Macam-Macam Permasalahan Keyboard Komputer

Masalah Keyboard Keyboard Error Or No Keyboard - pesan ini tampil pada saat komputer start. Seperti diuraikan sebelumnya bahwa pada saat komputer melakukan POST, maka selurulr perangkat yang ada pada komputer tersebut akan diperiksa kondisinya. Demikian juga dengan keyboard. Jika pada saat diperiksa ternyata ada masalah dengan keyboard, maka komputei akan menampit[an pesan seperti di atas. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan timbulnya masalah ini, yaitu:

mengatasi keyboard komputer error

a. Keybord belum terpasang dengan benar pada konektornya.
b. Salah satu kabel keyboard ada yang putus.
c. Salah satu atau beberapa tomboipad 'a' keyboard tertekan pada saat proses POST. Akibat tertekannya tombol tersebut, maka komputer akan mengenali sebagai adanya rangkaian yang terhubung singkat pada keyboard. Masalah ini biasanya juga ditandaidengan bunyi bip pendek yang terus-menerus.
d. Di luar kemungkinan di atas, maka kemungkinan kerusakan adalah rangkaian elektronik-pada keyboard atau rusaknya rangkaian kontroler keyboard pada mainboard (misalnya pada BIOS keyboardnya). Untuk memastikan hal ini, cobalah periksa dengan bantuan keyboard lain. Jika setelah ganti dengan keyboard yang normal ternyata masalah tersebut masih berlanjut, maka dapat dipastikan bahwa kerusakan pada rangkaian kontroler keyboard yang ada di mainboard.

cara mengatasi keyboard komputer yang rusak


a. Ketikan rangkap (respon keyboard terlalu cepat)
Sering kali kita merasakan bahwa keyboard yang dipergunakan terlalu peka atau terlalu cepat merespon penekanan tombol, sehingga tombol yang ditekan akan menghasilkan cetakan ranskap (Derulang). Sebagai contoh, pada saat menekan a dengan sekali sentuh untuk mengetik a ternyata yang terketik atau tercetak adalah aa atau bahkan aaa. 
Dengan adanya kejadian seperti ini sering menggunakan tombol backspace untuk menghapus ketebihan huruf yang tidak semestinya massalah seperti ini sering timbul karena keyboard sudah lemah atau kotor pada tombol-tombolnya, sehingga pada saat tombol tersebut menekan tidak segera kembali ke posisi semula, akibatnya penekanan tombol ini akan terbaca sebagai penekan tombol beberapa kali, Jika permasalahnya adalah kotor, bisa mencoba untuk membersihkan bagian dalam dari keyboard setelah membuka tutup dari rangkaian keyboard tersebut, adapun jika masalahnya adalah lemahnya tombol bisa mengganti tombolyang lemah tersebut. Meski demikian keyboard-keyboard jenis baru tidak memungkinkan untuk dilakukannya hal tersebut karena dibuat dengan menggunakan sebuah lembaran plastik ying dilapisi karbon sebagai penghantarnya.

Hal lain yang mungkin menjadi penyebab menjadinya masalah adalah karena setup typematic rate pada BIOS. Dengan periode waktu yang semakin pendek pada typematic rate ini akan menyebabkan periode pembacaan respon dari keyboard meniadi lebih sering (periode waktu yang pendek). Jika keyboard ditekan agak lama (melebihi waktu pada typematic rate) maka komputer akan membacanya sebagai penekanan tombol beberapa kali. Untuk mengatasi hal ini, gantilah setting pada s€tup BIOS dengan typematic lebih paniang, atau ke defaultnya.

Permasalahan-permasalahan lain di seputar keyboard
Selain permasalahan tersebut, mungkin juga lemah mengalami permasalahan lain sehubungan dengan penggunaan keyboard, sehingga merasa kurang nyaman saat mengetik Hal ini dikarenakan kebersihan dari keyboard kurang terjaga, akibatnya tombol-tombol pada keyboard tidak lancar.