Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

15 Perangkat Jaringan Komputer beserta Gambarnya

Artikel terkait : 15 Perangkat Jaringan Komputer beserta Gambarnya

15 Perangkat Jaringan Komputer beserta Gambarnya - Jaringan komputer adalah dimana satu komputer terhubung dengan komputer-komputer yang lain, memiliki beberapa perangkat keras yang dihubungkan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain dan membuat komputer-komputer tersebut dapat saling berkomunikasi.

Setelah kita membahas pengertian jaringan komputer, manfaat jaringan komputer dan jenis-jenis jaringan komputer, sekarang kita menginjak kepada postingan ke empat dari bab jaringan komputer. Dan berikut adalah perangkat jaringan komputer yang diperlukan.

Untuk dapat terhubung ke jaringan komputer, anda harus memiliki perangkat jaringan komputer.

Pengertian perangkat jaringan komputer
Perangkat keras jaringan , juga dikenal sebagai peralatan jaringan komputer atau perangkat keras jaringan komputer adalah perangkat fisik yang diperlukan untuk komunikasi dan interaksi antar perangkat pada jaringan komputer. Secara khusus, perangkat perangkat ini memediasi data dalam jaringan komputer.

Perangkat jaringan komputer ada beberapa macam. Perangkat jaringan komputer termasuk  gateways, routers, network bridges, modems, wireless access points, networking cables, line drivers, switches, hubs, and repeaters;

Juga termasuk perangkat jaringan hibrida seperti multilayer switches, protocol converters, bridge routers, proxy servers, firewalls, network address translators, multiplexers, network interface controllers, wireless network interface controllers, ISDN terminal adapters.

Berikut adalah pengertian dari macam macam perangkat keras jaringan komputer.

Perangkat Jaringan Komputer beserta Gambarnya


1. Komputer Server
15 Perangkat Jaringan Komputer beserta Gambarnya
Gambar dari: Google.com

Komputer server umumnya mempunyai sistem operasi, aplikasi dan database yang menyediakan layanan kepada komputer-komputer lain dalam jaringan. Database yang terdapat dalam komputer server biasanya berisi data yang digunakan bersama-sama oleh komputer klien.

Pada jaringan yang besar, di mana data yang harus ditangani oleh server cukup besar, server untuk database dibuat terpisah untuk server jaringan. Jika jaringan dihubungkan ke internet, maka komputer server  berfungsi sebagai gateway atau gerbang komputer klien untuk mengakses internet.

2. Komputer Klien
15 Perangkat Jaringan Komputer beserta Gambarnya
Gambar dari: Google.com

Komputer klien adalah komputer yang berada didalam sebuah jaringan komputer yang digunakan oleh pengguna untuk mengakses data dan informasi.

Komputer klien menerima layanan koneksi ke internet, layanan data dan informasi, maupun layanan koneksi dan komunikasi dengan komputer yang lain yang ada dalam jaringan.

Adapun jumlah komputer klien yang terdapat dalam sebuah jaringan bisa mencapai puluhan bahkan ratusan komputer.

3.  Kartu Jaringan
Perangkat Keras Jaringan Komputer beserta Gambarnya
gambar dari google.com

Kartu jaringan atau LAN Card adalah perangkat keras jaringan yang dipasangkan di Motherboard komputer yang terdapat di jaringan baik server maupun klien.

Pada saat ini beberapa motheboard sudah dilengkapi dengan LAN Card sehingga kita tidak perlu lagi membeli secara terpisah. Kartu jaringan memungkinkan komputer-komputer dapat berkomunikasi dan mempertukarkan data.

Baca lebih lengkap: Pengertian LAN Card dan Fungsinya

4. Hub
Macam macam Perangkat Jaringan Komputer
Gambar dari google.com

Hub berfungsi untuk membagi sinyal data dari LAN Card. Hub juga berfungsi untuk penguat sinyal. Hub memungkinkan sebuah kabel dari komputer server dihubungkan ke beberapa komputer klien.

Baca lebih lengkap: Pengertian HUB dan Fungsinya

5. Kabel dan Konektor
Pengertian Perangkat Jaringan Komputer
Gambar dari google.com

Kabel dan Konektor dalam sebuah jaringan LAN berfungsi untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain atau satu komputer dengan perangkat jaringan yang lain. Ada beberapa jenis kabel yang digunakan di dalam jaringan.

a. Kabel Coaxial
b. Kabel UTP
c. Kabel STP
d. Kabel Fiber Optik

6. Repeater
15 Perangkat Jaringan Komputer beserta Gambarnya
Gambar dari google.com

Perangkat jaringan komputer yang ke enam adalah repeater, Jarak dua komputer dijaringan yang dihubungkan menggunakan kabel UTP dibatasi sampai 100 meter. Lebih dari jarak tersebut sinyal yang dikiriman akan lemah sehingga komunikasi akan terganggu.

