Cara Memperbaiki Masalah Hardisk yang Rusak

Hardisk drive merupakan sebuah perangkat keras (Hardware) yang berfungsi untuk menyimpan file atau data, Kerusakan pada salah satu media ini akan cukup mengganggu kerja, apalagi jika kerusakan tersebut ada pada hard disk drive. Pada kesempatan ini saya mencoba menguraikan berbagai jenis permasalahan yang kerap terjadi pada hardrive beserta cara mengatasinya. Kerusakan-kerusakan pada hard disk drive antara lain diuraikan pada bagian berikut.

1. Harddisk drive tidak dikenal
Pada saat menghidupkan komputer dan menunggu proses boot, ternyata proses boot begitu lama dan kemudian muncul pesan HDD Controller Failure dan komputer tidak bisa melanjutkan proses boot sampai ke sistem operasi. Jika kondisi ini yang dialami, ada beberapa kemungkinan.

1. Pertama adalah setup tipe harddisk drive pada BIOS berubah.
2. Kemungkinan yang kedua harddisk drive yang rusak.
3. Ketiga adalah IDE controller sebagai kontroller harddisk drive pada mainboard yang rusak.

2. Komputer tidak bisa boot dari harddisk drive
Pada komputer yang telah dilengkapi dengan harddisk drive, sistem operasi diinstal pada harddisk drive tersebut sehingga untuk booting pun dilakukan melalui harddisk drive itu. Suatu saat, jika mengalami kondisi ketika komputer dihidupkan ternyata tidak bisa booting dari harddisk drive, maka perhatikan pesan yang tampil pada layar monitor. Selanjutnya bisa menempuh langkah-langkah seperti berikut, sesuai dengan pesan yang diberikan.
  • HDD Controller Failure
Jika pesan yang tampil adalah"HDD Controller Failure", maka kemungkinan kesalahannya seperti pada sub bahasan sebelumnya.
  • Missing Operating System
Jika pesan yang tampil adalah "Missing operating system", ada dua kemungkinan yang terjadi, yaitu: tipe harddisk drive pada setup BIOS berubah atau berbeda dengan tipe harddisk drive yang sebenarmya. Harddisk drive kehilangan sistem operasi. Misalnya, terformat atau sebab yang lain. baca juga macam-macam sistem operasi

cara memperbaiki hardisk yang rusak

  • BAD or MISSING COMMAND interpreter
Pesan ini akan muncul apabila terdapat masalah dengan file COMMAND.COM pada drive boot, dalam hal ini drive C: dari harddisk drive. Masalah tersebut bisa berupa hilang atau cacatnya file tersebut. File tersebut bisa hilang karena proses penghapusan yang tidak disengaja atau sebab lain. Adapun cacatnya file bisa disebabkan adanya virus atau rusaknya sektor tempat file tersebut berada. Cara untuk mendeteksi kemungkinan keberadaan virus dan menghapus virus yang mungkin menjadi penyebab terjadinya hal tersebut adalah gunakan program bantu antivirus. Hal ini karena sering kali file COMMAND.COM yang digunakan untuk boot rusak akibat virus.

Tidak bisa melakukan penulisan ke harddisk drive

Mungkin pada saat akan menyimpan suatu file atau data yang sedang diolah ke harddisk drive ternyata tidak bisa. Pada layar monitor tampil pesan bahwa harddisk drive full. Harddisk drive memang benar-benar penuh atau ukuran file yang dibuka lebih besar dari sisa kapasitas harddisk drive yang belum dipakai. Untuk mengatasi masalah ini tidak ada jalan lain kecuali menghapus sebagian isi dari harddisk drive.

Harddisk drive memiliki sisa kapasitas yang terlalu kecil

Pada sistem operasiWindows untuk menambah kapasitas memori (RAM) digunakan sebagian kapasitas harddisk drive sebagai virtual memori. Biasanya virtual memori ini akan berubah-ubah sesuai kebutuhan dan sisa dari kapasitas harddisk drive. Jika kapasitas pada harddisk drive terlalu kecil, maka ada kemungkinan Windows akan berebut sisa kapasitas harddisk drive yang benar-benar tidak terpakai menjadi terlalu kecil untuk menyimpan data atau suatu file yang sedang dibuka.

