Jenis-Jenis Sistem Operasi

Saat ini banyak sekali jenis-jenis sistem operasi yang digunakan. Kita perlu mengetahui tentang berbagai jenis sistem operasi komputer yang nantinya kita dapat memilih jenis sistem operasi yang ada dengan mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan yang kita miliki, dalam postingan kali ini kita akan membahas jenis-jenis sistem operasi, adapun pengertian sistem operasi dan fungsi sistem komputer saya sudah membahasnya dalam postingan sebelumnya.

Berikut adalah 4 jenis-jenis sistem operasi dan kelebihannya.
Jenis sistem operasi

1. DOS

Sistem operasi DOS adalah sistem operasi yang termasuk CUI (Character User Interface). Artinya sistem operasi DOS berkomunikasi dengan user melalui karakter-karekter teks. Dan pengguna memberikan perintah kepada komputer dalam bentuk teks juga.
Sistem CUI sekarang sudah digantikan dengan sistem operasi berbasis GUI (Grafhical User Interface) yaitu sistem operasi yang menampilkan pesan dan menerima perintah dari kita dalam bentuk grafis. Dan kelebihan sistem operasi berbasis GUI lebih mudah digunakan dari pada CUI.
Micrososoft DOS dibuat pada tahun 1981 oleh micrososft untuk pertama kalinya. MS DOS dibuat untuk digunakan sebagai sistem operasi dikomputer IMB-PC. Kerja sama antara Microsoft dan IMB membuat sistem operasi DOS diterima sebagai sistem operasi standar untuk komputer.

2. WINDOWS

Sistem operasi windows merupakan sistem operasi yang mempunyai tampilan grafis. Windows dikeluarkan oleh Microsoft Corporation, sebuah perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia. Windows merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan untuk PC karena sistem operasi windows mudah untuk digunakan dan dikenal user friendy.
Windows pertama kali dikeluarkan oleh Microsoft pada tahun 1990 dan diberi nama windows versi 3.0 windows versi 3.0 merupakan kelanjutan dari windows versi 1.0 dan 2.0 yang dimunculkan sebelumnya.Windows versi 3.0 merupakan sistem operasi berbasis GUI.
Kemudian pada tahun 1992, Microsoft mengeluarkan windows versi 3.1 untuk sistem operasi lingkungan bisnis. Selanjutnya Microsoft mengeluarkan Windows NT pada tahun 1993, yaitu sebuah sistem operasi yang digunakan untuk komputer server dalam sebuah jaringan komputer.
Pada tahun 1995 , Microsoft mengeluarkan Windows 95 yang berhasi terjual sebanyak 7 juta keeping diseluruh dunia dalam waktu 2 bulan. Microsoft terus memperbarui dan mengembangkan sistem operasi windows dan terus mengeluarkan versi selanjutnya: Windows 97, Windows 98, windows ME, Windows 2000 Server, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Versi terbaru windows 10. Baca juga cara aktivasi windows 7

3. UNIX

Sistem operasi unix banyak digunakan pada komputer besar seperti supercomputer atau mainframe. Superkomputer adalah komputer yang digunakan pada perusahaan besar. Superkomputer dapat melakukan pengelolaan data dengan jumlah yang sangat besar karena dilengkapi processor yang sangat cepat dan memori yang sangat besar, supercomputer digunakan oleh perusahaan besar seperti bank , Badan Pertahanan Amerika, perusahaan pembuat pesawat terbang dan lain-lain. 

4. Linux

Sistem operasi linux dikembangkan oleh seorang yang berkebangsaan finlandia yang bernama linus benedict torvalds, linux dikembangkan oleh sistem operasi unix . linux dapat dijalankan di PC. Linux meruakan sistem operasi open source . ini berarti siapa saja dapat mengembangkan linux.
Saat ini linux sering digunakan sebagai sistem operasi untuk komputer server diperusahaan-perusahaan karena linux mempunyai tempat kestabilan yang baik, dalam arti kinerja linux tidak menurun meskipun dijalankan selama ratusan hari tanpa henti, biasanya server linux hanya dimatikan untuk mengganti komponen baru dari komputer yang bersangkutan. Selain itu linux merupakan sistem operasi yang murah dan tanpa harus terikat aturan lisensi.
Sekian dari saya mengenai jenis-jenis sistem operasi, semoga dapat memberikan pencerahan.