Perbedaan RAM dan ROM

Perbedaan RAM dan ROM - Memory adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum atau sesudah di proses oleh processor. Informasi tersebut dapat berbentuk perintah-perintah atau data-data. Sebagai tempat penyimpanan, memori mempunyai ruang-ruang peyimpanan di mana ruang-ruang penyimpanan memiliki alamat sendiri berupa nomor-nomor yang menunjukan lokasi tertentu di memori.

Untuk itu, dalam postingan kali ini saya akan mencoba berbagi tentang perbedaan RAM dan ROM, sebagai mana yang telah kita ketahui bahwa RAM dan ROM adalah sebuah memori, memori terbagi menjadi dua bagian, yaitu memori internal yang disebut dengan RAM ( Random Acces Memory) dan memori eksternal atau ROM (Road Only Memory).

Pengertian dan Fungsi RAM (Random Acces Memory)

Perbedaan RAM dan ROM bisa dilihat dari fungsinya masing-masing. RAM merupakan memori yang berfungsi menyimpan sementara perintah dan data pada saat sebuah program dijalankan. Perintah dan data tersebut mencakup data yang akan dibaca dari harrdisk, data-data yang dimasukan melalui alat input komputer, dan juga data-data hasil pemerosesan sebuah program.

Untuk lebih jelasnya silahkan anda baca artikel Pengertian RAM dan Fungsinya

Satuan ukuran kemampuan sebuah memori menyimpan informasi disebut byte. Saat ini kemampuan memori untuk menyimpan informasi yang paling tinggi yang beredar di pasaran adalah mencapai 3 Gigabyte. Kemampuan ini akan terus bertambah seiring dengan kemajuan teknologi komputer.

Pengertian dan Fungsi ROM (Read Only Memory)

ROM merupakan perangkat keras komputer yang digunakan untuk menyimpan perintah data secara tetap. Sesuai dengan namanya, komputer hanya dapat membaca data dan perintah yang terdapat di ROM. Komputer tidak dapat merubah data dan perintah yang disimpan pada ROM.

Baca juga : Macam macam media penyimpanan data

perbedaan ram dan rom


Perintah-perintah yang disimpan di ROM tetap dibutuhkan oleh komputer. misalnya, perintah-perintah yang dijalankan pada saat komputer pertama dihidupkan. Perintah-perintah diisikan oleh pabrik komputer pada saat komputer tersebut dibuat.

Kesimpulannya !!! Perbedaan RAM dan ROM bisa dilihat di Point-point dibawah ini.
1. RAM bisa ditulis dan di baca, Tapi ROM tidak.
2. Penyimpanan data pada RAM bisa dilakukan dengan mudah dan Menyimpan data pada ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah.
3.  Pengisian data pada RAM diisi oleh pengguna. Dan program / data yang ada dalam ROM ini diisi oleh pabrik yang membuatnya.
4. RAM digunakan untuk menyimpan perintah atau data secara "tidak tetap" (bisa hilang karena komputer mati) dan ROM sebaliknya.

Sekian dari saya mengenai perbedaan RAM dan ROM secara singkat, terimakasih sudah berkunjung.

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf

Bagikan melalui Facebook / Twitter / Google Plus untuk melihat Link Download


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Pintar Komputer
Pintar Komputer Updated at: 06.00

Related : Perbedaan RAM dan ROM

4 komentar:

  1. Terimkasih gan,,, informasinya sangat membantu...

    BalasHapus
  2. Tercerahkan, tadinya mau beli hape, spek ngakunya 3 RAM, taunya 3 ROM. Untung belum jadi beli.

    BalasHapus