Fungsi Sistem Operasi Komputer

Fungsi sistem operasi komputer - Setelah kita membahas pengertian dari sistem operasi selanjutnya kita akan membahas fungsi lengkap dari sistem operasi dan diteruskan dengan perangkat jaringan komputer, manfaat jaringan komputer dan jenis-jenis jaringan komputer. Sistem operasi memiliki dua fungsi utama yaitu mengelola seluruh sumber sumber daya yang terdapat dalam sistem komputer, baca pengertian sistem komputer , selain itu fungsi sistem komputer adalah sebagai penyedia sekumpulan layanan ke  pemakai sehingga pemakai lebih mudah dan lebih nyaman dalam menggunakan atau memanfaatkan sumber daya sistem komputer yang sering disebut dengan "system calls".

fungsi sistem operasi jaringan fungsi sistem operasi dalam manajemen tugas fungsi sistem operasi linux fungsi sistem operasi windows fungsi sistem operasi dalam manajemen file fungsi sistem operasi rangkaian fungsi sistem operasi pdf fungsi sistem operasi server fungsi sistem operasi multi user

Sumber daya sistem komputer adalah semua komponen yang ada disistem komputer yang dapat memberi manfaat, sumber daya ini terdiri dari sumber daya fisik sperti keyboard, reader dan mouse, dan sumber daya abstrak seperti data dan program. Seperti yang kita bahas dalam pengertian sistem komputer bahwa sistem komputer merupakan sekumpulan daya untuk memindahkan, menyimpan dan memproses data dan lain-lain. sistem operasi bertanggung jawab mengelola sumber daya agar pengguna pengguna sumber daya dapat menggunakannya secara benar dan efisien, adapun tugas sistem operasi diantaranya sebagai berikut :

a. Melakukan pengelolaan memori.
Memori merupakan tempat penyimpanan data sementara, data-data yang disimpan dalam memori digunakan oleh CPU dan perangkat input-output. Selain itu manfaat sistem operasi adalah bertangguna jawab untuk melakukan pengaturan memori. Pengaturan memori mencakup hal-hal berikut:
  • Menjaga ruang-ruang dalam memori yang sedang digunakan dan program apa yang menggunakannya.
  • Memilih data yang akan diambil dari hardisk dan disimpan sementara dalam memori.
  • Mengalokasikan dan mendealokasikan ruang memori sesuai kebutuhan.
b. Mengatur peyimpanan di Harddisk.
Fungsi sistem operasi komputer ialah mengatur data yang disimpan dalam memori utama bersifat sementara dan jumlahnya sangat kecil, data tersebut kemudian disimpan di harddisk sebagai tempat penyimpanan tetap. Harddisk mampu mentimpan data dalam jumlah yang banyak, dan sistem operasi bertanggung jawab mengatur penyimpanan data-data di harddisk tersebut. baca juga cara menghemat kapasitas hardisk.

c. Memanagement File
Fungsi sistem operasi adalah memanagement file, informasi-informasi yang terdapat dikomputer disimpan dalam bentuk file-file. sistem operasi bertanggung jawab untuk melakukan management file yang disimpan di komputer. Management file yang dilakukan oleh sistem operasi adalah sebagai berikut:
  • Pembuatan dan menghapus file.
  • Pembuatan dan menghapus folder.
  • Mendukung manipulasi file dan folder.
  • Memetakan file ke tempat penyimpanan tetap.
  • Memback-up file ke media penyimpanan tetap.
d. Meyediakan processor management yang bisa mengelola komputer untuk dapat dipakai oleh banyak pemakai.
e. Menyadiakan pengelolaan peralatan ( device management).
f. Meyediakan Informasi management.

Sementara itu yang dinamakan dengan pemakai komputer adalah siapa saja yang ingin di pekerjaannya diselesaikan oleh sistem komputer. baca juga cara melihat spesifikasi laptop
dan sekian dari kami, mengenai fungsi sistem operasi komputer semoga bermanfaat.