Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Selasa, 18 Agustus 2015

Pengertian Internet Dan Fungsinya Serta Manfaatnya

Pintarkomputer.Org - Tentunya Anda terbiasa dalam kehidupan sehari-hari Anda dengan internet. Mungkin bahkan sebagian dari Anda sudah mulai bergantung pada internet.

Anda sering menggunakan internet untuk mengirim e-mail, mengobrol dengan teman, nongkrong di situs jejaring sosial, mencari informasi, belajar online, dan sebagainya. Dengan kata lain, internet telah menjadi bagian dari kehidupan. Kita tidak bisa lagi hidup tanpa internet.

Pengertian Internet dan manfaatnya

Internet berasal dari kata Jaringan Internasional. Jika diterjemahkan secara langsung, pemahaman tentang internet adalah jaringan internasional. Internet adalah kumpulan komputer yang terhubung satu sama lain dalam suatu jaringan.

Disebut jaringan internasional karena internet menghubungkan komputer dan jaringan komputer yang ada di seluruh dunia menjadi jaringan komputer yang sangat besar.

Karena itu, internet adalah kumpulan jaringan komputer yang terhubung satu sama lain.


Baca juga:

Intenet merupakan sebuah jaringan, berarti apabila komputer yang terhubung ke internet berarti terhubung dengan semua komputer di seluruh dunia yang juga terhubung ke internet. Semua komputer yang terhubung ke internet dapat mengakses semua informasi yang terdapat di internet secara gratis.

Internet merupakan sebuah dunia yang tidak mempunyai penguasa. Artinya, semua orang mempunyai hak yang sama di internet. Oleh karena itu, internet merupakan dunia yang bebas dimasuki tanpa harus terikat pada peraturan-peraturan negara tertentu dan tanpa dibatasi oleh batas-batas wilayah teritorial negara tertentu juga.

Pengertian Internet dan Manfaatnya
Pengertian Internet dan Manfaatnya

Manfaat Internet dalam Kehidupan

a. Sebagai sumber data dan informasi, sarana komunikasi data dan informasi.
Internet menyimpan berbagai jenis informasi dengan jumlah tidak terbatas. Anda dapat mengakses informasi apa pun di internet.

Jika Anda mau, Anda juga dapat menempatkan informasi di internet Anda sehingga dapat diakses oleh orang lain seperti membuat blog, membuat forum, dan sebagainya.

b. Sebagai sarana komunikasi data dan informasi, internet dapat digunakan untuk mengkomunikasikan data dan informasi dari satu komputer ke komputer lain tanpa dibatasi oleh jarak fisik kedua komputer.

Dua komputer yang terhubung ke internet dapat berhubungan satu sama lain dan bertukar data dan informasi. Akses dan pertukaran data dan informasi dilakukan dalam waktu yang sangat cepat.

Internet adalah salah satu pemicu globalisasi karena telah menghilangkan batasan dunia. Internet memungkinkan siapa pun mengakses informasi yang disimpan di komputer di belahan dunia lain.

Internet telah membuat dua orang dari berbagai belahan dunia dapat berkomunikasi tanpa dibatasi oleh batas-batas negara, waktu, jarak, hukum, atau birokrasi suatu negara. juga membaca sejarah singkat internet

Berbagai aplikasi internet

Aplikasi internet yang tersedia saat ini jumlahnya banyak dan akan terus meningkat seiring dengan kemajuan teknologi informasi. Aplikasi internet ini kemudian digunakan di berbagai bidang, seperti akademis, militer, medis, media massa, dan berbagai sektor industri lainnya.

Dari sekian banyak aplikasi internet yang ada saat ini, yang paling banyak dikenal dan digunakan, termasuk World Wide Web (www), Email, Mailing Lists (milis), Newsgroup, Internet Relay Chat (IRC), File Transfer Protocol (FTP), Telnet Gophea Ping dan VoIP.

Fungsi setiap aplikasi adalah sebagai berikut.

Word Wide Web
The Word Wide Web atau www atau yang biasa disebut web adalah aplikasi yang paling penting. Aplikasi web memungkinkan komputer di internet untuk bertukar informasi dalam format dokumen khusus yang disebut hypertext atau format hypermedia.

Format hypermedia karena format dokumen memungkinkan informasi untuk disimpan dalam berbagai bentuk, seperti teks, gambar.

Dokumen web di internet disimpan di komputer server yang ada di internet. Saat ini diperkirakan ada ratusan ribu komputer yang tersebar di seluruh jaringan internet. Komputer server yang menyimpan dokumen web disebut server web.

