Pengertian dan Sejarah Internet di Indonesia dan Dunia

Pengertian dan Sejarah Internet - Internet merupakan singkatan dari Internconnected Network atau jaringan yang saling terkoneksi, internet menghubungkan komputer-komputer yang ada diseluruh belahan dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar. karena terhubung dalam sebuah jaringan komputer yang sangat besar maka dua buah komputer yang terhubung dalam jaringan dapat saling berkomunikasi dan pertukaran data dan informasi.

sejarah internet di indonesia dunia dan perkembangannya sejarah internet secara singkat, jelas dan lengkap

Sejarah Perkembangan Internet Dunia

Pada awalnya , Internet disebut ARPANET dan hanya merupakan jaringan komputer yang sangat kecil sama halnya dengan jaringan LAN, baca juga perbedaan jaringan LAN, MAN dan WAN, yang hanya menghubungkan beberapa komputer dari Universitas of California at Los Angeles ( UCLA ), Stanford Reaseach Institute, Universitas of California at Santa Barbara dan Universitas of Utah di Amerika. baca cara mempercepat koneksi internet
Sejak itulah internet mulai dipergunakan di universitas-universitas yang ada di Amerika, Pada tahun 1986 internet mulai digunakan secara terbuka oleh umum, sejak saat itu internet mulai berkembang dengan sangat cepat kesuluruh dunia , bila dibandingkan dengan alat-alat komunikasi lainnya, internet merupakan alat komunikasi yang cepat berkembang. baca juga cara mempercepat koneksi internet.
Pada tahun 1989 jumlah jaringan ang terhubung ke internet berkembang dengan pesat, dibulan januari jumlah jaringan yang tergabung ke internet sebanyak 80.000 dan bertambah lagi pada bulan juli menjadi 130.000 dan melebihi 160.000 dibulan November, beberapa negara seperti Jerman, Australia, Israel, Italia, Jepang Meksiko, Belanda bergabung dengan internet.
Pada tahun 1995 di perkirakan 25juta orang telah menjadi pengguna internet, Data dari lembaga penelitian IDC menyebutkan bahwa pada tahun 1999 pengguna internet diperkirakan telah mencapai 196 juta orang dan menjadi 502 juta orang pada tahun 2003. Menurut Internet Word Statistics http://www.internetworldstats.com/stats.htm, saat ini pengguna internet mencapai 1.076.203.987 orang tersebar diseluruh dunia, jika penduduk dunia 6.499.679.060 orang, berarti ini menunjukan bahwa 16,56% penduduk dunia telah terhubung ke internet.

sejarah internet di indonesia dunia


Perkembangan Internet di Indonesia

Perkembangan Internet di Indonesia juga tidak kalah cepat, pada tahun 1995 pengguna di Indonesia mencapai 10.000 orang, jumlah ini meningkat 10 kali lipat pada tahun 1997, dan pada tahun 2000 jumlah pengguna internet di Indonesia sebesar 2.000.000 orang menurut survey eTforcasts, dan menurut data yang dikeluarkan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia http://www.apjii.or.id pada tahun 2001 pengguna internet di indonesia mencapai 2,4 juta orang.
Pada tahun 2004 jumlah pengguna internet di indonesia telah mencapai 4,2 juta orang dan sekarang di tahun 2015 pengguna internet di Indoensia mencapai 139 juta orang.

sejarah internet secara singkat, jelas dan lengkap

Di dunia, Indonesia merupakan 15 terbesar pengguna internet, dan di asia sendiri indonesia merupakan negara terbesar ke-5 dengan jumlah tersebar pengguna internet dibawah Cina dan Jepang.
Mungkin sekian dari saya mengenai pengertian dan sejarah perkembangan internet di dunia dan indonesia. semoga bermanfaat. baca juga cara daftar wifi.id telkomsel gratis