Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Friday, April 3, 2015

18 Manfaat Jaringan Komputer Bagi Perusahaan dan Secara Umum

Pintar Komputer - Sebagai mana yang telah kita ketahui bahwa jaringan komputer adalah sebuah jaringan yang berperan penting bagi keperluan pertukaran informasi dan data, tanpa jaringan komputer tidak akan mungkin kita bisa berbagi informasi dengan komputer yang lain, itu salah satunya.

Manfaat Jaringan Komputer Bagi Perusahaan dan Organisasi

Manfaat dari jaringan komputer pertama berasal dari perusahaan, organisasi, dan agensi. Tentu saja, jaringan komputer untuk suatu perusahaan akan memberi manfaat yang sangat besar bagi kelangsungan hidup perusahaan tersebut.

Dibawah ini adalah beberapa manfaat jaringan komputer bagi perusahaan, organisasi dan agensi:

1. Memudahkan berbagi file
Manfaat jaringan komputer untuk berbagai file
Berbagi file (avg.com)

Manfaat pertama dari jaringan komputer untuk perusahaan, agensi dan organisasi adalah dapat memudahkan pertukaran data atau file. Ya, kita tahu bahwa perusahaan atau organisasi tentu memiliki banyak dokumen atau file - file penting yang harus dilihat antara setiap divisi atau bagian.

Dengan adanya jaringan komputer tersebut, tentunya proses berbagi file dan dokumen menjadi lebih mudah dan juga menjadi lebih cepat.

Bayangkan apabila Anda harus naik dan turun tangga / lift terlebih dahulu untuk hanya menyerahkan file dan dokumen, maka itu akan sangat melelahkan dan membuang waktu.

Oleh karena itu, apabila memanfaatkan jaringan komputer, hanya dengan sekali klik, maka semua komputer yang terhubung ke jaringan dapat memperoleh akses ke file atau dokumen yang Anda kirim.

Baca juga: Pengertian Jaringan Komputer

2. Menjaga kerahasiaan data


Manfaat Jaringan Komputer

Jaringan komputer juga memiliki manfaat sebagai perlindungan dan juga keamanan data penting dari suatu organisasi atau perusahaan.

Dengan memanfaatkan jaringan komputer, terutama jaringan lokal atau jaringan LAN, maka hanya komputer yang terhubung ke jaringan saja yang dapat membuka dan mengakses data tersebut.

Dengan demikian, ini dapat menghindari perilaku yang tidak bertanggung jawab, seperti peretasan data yang dapat membahayakan organisasi atau perusahaan.

Selain itu juga, memberi atau berbagi file memanfaatkan jaringan komputer akan lebih aman, karena dapat memanfaatkan fitur email pribadi, di mana tidak ada orang lain yang akan tahu, yang tentu saja sangat aman.

3. Memfasilitasi komunikasi antar divisi
Komunikasi adalah salah satu elemen penting yang dapat menjaga stabilitas dan juga keharmonisan suatu perusahaan, organisasi dan juga lembaga agar tetap utuh dan tidak salah paham.

Dengan memanfaatkan jaringan komputer, maka komunikasi antar divisi dan juga antara personal dalam lingkup organisasi atau agensi akan menjadi lebih mudah.

Anda tidak harus pergi ke gedung lain untuk memberi memo atau catatan penting. Anda cukup duduk di depan layar monitor, lalu mengetik di komputer Anda, kemudian kirimkan ke alamat yang Anda tuju dengan memanfaatkan jaringan komputer, maka memo Anda pasti akan sampai ke tempat yang Anda tuju.

4. Mempercepat aliran informasi
Jaringan komputer juga sangat bermanfaat bagi perusahaan atau lembaga yang sedang tumbuh, atau ingin cepat mencapai puncak keemasan. Dengan memanfaatkan jaringan komputer, maka arus informasi dalam suatu perusahaan atau lembaga dan juga organisasi akan lebih cepat.

5. Memfasilitasi akses data ke server
Server adalah salah satu elemen penting dalam jaringan komputer. Dengan server, semua perusahaan atau biro data penting akan menjadi lebih mudah diakses.

Server menyaapabilan data utama dari suatu organisasi, jadi bagi siapa saja yang membutuhkan data penting itu, ia akan menjadi lebih mudah diakses.

