Perangkat Input dan Fungsinya

Perangkat Input dan Fungsinya - Perangkat Input (Inggris:Input Device) adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk memasukan perintah dan data yang akan diproses oleh program atau komputer. Semakin berkembangnya teknologi informasi mengakibatkan semakin banyaknya perangkat input yang dapat dihubungkan ke komputer. Dibawah ini adalah macam-macam perangkat input dan fungsinya.

Perangkat Input dan Fungsinya, macam-macam input device dan fungsinya.

Macam-Macam Perangkat Input dan Fungsinya

1. Keyboard
Keyboard adalah seperangkat tombol-tombol yang berfungsi sebagai media masukan bagi komputer. masing-masing tombol keyboard mempunyai fungsi-fungsi tertentu.

Keyboard dengan desain terbaik adalah keyboard yang memungkinkan kita bekerja dengan nyaman , tombol keyboard diletakan dengan sedemikian rupa sehingga pengguna merasa nyaman menggunakannya. 

2. Mouse
Sejak diperkenalkannya komputer dengan tampilan grafis , mouse menjadi perangkat input yang tidak bisa dipisahkan dari komputer, mouse digunakan untuk menjelajahi program, memilih perintah dan meberikan perintah.

Mouse mempunyai sebuah pointer yang akan bergerak sesuai dengan gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse, jika kita menggerakan bola kecil kearah horizontal atau vertikal maka pointer akan bergerak juga ke arah horizontal atau vertikal. Namun, sekarang bola kecil yang terdapat dalam mouse sudah digantikan dengan cahaya inframerah.

Bagian lain yang terpenting dalam mouse adalah terdapatnya tiga tombol, namun kebanyakan hanya dua yang digunakan. Tombol ketiga dalam mouse sudah digantikan dengan scroll yang dapat digunakan untuk men-scroll tampilan dilayar, dua tombol yang terdapat di mouse di sebut dengan tombol kiri dan kanan, tombol kiri lebih banyak digunakan untuk memberi perintah, dan tombol kanan pada mouse digunakan untuk menampilkan menu pop-up.

Selain digunakan untuk mengklik, mouse juga digunakan untuk men-Drag. Drag artinya menangkap dan kemudian menarik atau menggeser objek, mendrag dapat digunakan dengan cara menekan tombol kiri mouse dan menarik objek tersebut ke tempat yang diinginkan kemudian melepaskannya.

Touchpad, Pointing Stick dan Trackball adalah perangkat input komputer yang mempunyai fungsi yang sama dengan mouse. dan peralatan tersebut digunakan di komputer, notebook atau laptop.

3. Joystick
Joystick merupakan perangkat keras komputer input yang digunakan untuk bermain game, sebenarnya fungsi joystick dapat digantikan dengan mouse dan keyboard, namun menggunakan joystick terasa lebih menarik dan nyaman untuk digunakan bermain game.

4. Scanner
Scanner adalah perangkat input yang digunakan untuk memindai foto atau gambar yang sudah dicetak, hasil dari scanner tersebut kita akan mendapatkan sebuah file gambar.

Sekarang scanner tidak hanya digunakan untuk memindai foto atau gambar, tapi digunakan juga untuk memindai teks, kemudian dengan bantuan Omni Pages kita dapat merubah file gambar yang dihasilkan menjadi file dokumen, dan selanjutnya kita dapat mengedit teks di file tsb.
5. Pralatan Multimedia
Peralatan Multimedia seperti kamera, mikrofon, termasuk juga kedalam perangkat input komputer.

Sekian dari saya, mengenai perangkat input dan fungsinya semoga bermanfaat, terimakasih.