Dokumen web yang memiliki format hypermedia dibuat menggunakan Hypertext Markup Language (HTML). HTML memiliki kemampuan untuk menghubungkan (menghubungkan) dokumen dengan dokumen lain meskipun dokumen ditempatkan pada server web yang berbeda.

Surat Elektronik atau Email
Elektronika (surat elektronik), atau lebih dikenal dengan e-mail, adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi korespondensi dalam bentuk elektronik.

Mengirim e-mail sama persis dengan mengirim surat biasa. Bedanya, e-mail dikirim dalam bentuk elektronik dan dikirim melalui jaringan komputer di internet.

Selain mengirim pesan, e-mail juga dapat digunakan untuk mengirim dokumen, gambar, video, suara, dan sebagainya. Email adalah alat komunikasi yang murah dan cepat.

Lebih lengkap Baca: Cara membuat email

Email akan dikirim segera setelah e-mail dikirim, dikirim ke bagian lain dunia, yang dapat dikatakan tiba bahkan jika e-mailnya sangat jauh.

Dikatakan murah karena biaya pengiriman e-mail hanyalah biaya yang dikeluarkan untuk koneksi internet.

Mailing List
Milis atau sering juga disebut milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi dalam satu grup melalui email.

Setiap e-mail yang dikirim ke alamat mailing list akan dikirimkan ke semua alamat e-mail yang terdaftar sebagai anggota milis.

Milis sebenarnya adalah bentuk lain dari email. Fasilitas ini digunakan oleh kelompok-kelompok kelompok untuk bertukar informasi dan berdiskusi dengan sesama anggota kelompok. Milis memiliki properti yang sama dengan aplikasi e-mail.

Newsgroup
Sebuah newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum. Biasanya anggota forum newsgroup memiliki minat dan minat yang sama dan mendiskusikan topik tertentu.

Fasilitas yang dapat digunakan dapat berupa multimedia (audiovisual) dengan menggunakan fasilitas konferensi video, hanya teks media, atau teks dan media audio menggunakan fasilitas obrolan (rRC).

Newsgroup dapat dianggap seperti bullettinboard. Dengan newsgroup, setiap orang bebas memposting pendapat mereka untuk dibaca oleh orang lain yang menjadi anggota grup.

Newsgroup dapat dianggap seperti bullettinboard. Dengan newsgroup, setiap orang bebas memposting pendapat mereka untuk dibaca oleh orang lain yang menjadi anggota grup.

Newsgroup memungkinkan setiap anggota grup untuk dengan cepat memberikan informasi kepada orang-orang yang menjadi anggota kelompok.

Obrolan Relay Internet
Internet Relay Chat (IRC) adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi di internet. Berbicara di internet dikenal sebagai obrolan. Meskipun disebut berbicara, komunikasi yang sebenarnya dilakukan menggunakan teks.

Obrolan dilakukan dengan mengetik teks dan kemudian mengirimnya. Saat ini beberapa layanan obrolan di internet dilengkapi dengan sarana untuk menampilkan gambar yang diambil dari webcam.

Dengan menggunakan fasilitas ini, pelaku dapat "mengobrol" sambil melihat gambar orang yang diundang untuk mengobrol.

Protokol Transfer File
Transfer file Protokol atau lebih umum disingkat sebagai FTP adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirim atau mengambil file ke atau dari komputer lain.

FTP memungkinkan transfer data lebih cepat dari satu komputer ke komputer lain di internet. FTP sering digunakan untuk mencari dan mengambil (mengunduh atau mengunduh) file dokumen di server di internet yang memiliki alamat khusus yang menyediakan berbagai file.

File tersebut memang diizinkan oleh pemiliknya untuk diambil oleh pengguna internet yang membutuhkannya. File dokumen ini bisa dalam bentuk hasil penelitian, artikel, jurnal, dll.

FTP juga sering digunakan oleh pemilik situs di internet untuk menempatkan (mengunggah atau mengunggah) file dokumen web ke server web sehingga mereka dapat diakses oleh semua pengguna internet.

Telnet
Telnet adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer jarak jauh. Telnet dapat digunakan jika Anda memiliki alamat IP dari komputer yang akan diakses dan juga hak akses dan kata sandi USER ID ke komputer. Alamat IP adalah nomor protokol internet yang diberikan ke semua komputer yang terhubung ke internet.

Dengan demikian memahami internet dan manfaatnya, semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Internet Dan Fungsinya Serta Manfaatnya

0 komentar:

Posting Komentar