Oleh karena itu, jika kita menginginkan menempatkan komputer didalam jaringan dengan jarak yang lebih jauh maka harus menggunakan Repeater.

Baca lebih lengkap: Pengertian Repeater dan Fungsinya

7. Bridge 
Macam macam Perangkat Jaringan Komputer
Gambar dari google.com


Bridge adalah perangkat jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan sebuah jaringan LAN dengan jaringan yang lain. Dengan menggunakan bridge sebuah jaringan yang besar yang merupakan gabungan dari beberapa jaringan dapat diperoleh.

8. Router
Perangkat Jaringan Komputer
Gambar dari google.com

Router adalah perangkat keras jaringan komputer berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Dengan adanya router, arus data yang lain akan diisolasi dari arus LAN yang lain. dengan demikian arus data yang LAN tidak dengan arus LAN yang lain.

Baca lebih lengkap: Pengertian Router dan Fungsinya

9. Firewall
Firewall adalah perangkat yang dipasang didalam jaringan komputer sebagai perangkat keamanan. Firewall berfungsi untuk melindungi jaringan dari serangan pihak luar. Firewall berfungsi untuk meyeleksi paket data data yang masuk ke dan keluar dari jaringan yang dilindunginya.

10. Modem
Modulator demodulator atau sering disingkat dengan modem adalah perangkat jaringan yang memiliki fungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya.

Data yang diberikan ke komputer ke modem umumnya berbentuk sinyal digital. Oleh karena itu, ketika modem mendapatkan data dalam bentuk sinyal analog, modem harus terlebih dahulu mengubahnya menjadi sinyal digital untuk diproses lebih lanjut oleh komputer.

11. Access Point
Macam macam Perangkat keras Jaringan Komputer beserta Gambarnya
Gambar dari google

Access Point ini terdiri dari antena dan transceiver yang digunakan untuk mengirim dan menerima sinyal dari klien atau sebaliknya. Dengan AP ini, kita dapat terhubung dengan jaringan LAN secara nirkabel.

Dengan kata lain, Access Point ini berfungsi untuk menghubungkan dua jenis jaringan yang berbeda, yaitu antara jaringan nirkabel dan jaringan LAN.

Dengan adanya macam macam perangkat jaringan komputer yang disebutkan di atas, dua komputer atau lebih dapat dihubungkan dan bertukar data. Juga memeriksa berbagai topologi jaringan, sehingga Anda tahu beberapa struktur atau konsep sebelum Anda membangun jaringan.

12. Kabel Jaringan
Kabel jaringan adalah media transmisi berbentuk kabel yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih komputer untuk bertukar data.

Ada beberapa jenis kabel yang umum digunakan, seperti kabel utp, stp, coxial dan fiber optic. Biasanya, jenis kabel yang digunakan tergantung pada jenis topologi jaringan yang digunakan.

13. Konektor
Konektor adalah perangkat yang dipasang pada setiap ujung kabel jaringan untuk menghubungkan adaptor jaringan dengan kabel. Berbagai jenis konektor jaringan harus disesuaikan dengan jenis dan jenis kabel jaringan yang digunakan.


  • Konektor RJ-45 digunakan untuk Kabel UTP
  • Konektor BNC / T digunakan untuk Kabel Coaxial
  • Konektor ST digunakan untuk Kabel Fiber Optic


14. Switch
15 Perangkat Jaringan Komputer beserta Gambarnya
Gambar dari google.com

perangkat yang menghubungkan perangkat bersama di jaringan komputer, menggunakan pengalihan paket untuk menerima, memproses, dan meneruskan data ke perangkat tujuan. Tidak seperti hub jaringan yang kurang canggih, switch hanya mengirimkan data ke satu atau lebih perangkat yang perlu menerimanya, daripada menyiarkan data yang sama dari masing-masing port. Switch bekerja pada OSI layer 2.

Perangkat Keras Jaringan Komputer Lainnya:

Perangkat perangkat keras lain yang digunakan untuk membangun jaringan atau koneksi dial-up meliputi:

  • Multiplexer: perangkat yang hanya memilih satu sinyal dari beberapa sinyal input listrik.
  • Network interface controller (NIC): perangkat yang menghubungkan komputer ke jaringan komputer berbasis kawat.
  • Kontroler antarmuka jaringan nirkabel: perangkat yang menghubungkan komputer yang tersambung ke jaringan komputer berbasis radio.
  • ISDN terminal adapter (TA): gateway khusus untuk ISDN.
  • Driver line: perangkat untuk meningkatkan jarak transmisi dengan memperkuat sinyal; hanya digunakan dalam jaringan base-band.


Terimaksih sudah menyimak dan berkunjung ke blog saya ini, jika anda ingin membaca atau download dalam format pdf. silahkan kunjungi link di bawah ini

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf

Artikel Pintar Komputer Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2018 Pintar Komputer | Daftar Isi | About me | Disclaimer | Contact Us | Design by Bamz