Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Rabu, 04 Maret 2015

Pengertian MAC Address dan Fungsinya

Pengertian MAC Address dan Fungsinya - MAC Address (Media Access Control Address) adalah alamat untuk jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan suatu node tertentu dalam jaringan.

Dalam satu buah jaringan berbasis Ethernet, MAC address adalah alamat yang unik yang memiliki panjang 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasikan suatu komputer, interface dalam satu buah router, atau node yang lain dalam jaringan.
 
Baca juga: Pengertian Router

MAC Address tidak jarang dinamakan juga sebagai Ethernet address, physical address, atau Hardware address.
 
Pengertian MAC Address dan Fungsinya
MAC

 
MAC Address mengijinkan perangkat-perangkat dalam jaringan agar dapat berkomunikasi antara satu dengan yang yang lain.
 
Baca juga: 
Perangkat Jaringan Komputer

Kita ambil satu contoh, dalam suatu jaringan berbasis tehnologi Ethernet, setiap header dalam frame Ethernet mengandung informasi berkenaan MAC address dari komputer sumber (source) dan MAC address dari komputer maksud (destination).

Beberapa perangkat, seperti halnya bridge dan switch Layer-2 dapat melihat pada berita MAC address dari komputer sumber dari setiap frame yang ia terima dan memakai informasirmasi MAC address ini untuk memuntuk "tabel routing" internal dengan cara dinamis.
 
Baca juga: 
Pengertian HUB dan Fungsinya

Perangkat-perangkat tersebut juga setelah itu memakai tabel yang baru diuntuk itu untuk menambahkan frame yang beliau terima ke suatu port atau segmen jaringan tertentu di mana komputer atau node yang memiliki MAC address maksud berada.

Dalam suatu komputer, MAC address ditetapkan ke satu buah kartu jaringan (network interface Card/NIC) yang diperlukan utk menghubungkan komputer yang bersangkutan ke jaringan.

MAC Address rata rata tak dapat diubah dikarenakan sudah dimasukkan ke dalam ROM.

Beberapa kartu jaringan sediakan utilitas yang memungkinkan kita utk mengubah MAC address, meskipun faktor ini kurang disarankan.

Apabila dalam suatu jaringan terdapat dua kartu jaringan yang memiliki MAC address yang sama, maka kemungkinan akan terjadi konflik alamat dan komputer pun tak akan saling berkomunikasi antara satu dengan yang lain.

Beberapa kartu jaringan, seperti halnya kartu Token Ring mengharuskan konsumen untuk mengatur MAC address (tak dimasukkan ke dalam ROM), sebelum bisa dipakai.

MAC address benar-benar harus unik, dan untuk itulah Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) mengalokasikan blok-blok dalam MAC address.

24 bit pertama dari MAC address merepresentasikan siapa produsen card tersebut, dan 24 bit sisanya merepresentasikan nomer card tersebut.

Setiap dari 24 bit tersebut akan direpresentasikan dengan menggunakan enam digit bilangan heksadesimal, maka menjadikan keseluruhan 12 digit bilangan heksadesimal yang merepresentasikan total MAC address.
 
Nah itulah ulasan singkat tentang Pengertian MAC Address dan Fungsinya, semoga bermanfaat!
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian MAC Address dan Fungsinya

0 komentar:

Posting Komentar