Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Rabu, 01 April 2015

Pengertian Sistem Operasi Komputer, Fungsi Jenis dan Contohnya

Pengertian Sistem Operasi Komputer, Fungsi Jenis dan Contohnya - Sistem operasi adalah sebuah program yang dirancang untuk menjalankan program lain pada komputer. Sistem operasi komputer adalah program yang paling penting karena sistem operasi dianggap sebagai tulang punggung dari komputer, mengelola sumber daya perangkat lunak dan perangkat keras komputer.

Fungsi Sistem Operasi 

Pengertian Sistem Operasi Komputer, Fungsi Jenis dan Contohnya
Sistem Operasi

 

Sistem operasi bertanggung jawab atas segala sesuatu dari kontrol dan alokasi memori untuk mengenali input dari perangkat eksternal dan menampilkan transmisi output ke komputer.

Selain itu sistem operasi juga mengelola file pada hard drive komputer dan peripheral control, seperti printer dan scanner.

Sistem operasi komputer akan melakukan layanan inti umum untuk perangkat lunak aplikasi. Seperti perangkat lunak pengolah angka, perangkat lunak pengolah kata dan perangkat lunak presentasi.

Sistem operasi komputer mempunyai peranan yang sangat penting. Secanggih apapun perangkat keras komputer jika tidak didukung dengan sistem operasi maka sistem komputer tersebut tidak akan ada gunanya.

Sistem operasi komputer memiliki pekerjaan penting yang lebih harus dilakukan. yaitu memantau program agara semuanya berjalan lancar, tanpa gangguan, meskipun fakta bahwa berbagai perangkat dan program yang digunakan secara bersamaan.

Sistem operasi juga memiliki peran penting untuk keamanan.

Tugasnya termasuk mencegah pengguna yang dia anggap illegal untuk mengakses sistem komputer.

Pengertian Sistem Operasi Komputer, Fungsi Jenis dan Contohnya

Masih banyak fungsi sistem operasi yang tidak bisa saya paparkan pada artikel ini, namun saya sudah membahas scara khusus tentang fungsi sistem operasi yang bisa Anda baca pada artikel yang berjudul “Fungsi Sistem Operasi

Jenis sistem operasi

Banyak sekali jenis sistem operasi yang bisa Anda jumpai dan pelajari. Seperti sistem operasi multiuser, multiprocessing, multitasking, multithreading, dan sistem operasi real-time.

Sistem operasi multiuser memungkinkan beberapa pengguna untuk menjalankan program secara bersamaan. Jenis sistem operasi ini dapat digunakan untuk hanya beberapa orang.

Bahkan, ada beberapa sistem operasi yang digunakan untuk memungkinkan ribuan orang untuk menjalankan program pada waktu yang sama.
Sistem operasi multiprocessing yang memungkinkan program untuk menjalankan di lebih dari satu unit pemroses Sentral (CPU) pada satu waktu.

Ini dapat sangat berguna dalam beberapa pekerjaan lingkungan,seperti di sekolah, dan bahkan bagi beberapa situasi rumah-komputasi.

Sistem operasi multitasking bekerja sedikit berbeda; sistem operasi jenis ini dapat menjalankan lebih dari satu program pada satu waktu.

Sistem operasi Multithreading adalah sistem operasi yang memungkinkan bagian-bagian yang bervariasi dari satu program untuk digunakan secara bersamaan.

Sistem operasi real-time dirancang untuk komputer agar memproses dan menanggapi masukan langsung. Biasanya, sistem operasi ini bersifat umum seperti sistem operasi disk (DOS).

Sistem operasi Real-Time biasanya digunakan ketika komputer harus bereaksi terhadap input konsisten informasi tanpa penundaan. Sebagai contoh, real-time sistem operasi dapat digunakan dalam navigasi.

Contoh Sistem operasi komputer yang digunakan untuk sistem komputer umum termasuk komputer personal (PC) terbagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu:

1. Keluarga Microsoft Windows

a. Windows Desktop Environment berbasis MS-DOS (versi 1.x sampai versi 3.x)

b. Windows Windows 95, 98, dan Windows ME berbasis GUI

c. Windows NT seperti Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Server 2008 dan 2008 R2, Windows Home Server, Windows Vista yang diliris pada November 2008, Windows 7 yang diliris pada 22 Juli 2009, Windows 8 yang dirilis pada 26 Oktober 2012 dan Windows 10 yang diliris pada 29 Juni 2015.

d. Keluarga Windows CE seperti windows  CE 1.0-CE 6.0 dan Windows Mobile.

Untuk memahami lebih detail tentang sistem operasi windows, silahkan baca artikel yang berjudul "Sejarah perkembangan sistem operasi windows"

2. Keluarga Unix
Unix merupakan sistem operasi komputer yang menggunakan interface sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, debian, red hat, SUSE, Ubuntu, Zeath OS (berbasis kernel linux sudah dimodifikasi.)

MacOS/X (berbasis  kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/ Hurd. Sistem  operasi keluarga unix lainnya seperti AIX, Amiga OS, DragonFly BSD, Free BSD, GNU, HP-UX, IRIX,Linux, LynxOS, MINIX, NetBSD, OpenBSD, OS X, Plan 9, QNX, Research UNIX, SCO OpenServer, Solaris, UNIX System V, Tru64 UNIX, UnixWare,

3. Keluarga Mac OS
Sistem operasi komputer ini dikeluarkan oleh perusahaan komputer Apple yang dikenal juga dengan Mac atau Macintosh. Sistem operasi komputer ini antara lain seperti Public Beta (Kodiak), Mac OS X 10.0 (Cheetah), Mac  OS X 10.1 (Puma), Mac OS X 10.2 (Jaguar), Mac OS X 10.3 (Panther), Mac OS X 10.4 (Tiger), Mac OS X 10.5 (Leopard), Mac OS X 10.6 (Snow Leopard), Mac OS X 10.7 (Lion), Mac OS X 10.8 (Mountain Lion).

Berbasis Server : OpenStep, Raphsody, Mac OS X Server 1.0, berbasis Mobile: iOS. Awal tahun 2007 dikeluarkan versi 10.5 (Leopard). Tahun 2011 diluncurkan versi 10.7 (lion). Sistem operasi tersebut menggunakan antar muka TEXT (DOS, POSIX, LINUX), dan GUI (Graphical User Interface) seperti MS Windows dan LINUX (berbasis TEXT dan berbasis GUI).

Nah itulah artikel tentang Pengertian Sistem Operasi Komputer, Fungsi Jenis dan Contohnya yang bisa saya rangkum pada kesempatan ini. Terimakasih
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Sistem Operasi Komputer, Fungsi Jenis dan Contohnya

3 komentar:

  1. Minta rekomendasi mas, saya ingin sekali belajar menginstal sistem operasi, tapi menurut mas sistem operasi apakah yang terbaik?

    BalasHapus
  2. Menurut saya sistem operasi terbaik adalah windows . titik

    BalasHapus
  3. wih artikel ini bermanfaat banget buat saya khususnya.. bagus dan menarik juga sehingga tidak monoton untuk para pembaca, untuk lebih mengetahui lebih luas lagi silahkan kunjungi http://vm.lepkom.gunadarma.ac.id/

    BalasHapus