Cara Mengetik dengan 10 Jari

Cara Mengetik dengan 10 Jari - Mengetik dengan menggunakan 10 jari merupakan sistem mengetik dengan memanfaatkan 10 jari tangan yang kita memiliki, masing-masing jari memiliki tugas nya masing-masing untuk menekan tombol keyword. tugas dari masing-masing jari dapat anda lihat di bawah ini.

cara mengetik 10 jari


Tombol Q, A, Z adalah tugas jari kelingking kiri.
Tombol W, S, X adalah tugas jari manis kiri.
Tombol E, D, C adalah tugas jari tengah
Tombol R, F, V, T, G, B adalah tugas jari telunjuk kiri.
Tombol Y, H, N, U, J, M adalah tugas jari telunjuk kanan.
Tombol I, K, (Koma ,) adalah tugas jari tengah kanan.
Tombol O, L, (Titik.) adalah tugas jari manis kanan.
Tombol P, (titik koma ;) dan (Tanda tanya ?) adalah tugas jari kelingking kanan.

Tujuan dari sistem ini supaya kita dapat mengetik dengan cepat,dengan sistem ini kita tidak perlu lagi memperhatikan satu persatu tombol keyboard yang akan ditekan karena jari-jari yang terlatih sudah terbiasa.

Posisi Jari dan Telapak Tangan

Selama kita mengetik kita menempatkan setiap jari ditombol yang disebut dengan terminal, setiap menekan tombol tertentu, jari berpindah ke tombol tersebut kemudian kembali lagi ke tombol terminalnya untuk terminal masing-masing jari dapat dilihat di bawah ini.

pengertian mengetik 10 jari  modul mengetik 10 jari  latihan mengetik 10 jari  software mengetik 10 jari  mengetik 10 jari online  mengetik 10 jari download  game mengetik 10 jari  tips mengetik 10 jaripengertian mengetik 10 jari  modul mengetik 10 jari  latihan mengetik 10 jari  software mengetik 10 jari  mengetik 10 jari online  mengetik 10 jari download  game mengetik 10 jari  tips mengetik 10 jari


Pada saat kita meletakan jari-jari tombol terminal masing-masing mengatur agar beban telapak tangan kita dibagi merata pada semua jari-jari, apabila sebuah jari akan menekan tombol tertentu, beban tumpuan dipindahkan ke jari-jari yang lain.
Selama mengetik telapak tangan tidak boleh menyentuk keyboard maupun meja komputer, bila telapak tangan diatas meja atau keyboard kita akan kesulitan untuk menggerakan jari-jari pada saat akan menekan tombol tertentu.

Karakteristik jari

Untuk cara mengetik dengan menggunakan 10 jari kita harus mengetahui karakteristik dari jari tangan kita, Masing-masing jari memiliki karakteristik yang berbeda-beda, Ibu jari merupakan jari yang paling kuat, namun tidak meiliki jangkauan jang panjang dan hanya memiliki ruang bebas kebagian samping telapak tangan.

Diantara jari keempat yang lain  jari telunjuk merupakan jari yang mudah kita gerakan dan mempunyai kekuatan yang besar untuk menekan tombol paling banyak sehingga kita tidak heran kenapa jari telunjuk mempunyai tugas  yang paling banyak untuk menekan.

Dibandingkan jari tekunjuk jari tengah memang sulit untuk digerakan, namun jari tengah dapat dengan mudah untuk dilatih, jari manis jauh lebih sukar untuk digerakan diantra jari-jari yang lain, sehingga untuk melatih jari tengah memang sangat lama dan sulit sekali untuk merespon untuk menekan tombol.

Langkah-langkah Latihan Mengetik

Untuk menjadi seorang yang mahir mengetik sistem 10 jari diperlukan latihan, ada beberapa tahap untuk melatih 10 jari tangan kita.

1. Menempatkan 10 jari tangan kita di keyboard dengan benar merupakan langkah awal yang harus dilakukan dengan benar. Anda harus menempatkan jari dengan benar ditombol yang benar sesuai dengan ketentuan yang sudah daibahas diatas. Seluruh jari jari harus menempel dikeyboard dan telapak tangan tidak boleh menempel dikeyboard atau di meja komputer, bila telapak tangan menempel dikeyboard atau diatas meja komputer, kita akan sulit memindahkan jari dari tombol yang satu ketombol yang lain.

2. Melatih sebuah jari untuk menekan tombol tertentu, misalnya melatih jari telunjuk untuk menekan tombol J, untuk melatih jari telunjuk menekan tombol J cara nya tekanlah tombol J dengan jari telunkjuk kemudian Ibu jari menekan tombol Space, dan gunakan metode ini untuk melatih jari yang lainya dengan menekan tombol sesuai dengan ketentuan tugas masing-masing jari. kegunaan nya adalah supaya kita hapal betul letak huruf-huruf dikeybord.

3. Melatih Kombinasi Jari
Setelah melatih jari-jari tertentu dengan menekan tombol tombol tertentu, selanjutnya melatih jari untuk menekan kombinasi tombol, misalnya melatih untuk menekan tombol JKFD.

4. Melatih 10 Jari untuk membuat kata
selanjutnya adalah melatih 10 jari untuk mengetik dengan membuat kata, contoh membuat kata "Rajin" secara beulang-ulang sampai sat halaman.

5. Melatih Kecepatan mengetik dengan 10 Jari.
Tahap teakhir adalah mengetik 10 jari dengan cepat, kecepatn kita mengetik sanga  tergantung pada tahap awal kita berlatih dan menerapkan dasar-dasar cara  mengetik. bila kita sudah menerapkan langkah-langkah diatas dengan benar, maka dengan sedikit latihan kita akan mampu mengetik dengan cepat. silhakan praktek mengetik 10 jari secara online disini http://10fastfingers.com/typing-test/indonesian

Demikian dari dari saya tentan cara mengetik 10 jari, semoga anda bisa menerapkannya, dan berlatuh dengan sungguh-sungguh. terimakasih sudah menyimak.
Link download akan berfungsi setelah menekan tombol share G+/FB/Twitter
Baca dalam format pdf. Cara mengetik menggunakan 10 Jari