Pengertian Sistem Operasi Komputer dan Contohnya

Pengertian Sistem Operasi Komputer dan Contohnya - Sistem operasi komputer adalah salah satu komponen perangkat lunak komputer. Sistem operasi komputer merupakan perangkat lunak yang berada pada lapisan pertama yang disimpan pada perangkat penyimpan seperti hard disk pada komputer. Sistem operasi komputer merupakan penghubung atau jembatan antara pengguna komputer (brainware) dengan perangkat keras komputer (hardware).

Sistem operasi komputer akan melakukan layanan inti umum untuk perangkat lunak aplikasi. Seperti perangkat lunak pengolah angka, perangkat lunak pengolah kata dan perangkat lunak presentasi.

Sistem operasi pada komputer akan mengelola semua aktifitas yang berhubungan dengan pengaksesan perangkat keras (hardware), pengelolaan proses seperti penjadwalan proses, dan pengelolaan aplikasi.

Sistem operasi komputer mempunyai peranan yang sangat penting. Secanggih apapun perangkat keras komputer jika tidak didukung dengan sistem operasi maka sistem komputer tersebut tidak akan ada gunanya.
 
Supaya anda lebih mengerti tentang fungsi-fungsi dari sistem operasi komputer, saya sudah menulis nya secara rinci pada artikel yang berjudul "Fungsi Sistem Operasi Komputer".  Silahkan baca.
 
Pengertian Sistem Operasi Komputer dan Contohnya
Sistem Operasi


Contoh Sistem Operasi Komputer

Contoh Sistem operasi komputer yang digunakan untuk sistem komputer umum termasuk komputer personal (PC) terbagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu:

1. Keluarga Microsoft Windows
a. Windows Desktop Environment berbasis MS-DOS (versi 1.x sampai versi 3.x)
b. Windows Windows 95, 98, dan Windows ME berbasis GUI
c. Windows NT seperti Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Server 2008 dan 2008 R2, Windows Home Server, Windows Vista yang diliris pada November 2008, Windows 7 yang diliris pada 22 Juli 2009, Windows 8 yang dirilis pada 26 Oktober 2012 dan Windows 10 yang diliris pada 29 Juni 2015.
d. Keluarga Windows CE seperti windows  CE 1.0-CE 6.0 dan Windows Mobile.
 
Untuk memahami lebih detail mengenai berbagai jenis sistem operasi pada komputer, silahkan baca artikel yang berjudul "Jenis Jenis Sistem Operasi"

2. Keluarga Unix
Unix merupakan sistem operasi komputer yang menggunakan interface sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, debian, red hat, SUSE, Ubuntu, Zeath OS (berbasis kernel linux sudah dimodifikasi.)

MacOS/X (berbasis  kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/ Hurd. Sistem  operasi keluarga unix lainnya seperti AIX, Amiga OS, DragonFly BSD, Free BSD, GNU, HP-UX, IRIX,Linux, LynxOS, MINIX, NetBSD, OpenBSD, OS X, Plan 9, QNX, Research UNIX, SCO OpenServer, Solaris, UNIX System V, Tru64 UNIX, UnixWare,

3. Keluarga Mac OS
Sistem operasi komputer ini dikeluarkan oleh perusahaan komputer Apple yang dikenal juga dengan Mac atau Macintosh. Sistem operasi komputer ini antara lain seperti Public Beta (Kodiak), Mac OS X 10.0 (Cheetah), Mac  OS X 10.1 (Puma), Mac OS X 10.2 (Jaguar), Mac OS X 10.3 (Panther), Mac OS X 10.4 (Tiger), Mac OS X 10.5 (Leopard), Mac OS X 10.6 (Snow Leopard), Mac OS X 10.7 (Lion), Mac OS X 10.8 (Mountain Lion).

Berbasis Server : OpenStep, Raphsody, Mac OS X Server 1.0, berbasis Mobile: iOS. Awal tahun 2007 dikeluarkan versi 10.5 (Leopard). Tahun 2011 diluncurkan versi 10.7 (lion). Sistem operasi tersebut menggunakan antar muka TEXT (DOS, POSIX, LINUX), dan GUI (Graphical User Interface) seperti MS Windows dan LINUX (berbasis TEXT dan berbasis GUI).
 
Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf

Bagikan melalui Facebook / Twitter / Google Plus untuk melihat Link Download


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Pintar Komputer
Pintar Komputer Updated at: 00.20

Related : Pengertian Sistem Operasi Komputer dan Contohnya

4 komentar:

  1. Minta rekomendasi mas, saya ingin sekali belajar menginstal sistem operasi, tapi menurut mas sistem operasi apakah yang terbaik?

    BalasHapus
  2. Menurut saya sistem operasi terbaik adalah windows . titik

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. wih artikel ini bermanfaat banget buat saya khususnya.. bagus dan menarik juga sehingga tidak monoton untuk para pembaca, untuk lebih mengetahui lebih luas lagi silahkan kunjungi http://vm.lepkom.gunadarma.ac.id/

    BalasHapus