Perangkat Keras Komputer beserta Gambar dan Fungsinya

Perangkat Keras Komputer beserta Gambar dan Fungsinya - Perangkat komputer merupakan salah satu teknologi yang dapat digunakan untuk mengolah data, angka dan data teks. Teknologi komputer memperlancar pekerjaan kita sehari-hari. Komponen komputer terdiri atas komponen fisik (perangkat keras) dan komponen nonfisik (perangkat lunak). Perangkat keras komputer dapat dilihat dengan indra pengelihatan dan dapat diraba dengan tangan.

Perangkat Utama Komputer

Sebuah komputer biasanya berada dalam sebuah wadah (Casing) berbentuk kotak. Jika casing itu kita buka, akan tampak komponen komponen di dalamnya.

Central Processing Unit (CPU)

Pengertian CPU - CPU atau sering disebut prosesor atau mikroprosesor merupakan 'otak' dari komputer. Sebenarnya, CPU merupakan sebuah cip silikon yang menyatukan ratusan bahkan ribuan komponen plastik dan dihubungkan ke komponen komputer lainnya dengan menggunakan pin ganda. Jumlah pin bergantung padamodel mikroprosesor:

Fungsi CPU adalah sebagai pusat pengolahan dan pusat pengontrolan dari keseluruhan sistem komputer. CPU akan melayani semua tugas-tugas yang  diberikan dengan cepat dan tepat. Unit ini terbagai atas Arithmatic Logic Unit (ALIJ) dan Control Unit (CU).

Pengertian dan Fungsi CPU

Papan Induk (Motherboard)

Motherboard merupakan perangkat keras komponen elektronik induk sebagai tempat CPU, memori, dan bagian lainnya. Motherboard jaga dilengkapi dengan beberapa slot untuk kartu tambahan guna meningkatkan kemampuan komputer.

pengertian motherboard dan komponennya pengertian motherboard pada komputer pengertian motherboard beserta gambarnya

Random Access Memory (RAM)

RAM merupakan perangkat keras untuk penyimpanan file sementara yang dipakai untuk mengolah instruksi atau informasi. Semua data dan program yang disimpan dalam RAM dapat diakses secara acak (dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus) oleh pemrogram.

Memori yang tersimpan dalam RAM akan hilang jika aliran listrik terputus. Besar kecilnya kapasitas RAM akan memengaruhi kecepatan proses komputer. Makin besar kapasitas RAM, proses akan makin cepat.

arti random access memory contoh random access memory pengertian random access memories

Read Only Memory (ROM)

ROM merupakan perangkat keras untuk penyimpanan yang bersifat pernanen. Memori yang tersimpan di ROM hanya bisa dibaca, tetapi tidak bisa diubah. ROM diisi oleh pabrik pembuatnya dan umumnya berupa sistem operasi, program bootstrap dan pada beberapa jenis komputer diberikan program interpreter BASIC. Memori ini tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik yang masuk. Isi ROM tidak boleh hilang atau rusak. Jika hal itu terjadi maka komputer tidak dapat berfungsi kembali.

Saat ini, sudah dikembangkan  ROM yang dapat diprogram ulang. ROM jenis ini isinya dapat dihapus dan diubah. Contohnya adalah EPROM (Erase Programmable Read Onlr Memory) dan RPROM (Reprogrammable Read Only Memory). Kedua jenis ROM ini isinya dapat dihapus dengan sinar ultraviolet serta dapat diprogram kembali.
  • Hard Disk
Pengertian Hard disk adalah peralatan yang berfungsi sebagai penyimpan data, seperti sistem operasi, program, dan basis data. Kapasitas penyimpanan hard disk sangat besar. Data yang tersimpan di dalam hard disk tidak akan hilang meskipun aliran listrik terputus.

fungsi hardisk komputer fungsi hardisk eksternal fungsi hardisk pada komputer

  • Disk Drive
Disk drive adalah peralatan tempat disket dipasang yang berfungsi untuk pembacaan dan penyimpanan data melalui media penyimpan disket. Disket adalah penyimpan data yang bersifat magnetis. Disk sangat rawan dan mudah terkena debu atau kotoran, baik yang  ditimbulkan oleh debu dari lingkungan sekitar maupun yang ditimbulkan oleh disket itu sendiri.

 fungsi disk driver pada device manager fungsi disk drive/usb fungsi disk drive dalam komputer fungsi disk drive pada cpu

