Pengertian Internet dan Intranet Secara Lengkap

Pengertian Internet dan Intranet Secara Lengkap - Setelah kemarin kita membahas sejarah perkembangan internet didunia maka sekarang kita akan membahas Pengertian Internet dan Intranet. Untuk pelajar khususnya yang mengambil jurusan Informatika mungkin tidak asing lagi jika mendengar kata internet dan intranet. Namun bagi anda yang belum tahu, yuk kita baca pengertian dari masing masing kata tersebut.

pengertian internet dan intranet serta perbedaannya, pengertian internet dan intranet menurut para ahli, pengertian internet dan intranet wikipedia, pengertian internet dan intranet kelas 9, pengertian internet dan intranet powerpoint, pengertian internet dan intranet secara umum pengertian internet dan intranet serta perbedaan pengertian internet dan intranet sebagai media informasi, pengertian internet dan intranet secara luas

1. Internet
Pengertian Internet adalah jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh dunia. Jaringan ini meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan memanfaatkan jaringan telepon ( baik kabel maupun gelombang elektromagnetik). Jaringan jutaan komputer ini memungkinkan berbagai aplikasi dilaksanakan antar komputer dalam jaringan internet dengan dukungan software dan hardware yang dibutuhkan.

Untuk bergabung dalam jaringan ini, satu pihak (dalam hal ini provider) harus memiliki program aplikasi serta bank data yang menyediakan informasi dan data yang dapat di akses oleh pihak lain yang tergabung dalam internet. Pihak yang telah tergabung dalam jaringan ini akan memiliki alamat tersendiri ( bagaikan nomor telepon ) yang dapat dihubungi melalui jaringan internet.

Baca juga : Pengertian Internet dan Fungsinya

Provider inilah yang menjadi server bagi pihak-pihak yang memiliki personal komputer (PC) untuk menjadi pelanggan ataupun untuk mengakses internet. Sejalan dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi internet juga semakin maju. ‘Internet’ adalah jaringan komputer yang dapat menghubungkan suatu komputer atau jaringan komputer dengan jaringan komputer lain, sehingga dapat berkomunikasi atau berbagi data tanpa melihat jenis komputer itu sendiri.

Simpulnya : Pengertian internet adalah jaringan komputer yang sangat besar yang mencakup seluruh dunia. Orang yang terhubung ke internet berarti terhubung ke semua komputer didunia yang juga terhubung ke internet.
Internet merupakan kumpulan dari LAN, MAN, dan WAN yang ada diseluruh dunia. Untuk menghubungkan jaringan-jaringan tersebut kedalam sebuah jaringan internet yang sangat besar, dibangun jaringan kabel fiber optik yang menghubungkan satu benua dengan benua yang lain.

2.Intranet
Pengertian Intranet adalah jaringan komputer pribadi yang menggunakan teknologi sama dengan internet, namun ada sedikit perbedaan antara internet dan intranet, perbedaannya adalah jaringan internet merupakan jaringan pribadi, mlik organisasi tertentu yang hanya dapat diakses oleh organisasi tersebut.
Baca juga : Sejarah Internet Di Dunia

Jaringan Intranet umumnya dibangun oleh organisasi-organisasi tertentu untuk menghubungkan kantor-kantor yang letaknya berjauhan. Dan intranet juga sering digunakan untuk menghubungkan satu organisasi dengan organisasi yang lain yang bekerja sama dan membutuhkan pertukaran data.

Mugkin itu saja dari saya mengenai pengertian internet dan intranet serta perbedaannya. terimasih sudah menyimak.