Pengertian E-Commerce dan Manfaatnya

Pengertian E-Commerce dan Manfaatnya - Electronic Commerce (E-Commerce) atau perdagangan secara elektronik adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama internet. Internet memungkinkan orang atau organisasi yang berada pada jatakyangjauh dapat saling berkomunikasi dengan biaya yang murah. Hal ini kemudian dimanfaatkan untuk melakukan transaksi perdagangan.

Bentuk perdagangan elektronik yang paling mudah ditemui adalah toko online.
Perdagangan secara elektronik memberikan keuntungan baik kepada perusahaan maupun kepada konsumen. Keuntungan yang diperoleh perusahaan antara lain:

1.Perdagangan secara elektronik memungkinkan perusahaan untuk menjual produknya kepada lebihbanyak orang. Dengan kata lain perusahaan dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Misalnya, perusahaan atau toko di Amerika dapat menjual produknya kepada orang di Jepang.
2.Perusahaan tidak perlu membuka banyak cabang distribusi.
3.Mengurangi biaya yang dikeluarkan perusahaan karena perusahaan tidak perlu menyediakan  toko yang besar dan pegawai yang banyak.
4.Biaya yang dikeluarkan perusahaan dapat dikurangi sehingga barang dapat dijual dengan harga lebih rendah. Akibatnya, lebih banyak konsumen yang dapat menjangkau harga Barang menjadi lebih banyak laku barang tersebut.
5.Barang yang dijual lebih murah dapat meningkatkan daya saing perusahaan.

Pengertian E-Commerce

Manfaat E-commerce

Perdagangan secara elektronik juga memberikan keuntungan bagi konsumen. Keuntungan bagi konsumen antara lain:

1.Konsumen tidak perlu mendatangi toko untuk mendapatkan barang. Cukup mengakses internet dan memesan barang, maka barang pesanan akan diantar ke rumah.
2.Pembeli dapat menghemat waktu dan biaya transportasi berbelanja.
3.Mempunyai lebih banyak pilihan karena dapat membandingkan semua produk yang ada di internet.
4.Dapat membeli barang yang terdapat di negara lain, yang di dalam negeri mungkin saja belum tersedia.
5.Harga barang yang dibeli menjadi lebih murah.

Saat ini ada banyak sekali perusahaan yang memanfaatkan perdagangan secara elektronik untuk mendukung usaha mereka. Bahkan beberapa perusahaan mengkhususkan diri melakukan perdagangan secara elektronik dan tidak melakukan perdagangan secara konvensional (biasa).

Di Indonesia, perdagangan secara elektronik juga  sudah marak dilakukan. Di internet dapat kamu temui banyak toko-toko online yang menjual berbagai produk. Beberapa web site didirikan khusus sebagai web site untuk menjual barang-barang tertentu. Beberapa contohnya, antara lain glodokshop.com, bhinneka.com, tokobelanja-
online.com, egrosir.com, tokopedia.com, dan masih banyak lagi.
sekian dari saya tentang pengertian e-commerce dan manfaatnya, semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian E-Commerce dan Manfaatnya"

Poskan Komentar