Misalnya, seorang bendahara HRD ingin melihat data keluarga dari karyawannya, maka pada saat itu juga, bendahara akan dapat dengan mudah mengakses data yang ingin dicari oleh karyawan, karena komputer yang dimilikinya sudah terhubung dengan server perusahaan .

Baca juga: Pengertian Jaringan Client Server

6. Penghematan biaya
Manfaat Jaringan Komputer dalam kehidupan seharai hari
Antaranews.com

Semua fasilitas yang ditawarkan oleh sistem jaringan komputer memberikan manfaat yang tentu saja sangat baik untuk kelangsungan hidup perusahaan, yaitu penghematan biaya operasional.

Meskipun biaya membangun jaringan komputer dalam suatu organisasi, agensi dan perusahaan cenderung tinggi dan sangat mahal, tetapi ini akan sebanding dengan manfaat yang diberikan.

Dengan adanya jaringan komputer, biaya transportasi tentu akan dipangkas.

Misalnya, ketika seseorang harus mengambil data dari kantor cabang di luar pulau, maka perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya perjalanan ke luar pulau, dan data yang ingin di ambil dapat diperoleh dengan sekali klik.

7. Integrasi data
Sistem jaringan komputer juga menawarkan integrasi data yang akan membantu menyederhanakan pekerjaan karyawan.

Semua komputer yang sudah terhubung ke jaringan komputer dan juga komputer server akan memiliki fitur data terintegrasi.

Dengan demikian, dapat membantu menghemat biaya. Selain itu, dengan integrasi data, semua data yang ada dan tersimpan akan menjadi lebih update, dan tidak ada kesalahan dalam arti dari data yang ada.

Demikian beberapa manfaat jaringan komputer untuk perusahaan, organisasi dan agensi.

Dibawah ini adalah beberapa manfaat jaringan komputer untuk masyarakan umum dan juga pribadi.

Manfaat jaringan komputer untuk masyarakat umum dan juga pribadi

Selain memberikan manfaat yang sangat penting bagi industri dan juga organisasi, jaringan komputer tentunya juga memiliki banyak manfaat untuk pribadi dan juga masyarakat umum.

Dibawah ini adalah beberapa manfaat jaringan komputer untuk masyarakat umum maupun pengguna pribadi:

1. Email / Surat Elektronik
Manfaat Jaringan Komputer
marketingb2b.blog

Manfaat pertama dari jaringan komputer untuk komunitas yang lebih luas serta pengguna pribadi adalah email.

Kita tahu, email atau surat elektronik hari ini telah sepenuhnya menggantikan fungsi kartu pos dan juga surat memanfaatkan pos.

Dengan adanya email, hanya dengan satu klik dan dalam waktu kurang dari 1 detik, Anda dapat mengirim email ke siapa saja yang anda inginkan dan tentunya dengan memanfaatkan jaringan komputer.

Baca juga: Cara Mengirim File Lewat Email

2. Media sosial
Manfaat Jaringan Komputer Secara Umum
independent.co.uk

Siapa yang tidak kenal dengan media sosial? Ya, media sosial ata yang sering disingkat sebagai sosmed atau medsos adalah salah satu produk unggulan dari jaringan komputer saat ini.

Dengan media sosial tersebut, maka hampir semua informasi dapat diperoleh dengan mudah dan juga cepat.

Mulai dari berita terbaru, status pertemanan, kondisi seseorang, hingga lokasi seseorang dapat dilacak juga dengan memanfaatkan media sosial. Dan tentu saja media sosial adalah salah satu hal yang memiliki banyak manfaat bagi pengunanya.

3. Obrolan atau Chatting
Manfaat Jaringan Komputer Secara Umum
kompas.tekno.com

Obrolan hingga kini menjadi salah satu pilihan utama dalam berkomunikasi. hal ini karena biaya chatting yang cenderung jauh lebih murah daripada biaya SMS.

Dengan memanfaatkan aplikasi chatting Anda dapat mengobrol dengan siapa saja dengan mudah, dan tentunya tanpa biaya besar yang dibutuhkan. Cukup hubungkan komputer Anda dengan jaringan, maka Anda sudah bisa mengobrol dengan siapa pun.

4. Forum dan juga milis
Forum dan milis juga merupakan salah satu manfaat dari jaringan komputer berikutnya untuk komunitas yang lebih luas serta pengguna pribadi.

Dengan adanya forum dan mailing list ini, ada banyak orang yang dapat terhubung dengan forum dan orang-orang tertentu dan banyak informasi tentang minat mereka.

