian Fungsi dan Jenis-Jenis Printer - Printer sebagai Hardware (perangkat keras) yang dihubungkan ke komputer yang memiliki fungsi sebagai media untuk menghasilkan/menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa gambar atau tulisan dari komputer ke kertas atau sejenisnya. Printer ditemukan oleh Charles Babbage

Printer umumnya memiliki bagian dan jenis. Maka dari itu pada postingan kita kali ini akan membahas pengertian printer, fungsi printer di akhiri dengan jenis printer.

Harga dan Fungsi Printer

Bagian-bagian Printer

Perangkat keras yang digunakan sejak abad ke-19 ini memiliki setidaknya 4 bagian penting diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Picker ( Penggetil) adalah alat untuk mengambil kertas dari baki (Tray)
2. Tray (Baki) tempat kertas diletakan.
3. Toner (Tinta) Alat pencetak sebenarnya.
4. Rol (Penarik Kertas)

Jenis jenis Printer

Ada 6 jenis printer yang beredar dipasaran saat ini, 6 jenis printer tersebut diantaranya adalah sebagai berikut
1. Printer Dot-Matrix
2. Printer Daisy Wheel
3. Printer Ink-Jet/Bubble Jet
4. Printer Chain
5. Printer Drum
6. Printer Laser.


1. Printer Dot Matrix
Printer Dot Matrix adalah printer yang menggunakan pita sebagai media percetakan. Karena menggunakan pita untuk menampilkan output ke kertas, hasil percetakan printer dgn printer dot matrix agak kasar dan hasilnya kurang bagus. Dengan menggunakan printer ini, cetakan akan langsung dirangkap dengan karbon. 

Karena sistem pencetakannya tetap menggunakan sistem ketukan. Berhubung menggunakan pita juga sebagai sumber warnanya, sehingga warna yg dapat dihasilkan tidak bervariasi. warna yang dihasilkan adalah warna hitam biru dan merah.

Resolusi cetaknya tetap sangat rendah, sebab gambar yang tercetak dapat terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan.

Kecepatan kinerja printer jenis Dot-Matrik ini diukur dgn jumlah karakter yg bisa dicetak per detik dengan unit cps (character per secon).

Merk merk printer yang menggunakan Dot Matrix adalah :
1. Printer Tally Genicom dengan kisaran harga Rp.85.000 s/d Rp.7.750.000
2. Printer Epson dengan kisaran harga Rp. 25.000 s/d Rp. 115.000
3. Printer OKI dengan kisaran harga mulai 1 juta sampai 6 Juta rupiah
4. Printer Fujitsu dengan kisaran harga dari 2 juta sampai 24 Juta rupiah.
Fujitsu DL7400


2. Printer Ink Jet / Desk Jet / Buble Jet
Inkjet Printer ialah alat cetak yeng menggunakan tinta sebagi media pencetaknya. Inkjet yang masih tersedia di pasaran saat ini mempunyai kekuatan untuk mencetak hingga ukuran kertas yang besar dan tentu dengan kualitas tinggi.
Resolusi printer inkjet saat ini sudah mencapai 5760×1440 dpi. Pada printer jenis Ink jet menggunakan teknologi dor on demand, adalah dengan cara menyemprotkan titik-titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil. 

Teknologi yang lain yg dikembangkan oleh pembuat printer seperti Canon & Mobile Phone dengan menggunakan panas, panas tersebut dapat membuat gelembung-gelembung tinta. Dengan itu, semakin makin panas dapat makin menekan tinta ke nozzle yang ditentukan dan tercetak pada kertas. karena memakai tinta cair, hasil cetakannya menunggu beberapa detik supaya dapat kering.

Merk-merk printer Ink Jet adalah:
1. Printer Epson Ink Jet dengan kisaran harga dari Rp.3.000.000 s/d Rp.4.000.000
2. Printer HP Ink Jet dengan kisaran harga dari Rp.450.000 s/d Rp.5.000.000
3. Printer Canon Ink Jet kisaran harga Rp.500.000 s/d Rp.8.000.000
CANON PIXMA PRO-10



Kelebihan Printer Ink Jet:
Dpi dan ppm lebih tinggi dibanding dot matrik
Lebih mudah mencetak gambar dan warna
Kekuatan daya cetak tinggi dan kualitas bagus.

Kelemahan Printer Ink jet:
Tidak bisa membentuk rangkap
Biaya operasional lebih mahal
Disaat mencetak jadi lebih panjang


3. Printer Laser Jet
LaserJet adalah tipe printer yang paling bagus kualitasnya di banding dua type printer pada awal mulanya. Media mencetaknya tidak menggunakan tinta melainkan menggunakan bubuk toner dan pencetakan memanfaatkan infra merah.

Printer ini juga menawari kecepatan pencetakan yang tinggi. Bahkan mesin yang tergolong kelas rendah dari golongan laser ini pun masih mempunyai kecepatan yang tinggi di bandingkan dengan printer Ink Jet atau Dot Matrix. Minimal dua kali lebih cepat dari printer Inkjet. Kerja printer laser serupa dengan mesin fotocopy, adalah sama-sama menggunakan photographic drum. Kualitas cetakan yang dihasilkan tidak hanya cepat namun juga cukup tajam.
Printer laser sangat cocok digunakan bagi mereka yang frekuensi mencetaknya sangat tinggi. Rata-rata digunakan di perkantoran. Tapi, tak menutup kemungkinan pengguna rumah menggunakan printer laser. 

HP LaserJet Pro 400 M451nw

Kelebihan Printer Laser :
Dpi, ppm sangat tinggi
Efisien untuk membentuk hitam putih
Kapasitas warna lebih banyak dibanding printer indoor yang lain.
Kapabilitas mencetak yang sangat cepat


Kelemahan Printer Laser:
Budget operasional tinggi
Tidak bisa digunakan secara konsisten.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Pintar Komputer
Pintar Komputer Updated at: 15.46

Related : Pengertian Fungsi dan Jenis Printer