Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Monday, April 6, 2015

Perangkat Jaringan Komputer beserta Gambarnya

Perangkat Jaringan Komputer beserta Gambarnya - Jaringan komputer adalah dimana satu komputer terhubung dengan komputer-komputer yang lain, memiliki beberapa perangkat keras yang dihubungkan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain dan membuat komputer-komputer tersebut dapat saling berkomunikasi.

Setelah kita membahas pengertian jaringan komputer, manfaat jaringan komputer dan jenis-jenis jaringan komputer, sekarang kita menginjak kepada postingan ke empat dari bab jaringan komputer. Dan berikut adalah perangkat jaringan komputer yang diperlukan.

Baca juga:
Pengertian Jaringan Komputer
Jenis Jenis Jaringan Komputer
Pengertian Topologi Jaringan Komputer
Manfaat Jaringan Komputer
Macam Macam Jaringan Komputer
Protokol Jaringan Komputer


Perangkat Jaringan Komputer beserta Gambarnya



1. Komputer Server
Komputer server umumnya mempunyai sistem operasi, aplikasi dan database yang menyediakan layanan kepada komputer-komputer lain dalam jaringan. Database yang terdapat dalam komputer server biasanya berisi data yang digunakan bersama-sama oleh komputer klien.

Pada jaringan yang besar di mana data yang harus ditangani oleh server cukup besar, server untuk database dibuat terpisah untuk server jaringan. Jika jaringan dihubungkan ke internet, maka komputer server  berfungsi sebagai gateway atau gerbang komputer klien untuk mengakses internet.

komputer server
Perangkat Jaringan Komputer beserta Gambarnya


2. Komputer Klien
Komputer klien adalah komputer yang berada didalam sebuah jaringan komputer yang digunakan oleh pengguna untuk mengakses data dan informasi.

Komputer klien menerima layanan koneksi ke internet, layanan data dan informasi, maupun layanan koneksi dan komunikasi dengan komputer yang lain yang ada dalam jaringan.

Adapun jumlah komputer klien yang terdapat dalam sebuah jaringan bisa mencapai puluhan bahkan ratusan komputer.

3.  Kartu Jaringan
Kartu jaringan atau LAN Card adalah perangkat keras jaringan yang dipasangkan di Motherboard komputer yang terdapat di jaringan baik server maupun klien.

Pada saat ini beberapa motheboard sudah dilengkapi dengan LAN Card sehingga kita tidak perlu lagi membeli secara terpisah. Kartu jaringan memungkinkan komputer-komputer dapat berkomunikasi dan mempertukarkan data.


Baca lebih lengkap: Pengertian LAN Card dan Fungsinya

4. Hub
Hub berfungsi untuk membagi sinyal data dari LAN Card. Hub juga berfungsi untuk penguat sinyal. Hub memungkinkan sebuah kabel dari komputer server dihubungkan ke beberapa komputer klien.

Baca lebih lengkap: Pengertian HUB dan Fungsinya

5. Kabel dan Konektor
Kabel dan Konektor dalam sebuah jaringan LAN berfungsi untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain atau satu komputer dengan perangkat jaringan yang lain. Ada beberapa jenis kabel yang digunakan di dalam jaringan.

a. Kabel Coaxial
b. Kabel UTP
c. Kabel STP
d. Kabel Fiber Optik

6. Repeater
Jarak dua komputer dijaringan yang dihubungkan menggunakan kabel UTP dibatasi sampai 100 meter. Lebih dari jarak tersebut sinyal yang dikiriman akan lemah sehingga komunikasi akan terganggu. Oleh karena itu, jika kita menginginkan menempatkan komputer didalam jaringan dengan jarak yang lebih jauh maka harus menggunakan Repeater.

Baca lebih lengkap: Pengertian Repeater dan Fungsinya

Perangkat Jaringan komputer


7. Bridge 
Bridge adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan sebuah jaringan LAN dengan jaringan yang lain. dengan menggunakan bridge sebuah jaringan yang besar yang merupakan gabungan dari beberapa jaringan dapat diperoleh.

8. Router
Router berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Dengan adanya raouter, arus data yang lain akan diisolasi dari arus LAN yang lain. dengan demikian arus data yang LAN tidak dengan arus LAN yang lain.

Baca lebih lengkap: Pengertian Router dan Fungsinya

9. Firewall
Firewall adalah perangkat yang dipasang didalam jaringan komputer sebagai perangkat keamanan. Firewall berfungsi untuk melindungi jaringan dari serangan pihak luar. Firewall berfungsi untuk meyeleksi paket data data yang masuk ke dan keluar dari jaringan yang dilindunginya.

Terimaksih sudah menyimak dan berkunjung ke blog saya ini, jika anda ingin membaca atau download dalam format pdf. silahkan kunjungi link di bawah ini

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perangkat Jaringan Komputer beserta Gambarnya

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment