Komunikasi Data dan Jaringan Komputer

Komunikasi Data - Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data dua komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan baik jaringan lokal (LAN) maupun jaringan maupun internet yang lebih luas, seperti MAN.

Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang sangat Ketika terjadi pengiriman data antardua komputer melalui jaringan internet, data yang dikirim tidak langsung sampai di komputer itu melainkan harus melalui satu komputer ke komputer yang dari satu jaringan  ke jaringan  yang lain sampai akhirnya mencari komputer yang dituju.

Sebagai contoh ketika kamu memasukan user ID dan password dari account email di Yahoo Mail, data user dan password yang dikirim tidak langsung sampai di server nya, melainkan harus melalui jaringan  komputer di mana komputer digunakan  berada, kemudian dikirim ke komputer ISP (Internet Senvice Provider), kemudian melalui jaringan komputer-jaringan komputer yang lain yang ada di internet sampai akhirnya tiba di server yahoo. baca cara buat akun gmail

Ketika sebuah komputer mengirimkan data, sama halnya ketika kamu mengirimkan surat atau paket, kamu juga  tidak ingin agar data yang dikirimkan sampai ke aplikasi dan komputer yang salah. Jika dianalogikan dengan pengiriman surat atau paket aplikasi dianalogikan dengan orang dan komputer dianalogikan dengan alamat.

Sama halnya dalam sebuah rumah tinggal beberapa orang, demikian juga dalam sebuah komputer terdapat beberapa aplikasi. Kamu tentu tidak mau data yang dikirimkan sampai di komputer dan aplikasi yang salah.

pengertian komunikasi data menurut para ahli, komunikasi data jaringan, komunikasi data komputer


Selain masalah alamat dan orang yang dituju ketika mengirimkan surat atau paket, kamu tentu tidak mau surat atau paket yang dikirimkan rusak di tengah jalan. Misalnya, kamu mengirimkan paket yang berisi boneka untuk hadiah ulang tahun adik atau teman, tentu saja kamu tidak  mau paket tersebut sampai di tempat tujuan tetapi telinga atau kepala bonekanya sudah hilang.

Untuk mencegah hal tersebut, sebelum mengirimkan surat atau paket kamu membungkus nya terlebih dahulu sehingga surat atau paket tersebut dalam perjalanan dan bebas dari kerusakan.

Demikian juga halnya dengan pengiriman data. Data yang dikirim melalui jaringan dan internet dikirim dalam bentuk paket-paket data. Paket data-paket data yang dikirim tidak boleh rusak di tengah jalan. Oleh karena itu, sebelum dikirim melalui jaringan  maka paket data- paket data tersebut "dibungkus"  terlebih dahulu.

Komunikasi data antara dua komputer dilakukan dengan menggunakan protokol-protokol. Protokol adalah aturan-aturan yang membuat dua buah komputer saling mengerti satu sama lain. Protokol dapat juga disebut bahasa komunikasi komputer.

Sama halnya seseorang dapat berkomunikasi dengan orang lain jika menggunakan bahasa yang sama, komputer juga dapat berkomunikasi satu sama lain jika kedua komputer menggunakan protokol yang sama. Protokol-protokol tersebut bekerja bersama-sama untuk menangani proses pengiriman data. Bentuk protokol tersebut dapat berupa perangkat lunak maupun perangkat keras komputer.

Salah satu protokol komunikasi data yang banyak digunakan untuk menangani komunikasi data dalam area yang luar adalah TCPI IP atau transfer Control Protocol/ lnternet Protocol.

TCP/IP merupakan sebuah kumpulan protokol-protokol yang bekerja bersama untuk menangani proses pengiriman data. Setiap protokol mempunyai fungsi masing-masing dan secara keseluruhan dapat memastikan  data yang dikirimkan sampai ke alamat dan aplikasi yang benar dan dalam keadaan tidak rusak. TCP/IP mempunyai kelebihan yaitu dapat mengkomunikasikan dua buah komputer yang berbeda jenis.dan sistem operasi yang digunakan.

TCP/IP memungkinkan komunikasi antara komputer PC dengan Macintosh atau antara sistem operasi Windows dengan Unix atau Linux. TCP/IP terdiri dari empat lapis kumpulan protokol atau biasa disebut layer, dan setiap protokol dalam setiap lapis mempunyai fungsi masing-masing. Keempat lapis kumpulan protokol yang ada di TCP/IP dan fungsi masing-masing protokol sebagai berikut.

1. Application layer
Lapisan ini berfungsi sebagai interface (antarmuka) antara pengguna dengan data. Pada lapisan ini terdapat semua aplikasi-aplikasi yang menggunakan protokol TCP/IP.

2. Transport layer
Transport layer berfungsi untuk mengadakan  komunikasi antara dua host/komputer. Protokol yang ada pada lapisan ini adalah TCP (Transmission Control Protocol) dan UDP (User Datagram Protocol). 

3. Internet layer
Internet layer terdiri dari protokol IR ARP, dan ICMP. Protokol IP berfungsi untuk menyampaikan paket data ke alamat yang tepat. Protokol ARP berfungsi untuk menemukan alamat hardware dari komputer yang terletak pada jaringan yang sama. Adapun protokol ICMP digunakan untuk mengirimkan pesan dan melaporkan kegagalan pengiriman data sehingga data yang gagal dikirim akan dikirimkan kembali.

Baca juga : Sejarah Internet Di Dunia

4. Network interface layer
Lapisan ini berfungsi mengirimkan dan menerima data dari media fisik jaringan. Media fisik yang dimaksud dapat berupa kabel jaringary  serat optik, atau gelombang radio (jika jaringan merupakan jaringan  nirkabel).

Saat mengirimkan data, setiap protokol akan menambahkan informasi kepada setiap paket data sebelum meneruskan paket data tersebut ke layer di bawahnya. Informasi yang ditambahkan disebut header dan berfungsi untuk mengontrol pengiriman dan penerimaan data berjalan dengan baik. Header akan ditempatkan di bagian depan setiap paket data. Proses penambahan header disebut enkapsulasi (encapsulation).

komunikasi data

Salah satu tujuan jaringan komputer dan internet dibuat adalah agar dua komputer atau lebih dapat saling berbagi sumber daya termasuk data-data dan informasi. Oleh karena itu, akan sering terjadi komunikasi data dari satu komputer dengan komputer yang lain di jaringan lokal ataupun internet. Kelancaran komunikasi data antara dua komputer dalam sebuah jaringan sangatlah bergantung pada kemampuan jaringan tersebut untuk melewatkan data-data setiap waktunya.

Kemampuan jaringan melewatkan data bergantung kepada lebar pita jaringan atau disebut bandwidth. Kemampuan jaringan untuk melewatkan data diukur dengan satuan bits persecond atau bps. Artinya berapa bit data setiap detiknya yang dapat dilewatkan dalam sebuah jaringan. LaIu lintas data dalam sebuah jaringan, baik jaringan lokal maupun jaringan internet, dapat diibaratkan dengan arus lalu lintas kendaraan di jalan raya.

Makin lebar sebuah jalan, makin banyak kendaraan yang dilewatkan setiap waktunya.Jika kendaraan yang ingin lewat melebihi kapasitas jalan, maka akan terjadi kemacetan. Demikian juga halnya dengan lalu lintas data dalam sebuah jaringan. Paket-paket data yang dikirimkan melalui jaringan dapat dianalogikan sebagai kendaraan yang lewat di jalan raya, sedangkan lebar bandwidth dapat dianalogikan sebagai lebar jalan raya.

Untuk meningkatkan kecepatan arus lalu lintas dijalan raya dapat melakukan beberapa hal, antara lain membuat jalan yang lebih lebal menghilangkan hambatan-hambatan di jalan raya (membuat jalan tol), dan membuat ukuran kendaraan yang lewat menjadi lebih kecil.

Pengertian Internet dan Fungsinya

Untuk meningkatkan kecepatan arus lalu lintas data di jaringan juga dapat dilakukan dengan cara-cara di atas. Cara pertama, dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi jaringan pita lebar yang mempunyai kemampuan untuk melewatkan data yang lebih besar.

Cara kedua adalah dengan menggunakan media jaringan yang mempunyai hambatan yang lebih kecil, misalnya kabel serat optik. Cara ketiga adalah dengan menggunakan teknologi kompresi data.

Sebelum dilewatkan di jaringan, data terlebih dahulu dikompresi, baru kemudian dikirimkan melalui jaringan. Pada sisi penerima, paket data tersebut kemudian dikembalikan ke ukuran semula. Dengan cara ini, ukuran data yang dilewatkan di jaringan menjadi lebih kecil sehingga lalu lintas data makin cepat.

0 Response to "Komunikasi Data dan Jaringan Komputer"

Poskan Komentar