Misalnya, ada seseorang yang tertarik dengan komputer (seperti saya), jadi saya bisa masuk ke forum atau milis penggemar komputer, serta saya juga bisa berkenalan dengan orang lain yang memiliki ketertarikan dengan dunia komputer.

5. E-Commerce
Manfaat Jaringan Komputer Bagi Perusahaan
www.indiafilings.com

Selain media sosial, e-commerce kini juga sangat populer dan banyak digunakan oleh pengguna. E-commerce adalah proses transaksi jual beli yang dilakukan secara elektronik.

Ini sebagian besar dilakukan oleh toko online yang banyak tersebar saat ini. Anda dapat membeli banyak barang dengan mudah, hanya dengan satu klik, bahkan Anda dapat membayar tagihan dan juga biaya memanfaatkan e-commerce ini. Sangat praktis dan juga mudah bukan?

Selain itu, e-commerce bermanfaat untuk memesan makanan, minuman, transportasi, reservasi hotel, dan banyak lagi.

Contohnya, jika anda ingin membeli tiket, anda tinggal mengunjungi situs penyedia tiket. Atau anda ingin membooking hotel, anda tinggal mengunjungi situs penyedia travel.

Fitur-fitur e-commerce ini tentunya akan sangat memberikan kenyamanan bagi penggunanya untuk membeli sesuatu.

6. Untuk bermain game
Jaringan komputer juga masih sangat populer untuk bermain game terutama anak muda.

Game offline atau game online, antaranya membutuhkan koneksi jaringan komputer untuk bermain.

Biasanya, ini muncul di game yang memiliki fitur multiplater. Anda bisa mngkoneksikan baik ke jaringan LAN, atau jaringan internet untuk bisa memainkan game.

Contohnya bermain game PES2018, anda tinggal download aplikasinya, lalu pasang atau instal di smartphone anda. Selanjutnya mainkan game tersebut secara online dengan teman-teman anda.

7. Mencari informasi khusus
Bagi Anda yang masih pelajar, atau seseorang yang memiliki keingintahuan tinggi, maka jaringan komputer sangat berguna bagi Anda.

Anda dapat mencari informasi spesifik memanfaatkan jaringan komputer. Anda dapat memanfaatkan internet untuk mencari informasi,

Silahkan ambil smartphone anda, nyalakan data, dan buka aplikasi mesin pencari seperti google, ketik apa saja yang ingin anda cari. maka google akan memberikan anda informasi dari berbagai situs atau blog.

8. Perbarui berita dan perkembangan terbaru di seluruh dunia
Manfaat lain dari jaringan komputer adalah tentang pembaruan (update) informasi dan berita.

Ya, sekarang kita bisa dengan mudah memperoleh informasi dan juga berita terbaru, cukup dengan memanfaatkan teknologi internet.

Anda dapat membuka portal berita seperti detik.com atau portal berita lainnya, yang menyediakan berita yang akurat, segar, dan dapat diandalkan, sehingga mereka dapat membantu Anda mendapatkan wawasan.

9. Panggilan video dan konferensi video
Saat ini panggilan telepon memanfaatkan fitur video juga menjadi salah satu kemudahan yang ditawarkan kepada publik.

Dengan satu sama lain terhubung ke jaringan, baik internet dan jaringan lokal, begitu banyak orang dapat terhubung dan juga berkomunikasi memanfaatkan panggilan video dan konferensi video.

10. Telepon Internet
Awalnya telepon hanya dapat dilakukan oleh jaringan telekomunikasi, dan belum dapat digunakan oleh jaringan komputer. Namun, berkat perkembangan zaman, saat ini jaringan komputer sudah bisa dimanfaatkan untuk melakukan panggilan.

Ini terjadi di jaringan internet, di mana Anda dapat melakukan panggilan memanfaatkan fitur telepon internet, jadi Anda tidak perlu menghabiskan banyak kredit untuk melakukan panggilan ke luar kota dan juga ke luar negeri.

11. Menambah kapasitas penyimpanan
Manfaat yang saya suka dari jaringan komputer adalah dapat menambah kapasitas penyimpanan secara online.

Anda dapat mengakses file dan multimedia, seperti gambar dan musik, yang Anda simpan dari jarak jauh di komputer lain atau perangkat penyimpanan yang tersambung ke jaringan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 18 Manfaat Jaringan Komputer Bagi Perusahaan dan Secara Umum

1 komentar:

Post a Comment