Harddisk drive terserang virus

Untuk mendeteksi keberadaan virus dan membersihkan virus tersebut, bisa menggunakan program antivirus yang ada.
Kesalahan konfigurasi sistem operasi Pada beberapa sistem aplikasi, terutama yang berjalan pada sistem operasi DOS, membutuhkan konfigurasi tertentu pada sistem operasi, yaitu berupa baris-baris parameter khusus pada file konfigurasi sistem operasi, CONFIG.SyS atau AUTOEXEC.BAT. Sebagai contoh pada sistem aplikasi WordStar yang membutuhkan set parameter FILES pada fite CONFIG SyS minimal 20 sehingga untuk menjalankan sistem aplikasi ini harus mem-boot sistem operasi di mana pada file CONFIG.SYS terdapat baris berisi FILES dengan minimal 20. Jika nilai ini kurang dari yang ditentukan maka sistem aplikasi tersebut tidak bisa dijalankan secara normal, yaitu tidak bisa menyimpan file yang dibuat atau diedit. Demikian juga dengan sistem aplikasi lain yang mungkin membutuhkan konfigurasi khusus. Adanya kerusakan pada struktur file atau harddisk drive sehingga pencatatan informasi pada FAT (File Allocation Table) tidak sesuai.

Permasalahan struktur data di harddisk drive

Seperti telah diuraikan di muka bahwa dalam sebuah harddisk drive sercara logika akan dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu partisi, boot sector, FAT, direktori, dan data area. Jika terjadi kerusakan pada struktur logika dari harddisk drive tersebut maka banyak kemungkinan yang bsa terjadi. Mulai dari adanya file yang tidak bisa dibaca sampai pada harddisk drive-nya yng tidak bisa dibaca.

Permasalahan pada tabel partisi harddisk drive

Partisi merupakan bagian pada harddisk drive yang menjadi tempat penyimpanan file atau data. Jika terjadi kerusakan pada tabel partisi, maka trganggu pula seluruh isi dalam harddisk drive tersebut. Apalagijika partisi pada harddisk drive tersebut hilang, seluruh isi harddisk drive tidak akan bisa dibaca. Bahkan harddisk drive itu sendiritidak bisa dikenali secara logika. Akibat adanya kerusakan pada tabel partisi adalah:

  • Komputer tidak bisa boot dari harddisk drive sementara secara fisik harddisk drive tersebut dikenali oleh komputer, yaitu dikenalnya setup harddisk tersebut oleh BIOS.
  • Jika boot dari media lain (disket misalnya) maka ketika mencoba mengakses harddisk drive tersebut akan tampil pesan invalid media specification atau pesan lain yang menyatakan tidak adanya disk drive tersebut.

Permasalahan floppy disk drive dan floppy disk (disket)

Sebagai sebuah media penyimpanan yang removable, floppy disk atau disket merupakan media yang paling banyak dipergunakan. Bahkan sebuah floppy disk drive yang berfungsi untuk membaca dan menulis dari dan ke floppy disk telah menjadi komponen pokok atau struktur dalam sebuah personal komputer.
Jika terjadi masalah, pada komponen ini akan cukup mengganggu kinerja pengguna komputer. Berikut ini beberapa masalah seputar floppy disk drive dan disket menurut pesan kesalahan yang ditampilkan, serta bagaimana mengatasi masalah tersebut.

1. Floppy disk drive tidak dikenati (FDD Controiler Failure) Pesan "FDD controller failure", ini tampil pada saat komputer melakukan pOST dan membaca bahwa ada ketidaksesuaian antara floppy disk drive dengan kontrollernya. Ada beberapa kemungkinan yang menimbulkan masalah ini, yaitu:

a. Tipe kapasitas floppy disk drive pada setup BIOS tidak sesuai dengan floppy disk drive yang terpasang.
b. Koneksi kabel data dan atau kabel power ke floppy disk drive tidak terhubung sempurna.
c. Floppy disk drive yang rusak. Karena kerusakan pada floppy disk drive, maka konektor tidak bisa membaca disk drive tersebut.
d. Perhatikan ketika floppy disk drive dicoba untuk diakses saat POST berlangsung.
Dalam kondisi normal, maka indikatorlampu pada floppy disk drive akan menyala
beberapa saat dan terdengar suara head pembaca bergerak. Jika tanda_tanda tersebut tidak menunjukkan kejanggalan, maka hampir dapat dipastikan bahwa itoppy disk drive normal.
e. Kerusakan ada pada kontroler. Jika tanda_ tanda di atas telah.diperhatikan dan tidak menunjukkan adanya masalah maka ada kemungkinan bahwa kontroler yang mengalami kerusakan.

