Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Perangkat Keras Komputer - Komputer merupakan alat teknologi informasi yang paling penting, komputer berperan dalam proses pengolahan, penyimpanan dan penyajian informasi. Kemajuan teknologi komputr sangat mempengaruhi kemajuan teknologi informasi. Untuk itu mengenal komputer merupakan hal yang harus dilakukan diera globalisasi saat ini.

Komputer terdiri dari perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software). Perangkat keras komputer merupakan perangkat-perangkat komputer yang secara fisik dapat dilihat dan diraba, sedangkan perangkat lunak komputer adalah perangkat yang berupa program-program yang terdapat dalam sebuah komputer. pada postingan kali ini kita akan membahas macam macam perangkat keras komputer dan fungsinya.

1. Central Processor Unit
CPU merupakan otak pada komputer, oleh karena itu cpu merupakan bagian terpenting dalam komputer, CPU sering disebut juga microprocessor atau processor yang merupakan pusat pengolahan data dan mengontrol kinerja dari komputer. karena itu kinerja komputer sangat tergantung kepada kinerja CPU nya.

perangkat keras komputer adalah perangkat keras

Berdasarkan fungsinya CPU terbagi menjadi dua, yaitu ALU yang merupakan singkatan dari Arichmetical Logical Unit, dan CU singkatan dari Control Unit. Fungsi ALU adalah sebagai pusat pengolah data penghitungan matematika. sedangkan fungsi dari CU adalah mengontrol kinerja komputer.

2. Memori
Memori adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk meyimpan data dan informasi baik sebelum atau sesudah diproses oleh processor. Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal yang disebut dengan RAM dan memori eksternal yang sering di sebut ROM. cara lebih lengkap perbedaan RAM dan ROM
a. Memori Internal atau RAM
RAM adalah memori yg berfungsi untuk meyimpan sementara perintah dan data pada saat sebuah proses dijalankan.
b. Memori Eksternal atau ROM
ROM merupakan perangkat keras komputer yang digunakan untuk menyimpan perintah dan data secara tetap, sesuai dengan namanya  komputer hanya dapat membaca data dan perintah yang terdapat di ROM.


perangkat keras untuk mengakses internet


3. Media Penyimpanan
Perangkat keras komputer selanjutnya adalah dari media penyimpanan, ada beberapa jenis media penyimpanan data dalam komputer, diantaranya adalah:
a. Harddisk
Harddisk merupakan perangkat keras untuk meyimpan data, dan hardisk ini merupakan alat penyimpanan yang besar , hardisk dapat meyimpan data sampai kapasitas 400 GB dan akan bertambah terus seiring perkembangan teknologi.
b. Disket
Pasti anda tak asing lagi mendengar nama ini, ya disket sudah lama hadir ditengah-tengah kehidupan kita, biasa nya disket disebut dengan 3 1/2 Floopy Drive, adapun perbedaan disket dengan hardisk adalah disket hanya mampu menyimpan data sampai 1,4 MB.
c. Flash Drive
Flash Drive atau lebih dikenal dengan Flashdisk merupakan alat tambahan untuk meyimpan data, flashdisk ini mempunyai kagasitas yang bervariasi antara lain adalah : 128 MB sampai dengan  32 GB dan akan bertambah seiring pesatnya dunia teknologi. kelebihan dari flashdisk adalah bentuknya yang kecil dan mudah untuk dibawa kemana saja.

perangkat keras komputer dan fungsinya wikipedia

d. CD-ROM
Compact Disc- Read Only Memory adalah media perangkat keras komputer untuk meyimpan data yang lumayan besar mempuyai kapasitas 700 MB, kekurangan nya adalah dalam segi pembacaan data, sangat lambat jika dibandingkan dengan Flashdisk dan Harddisk, kelebihan nya harga yang sangat murah.
e. CD-R
Compact Disc Recordable dapat meyimpan data sekitar 700 MB, data yang terdapat pada CD-R tidak bisa dihapus dan ini yang menjadi perbedaan dengan CD-ROM. Untuk menilis data dalam CD-R kita memerlukan perangkat keras yang disebut dengan CD Writer.
f. CD-RW
Compact Disc ReWritable merupakan versi lain dari CD-ROM yang dilengkapi dengan kemampuan untuk dibaca dan ditulis, kita dapat menghapus data yang ditulis.
g. DVD
Digital Versatile Disc adalah media untuk meyimpan data,kemampuan nya sangat baik , sehingga DVD ini sering digunakan untuk menyimpan FILM
h. DVD-RW
Digital Versatile Disc ReWritable adalah tempat penyimpanan data versi lain dari DVD,  berbeda dengan DVD hanya dapat dibaca, maka DVD-RW dapat ditulis dan dihapus sehinggan menjadikan DVD _RW lebih mahal.

perangkat keras komputer dan fungsinya beserta gambarnya

4. Motherbiard
Motherboard merupakan perangkat keras yang berperan sebagai tempat perangkat-perangkat lain, sperti processor, VGA, Sound Card dan lain-lain. Motherboard dilengkapi dengan slot-slot dan jalur-jalur koneksi yang menghubungkan bermacam-macam perangkat keras komputer.

perangkat keras untuk mengakses internet beserta fungsinya perangkat keras untuk mengakses internet dan intranet perangkat keras untuk mengakses internet dan gambarnya


5. VGA Card
VGA Card merupakan perangkat komputer yang berfungsi untuk merubah sinyal digital menjadi sinyal gambar, VGA card memugkinkan data-data dalam bentuk digital menjadi gambar di monitor. Ada banyak produsen Chipset kartu VGA seperti NVidia, 3DFX, S3, ATi, Matrox, SiS, Cirrus Logic, Number Nine (#9), Trident, Tseng, 3D Labs, STB, OTi, dan sebagainya.

perangkat keras output komputer


6. Sound Card
Sound Card atau Kartu suara merupakan perangkat keras komputer yang dapat merubah sinyak digital menjadi sinyal suara, sound card memugkinkan data-data suar seperti lagu yang ada dikomputer dapat didengar melalui speaker yang dihubungkan ke komputer.

Sahabat !!! Untuk lebih cepat memahami pengertian perangkat keras komputer dan fungsinya, silahkan lihat video berikut ini.

 
Sekian dari saya mengenai perangkat keras komputer dan fungsinya, semoga artikel ini bermanfaat.