Kelebihan dan Kekurangan OS Linux

Sistem Operasi (OS) Linux dan Windows memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing,. Kemudahan dan kenyamanan menggunakan Sistem operasi ( fungsi sistem operasi komputer ) biasanya dipengaruhi kebiasaan menggunakannya. Orang yang terbiasa menggunakan Windows tentu akan menganggap menggunakanya lebih nyaman, begitu juga dengan pengguna linux akan merasa nyaman jika sering menggunakannya. Oleh karena itu pada postingan kali ini kita akan membahas kelebihan dan kekurangan linux.
kelebihan dan kekurangan linux ubuntu linux mint linux debian linux fedora linux redhat linux suse slackware  linux centos


Kelebihan Sistem Operasi Linux

Dalam hal OS Linux mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan, keunnggulan linux diataranya sebagai berikut.
a. Membutuhkan sumber daya Hardware yang lebih sedkit dibandingkan dengan menggunakan windows, Untuk menjalankan Linux komputer hanya cukup menggunakan processor setara intel pentium 100 ( Pentium Klasik) dengan memori 32 MB.dan untuk mengetahui spek komputer, silahkan anda baca cara melihat spesifikasi laptop

b. Tingkat keamanan lebih tinggi. Linux memiliki hak akses yang dapat diatur oleh administrator Linux tsb. Jadi data yang ada pada PC linux bisa dijaga dari tangan jahil yang ingin melihat data kita. Selain itu linux mengharuskan login terlebih dahulu jika ingin masuk ke dalam sistemnya. Berbeda dengan sistem operasi windows 9.x / Me yang membolehkan siapa saja masuk kedalam sistemnya.

c. Relatif tebal terhadap virus. Mungkin inilah yang disukai oleh para pengguna linux. Sistem berbasis Unix telah dikenal terhadap virus komputer. Kecuali saat ini telah ada virus yang mampu merusaknya. jika ada virus yang telah diprogram untuk merusak sistem windows hal ini tidak dapat dilakukan di linux sebab keduanya memiliki kernel yang berbeda.

d. Tampilan dekstop yang variatif. Jika anda menggunakan linux, anda dapat membuat dekstop menjadi lebih variatif yang sulit sekali dilakukan di windows. keuntungan lain kita dapa memodifikasi menu dan akses ke file untuk memudakan pekerjaanmu. Disamping itu pengguna awam yg ingin mengutak atik linux paling-paling hanya bisa bengong melihat dekstop rancangan kita, karena tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan tampilan dekstop seperti itu.

e. Harga murah. Anda bisa meng-copy linux dengan meminjam CD instalasi dari teman . jika dibandingkan dengan windows yang harganya $100 tentu ini kan pilihan terbaik adalah linux.

f. Stabil. Linux memliki kernel yang stabil, dia dapat berjalan 24 jam sehari 7 hari seminggun tanpa harus direstart. dan ini membuat linux menjadi unggul jika dibandingkan dengan windows.

g. Minimal Hardware. Linux tidak begitu membutuhkan hardware yang  besar kapasitasnya.

h. Shared Liblaries. Tidak merusak sistem lainya jika diinsatall dengan versi  yang lainnya dan sistem yang digunakan dapat berjalan seperti biasa.

i. Multitasking, yaitu memungkinkan mengakses program atau data secara bersamaan tanpa terjadi hang pada komputer.

j. Linux dilengkapi dengan proxy server local yang biasa digunakan oleh ISP dan juga kampus kampus diseluruh dunia.

Kelemahan OS Linux

Diatas adalah beberapa keunggulan dari OS Linux. Namun seperti yang telah kita singgung diatas bahwa linux juga mempunyai kekurangan atau kelemahan yang harus anda ketahui sebelum anda menggunakannya. Dan Kelemahan OS linux adalah sebagai berikut:

a. Sistem Operasi yang digunakan sangat berbeda sekali dengan windows , jadi anda harus belajar kembali untuk menggunkannyaa, dan perlu waktu untuk mengenal lebih dalam linux. Dan ini merupakan hal yang cukup mengganggu bagi para pengguna yang ingin beralih ke linux.
b. Penggunaan WYSYWYG ( What You See is What You Get  )  Belum secara menyeluruh dan sehingga diperlukan trk sendiri untuk cara menggunakannya.
c. Celah kelemahan Linux yang ditemukan adalah kelemahan pada driver Wifi yang dipakai untuk komputer dengan OS Linux, Melalui celah kelemahan ini penyerang dapat dapat mengendalikan komputer atau laptop bahkan saat ini tidak aktif dijaringan hotspot.
artikel terkait : manfaat jaringan komputer

Demikian kelebihan dan kekurangan linux, semoga bermanfaat. terimakasih