Teknologi 4g

Teknologi 4G -  merupakan singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris : fourth-generation technology. Istilah ini rata rata dipakai mengacu terhadap standar generasi keempat dari tehnologi telpon seluler. 4G adalah pengembangan dari tehnologi 3G & 2G. System 4G sediakan jaringan pita lebar ultra buat beraneka ragam perlengkapan elektronik, misalnya telepon pintar & netbook memakai modem USB.

Teknologi 4g

Terdapat dua kandidat standar buat 4G yg dikomersilkan di dunia adalah standar WiMAX (Korea Selatan sejak 2006) & standar Long Term Evolution (LTE) (Swedia sejak 2009).

Di Indonesia, WiMAX diluncurkan oleh PT. FirstMedia dengan brand dagang Sitra WiMAX sejak Juni 2010. Setelah Itu tehnologi LTE pertama kali diluncurkan oleh PT. Internux dgn brand dagang Bolt Nomor Satu 4G LTE sejak 14 Nopember 2013.
System 4G sediakan solusi IP yg komprehensif di mana nada, data, & arus multimedia hingga pada konsumen kapan saja & di mana saja, untuk rata rata data lebih tinggi dari generasi pada awal mulanya. Bagaimanapun,  sekian banyak opini yg ditujukan buat 4G, merupakan : 4G adalah system berbasis IP terintegrasi penuh. Ini bakal di raih sesudah technologi kabel & nirkabel bakal dikonversikan & dapat membuahkan kecepatan 100Mb/detik & 1Gb/detik baik dalam ataupun luar ruangan bersama mutu premium & keamanan tinggi. 4G dapat menawari segala type pelayanan dgn harga yg terjangkau. Tiap-tiap handset 4G dapat serentak memiliki nomer IP v6 di lengkapi bersama kebolehan utk berinteraksi internet telephony yg berbasis Session Initiation Protocol (SIP). Seluruh kategori radio transmisi seperti windows7, TDMA, EDGE, CDMA 2G, 2.5G bakal bisa diperlukan, & akan berintegrasi dgn gampang bersama radio yg di operasikan tidak dengan lisensi seperti IEEE 802.11 di frekuensi 2.4 GHz dan 5-5.8Ghz, bluetooth & selular. Integrasi voice & data dalam channel yg sama. Integrasi voice & data penerapan SIP-enabled


SitraWiMAX

Sitra WiMAX yaitu operator 4G awalnya berbasis WiMAX yg meluncurkan pelayanan 4G Wireless Broadband di Indonesia kepada bln Juni 2010. Sitra WiMAX ialah bidang dari Lippo Kelompok & brand dagang terkini dari PT. Firstmedia Tbk. Sitra WiMAX bakal melayani 4G Wireless Broadband mula-mula di Indonesia di daerah terpadat & sekaligus mempunyai hak izin BWA paling mahal ialah di coverage Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Propinsi Banten, Sumatera Utara, & Propinsi NAD.

Telkomsel 4G LTE

Sewaktu konferensi APEC terhadap tanggal 1–8 Oktober 2013 di Bali, Telkomsel jalankan percobaan jaringan 4G LTE. Jaringan Telkomsel 4G LTE dioperasikan kepada frekuensi 1800 MHz. Juga Sebagai sektor dari acara, simcard bermerek "simPATI LTE Trial Edition" dipasarkan di area tersebut. Waktu Ini, Telkomsel 4G LTE sudah melebarkan sayapnya di Jakarta & Bali. Card USIM card(Card mula-mula suporter pelayanan 4G LTE) Telkomsel waktu ini sedia di GraPARI kurang lebih Jakarta & Bali.& pelanggan bisa menukarkan card lamanya bersama card USIM tidak dengan mesti berganti nomer.

Bolt 4G LTE

Bolt Nomor Satu 4G LTE yakni brand dagang dari PT. Internux yg sediakan pelayanan 4G LTE sejak 14 Nopember 2013. Ruang pelayanan yg dijangkau buat perdana kali merupakan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang & Bekasi dgn potensi pasar lebih kurang 30 juta orang. Technologi yg diterapkan yakni Time Division Duplex (TDD-LTE) kepada frekuensi 2300 MHz.


XL HotRod 4G LTE

XL Axiata laksanakan ujicoba pada jaringan 4G LTE di Kota Kasablanka, Central Park, Euphoria Lounge Menara Prima, XL Xplor Senayan City & Graha XL terhadap 28 Oktober 2014. Kecepatan internet XL 4G LTE diklaim bakal mencapai 100 Mbps. SIM Kartu XL husus 4G LTE dibagikan dengan cara gratis terhadap customer yg mau mengujicoba pelayanan tersebut. Percobaan ini dilakukan bersamaan bersama peluncuran logo & motto baru XL Axiata. Sesudah ujicoba, XL dapat melebarkan sayap 4G LTE di 5 kota agung di Indonesia.


Indosat 4G-LTE

Indosat jalankan ujicoba pada jaringan 4G LTE di daerah kurang lebih Monumen Nasional, Jakarta Pusat kepada 20 Nopember 2014 dgn memakai alat BTS di atas Gedung Indosat. Kecepatan internet Indosat Nomor Satu 4G-LTE diklaim akan mencapai 185 Mbps unduh & 41 Mbps unggah. SIM Kartu Indosat Nomor Satu 4G-LTE disediakan disekitar ruang Monumen Nasional. Ujicoba ini dilakukan bersamaan bersama Ulang th Indosat yg ke 47. Sesudah diujicoba, Indosat dapat melebarkan sayap 4G LTE di 23 kota yang lain.

Smartfren 4G LTE

Smartfren menargetkan th ini jumlah BTS bertambah dari 6.000 jadi 10.000. Buat jaringan, Smartfren mengajak vendor Nokia & ZTE. Pembagian pengerjaannya, sudut barat dapat digarap oleh Nokia, sementara sudut timur ZTE.Disaat ini, konsep aplikasi 4G Smartfren masihlah dalam step pemasangan infrastruktur. Diprediksikan paling serta-merta di semester ke-2 thn ini telah siap bermigrasi