2. Drive Not Ready
Pesan ini akan tampil jika floppy disk drive diakses pada saat tidak ada disket. Namun jika pada saat itu ada disket di disk drive tersebut, maka ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan kesalahan tersebut, yaitu:

a. Disket belum terpasang dengan benar
sehingga ftoppy disk drive tidak bisa mengetahui keberadaan disket dalam floppy disk drive tersebut. Oleh sebab itu, cobalah untuk membetulkan posisidisket pada floppy disk drive tersebut.
b. Disket yang rusak sehingga floppy disk drive tidak bisa mengenali secara normal. Misalnya disket lembap sehingga lengket.
Dalam kondisi ini disket akan berat untuk diputar oleh motor pada floppy disk drive sehingga kecepatan putaran disket di bawah kecepatan untuk proses pembacaan^ Akibatnya disket tidak dikenali. 
Jika kemungkinan kerusakan di atas tidak terjadi, maka cobalah periksa kemungkinan kurang sempurnanya koneksr kabel data maupun kabel power pada konektor floppy disk drive atau pada kontroler. Adapun kerusakan pada floppy disk drive yang mungkin terjadi dengan timbulnya pesan tersebut adalah tidak berputarnya motor pemutar disket secara normal sehingga disket tidak terbaca. Kerusakan lain adalah rusaknya head pembaca sehingga head tersebut tidak bisa membaca sama sekali dan tidak mungkin untuk mengenali keberadaan disket di dalam floopy disk drive tersebut.

3. General Failure Reading Drive...
Pesan ini tampil pada saat mencoba membaca sebuah disket. Ada beberapa kemungkinan penyebab timbulnya pesan kesalahan ini, yaitu:
a. Disket yang rusak atau belum diformat.
Untuk memastikan hal ini, cobalah ganti disket pada ftoppy disk drive dengan disket lain. Jika disket yang lain bisa dibaca, maka disket semula rusak atau belum diformat.
b. Head pembaca pada floppy disk drive kotor, karena adanya kotoran pada head pembaca.
c. Head pembaca pada floppy disk drive
bergeser posisinya. Hal ini bisa terjadi karena mungkin tertarik atau terdorong saat
memasukkan atau melepas disket. Atau karena seringnya membaca disket kotor atau disket yang tidak normal, sehingga pada saat pembacaan disket menyentuh head pembaca dan lama-kelamaan head tersebut bergeser. Atau mungkin juga karena head pembaca pada floppy disk drive aus.
d. Pada sistem operasi Windows, pesan ini ditunjukkan dengan pesan bahwa disket yang gunakan belum diformat. Oleh sebab itu, Windows memberikan alternatif untuk memformat disket tersebut.

Data Error Reading Drive...

Pesan ini biasanya tampil karena sebab—sebab yang sama dengan pesan kesalahan "General failure reading Drive...." Untuk itu, bisa mencoba tangXah-tanglafr yang sama dengan langkah- langkah di atas. paia sistem operasi\Mndows, pesan kesalahan inl iitampitkan dengan pesan bahwa.drive tersebut tidak bisa diikses karena device belum siap.

Floppy disk drive merusak disket

Masalah ini mungkin merupakan masalah yang paling mengganggu, karena pada saat membutuhkan suatu data yang ada dalam disket iernyata pada saat dibaca data tersebut tidak terbaca  Lebih parah lagi karena disket tersebut ikut rusak sehingga file-file atau data lain yang ada dalam disket tersebut itu rusak pula, Padahal, jika disket telah rusak, apalagi secara fisik, maka kemungkinan disket tersebut dapat diperbaiki sangat kecil. ada beberara kemungkinan penyebab timbulnya masalah tersebut dan.bagaimana mencegah atau mengatasinya, Yaitu:

a.  Head pada floppy disk drive kotor sehingga bisa menggores Permukaan disket.
b. Head papa floppy disk drive telah berubah , posisinya, sehingga karena poslslnya tersebut dapat menggores permukaan disket.
c. Posisi head yang tidak tepat sering kali dapat merusak file yang ada pada disket' yaitu'filemyang dibaca dan kemudian ditulis ulang track  pada saat menulis ulang berbeda dengan pada saat proses pembacaan. Akibatnya adalah file tersebut akan rusak atau tidak bisa dibaca pada floppy disk drive lain, bahkan pada floppy disk drive itu sendiri.
d. Selain masalah fisik tersebut, kerusakan data juga bisa disebabkan oleh virus.
Beberapa virus komputer akan menunjukkan gejata-gejala seperti di atas.
e. Masalah  lain yaitu struktur logika disket.