  • Power Supply
Power supply adalah peralatan yang digunakan sebagai sumber arus untuk masing-masing peralatan yang berada di komputer. Peralatan ini menyediakan arus sesuai dengan kebutuhan setiap peralatan komputer. Powersupply mempunyai daya yang berbeda-beda, antara lain 300 watt, 350 watt, dan 450 watt.
Biasanya, voltase yang dikeluarkan adalah 5 volt dan 12 5volt. Arus yang dikeluarkan harus stabil. Jika tidak, komputer akan mudah rusak.

kegunaan power supply dc kegunaan power supply ac-dc kegunaan power supply unit kegunaan power supply untuk komputer

  • CD/DVD
CD/DVD drive adalah alat yang digunakan untuk membaca dan/atau menulis data pada piringan optik (compact disc, CD atau digital disc, DVD)
Ada beberapa CD DvD drive.
yaitu:
CD-ROM
Drive alat yang digunakan untuk membaca data dari CD
CO writer alat yang digunakan untuk membaca dan menulis data dari dan ke CD
DVD-ROM 
DVD writer
Drive alat yang digunakan untuk membaca data dari DVD alat yang digunakan untuk membaca dan menulis data dari dan ke DVD.
Perangkat masukan (input)  merupakan alat yang digunakan untuk menerima masukan. Bahan masukan dapat berupa data, program dan sumber daya (listrik). Data adalah istilah umum yang mewakili angka, karakter, dan simbol-simbol lain yang berfungsi sebagai masukan untuk proses komputer.

  • Papan Tik (Keyboard)
Keyboard merupakan perangkat keras masukan (input) untuk memasukkan data atau perintah pada sistem komputer. Keyboard merupakan alat masukan yang paling umum digunakan untuk memasukkan data dan menulis program melalui penekanan tombol. Keyboard memiliki tombol seperti mesin tik yang memiliki sederetan tombol karakter dan simbol. Perkembangan saat ini selalu mengacu pada wireless tersedia juga wireless keyboard dengan menggunakan sinar infra merah atau bluetooth.

  • Tetikus (Mouse)
Mouse merupakan alat penggerak kursor Qtointer) yang berguna untuk mempercepat dan mempermudah proses pekerjaan. Mouse pertama kali dikembangkan oleh Douglas Engelbart. Bentuk mouse yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan mouse satu tombol.

Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.
Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan mouse memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya mouse semacam ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video.

  • JoYstick
Komputer, selain digunakan untuk menulis dan berhitung juga dapat digunakan untuk bermain game. Permainan di komputer akan lebih nyaman dilakukan dengan joystick dibanding mouse atau keyboard.

Perangkat Keras Komputer Keluaran (Output)

  • Monitor (Display)
Monitor merupakan perangkat keluaran yang berfungsi untuk menampilkan data hasil kerja prosesor. Monitor memiliki beragam jenis, musegmen, CRT (cadisplay). Komputer baik layar cembung Keunggulan mengtampilan meskipu kan untuk laptop menggunakan LCD.
  • Mesin Cetak (Printer)
Printer merupakan perangkat keras keluaran yang digunakan untuk menghasilkan hard copy dari file atau dokumen yang telah kita buat menggunakan komputer. Printer biasanya disambungkan melalui porarel pon dengan adanya perkembangan port serial yang lebih baik, yaitu USB (Universal  Serial Basis) maka ada pita printer yang disambungkan melalui port USB ini. Macam-macam printer, antara lain dot-matrix, ink-jet, dan laser yang tersedia dalam tinta black atat color.
  • LCD Proyektor
Fungsi Proyektor untuk mentransfer data dari komputer ke layar lebar. Hal ini diperlukan, misalnya untuk presentasi yang melibatkan banyak orang sehingga semua yang hadir dapat melihatnya. Proyektor ini juga  bisa digunakan untuk acara nonton bareng acara sepak bola atau film dalam rangka HUT RI. Agar dapat menangkap gambar dari proyektor dengan baik, diperlukan layar lebar atau dinding putih.

kegunaan proyektor lcd kegunaan proyektor infocus kegunaan proyektor pada komputer kegunaan proyektor adalah kegunaan proyektor saat presentasi

  • Scanner
Fungsi Scanner adalah alat yang dapat menghasilkan salinan data berupa gambar atau teks. Cara kerja scanner mirip dengan mesin fotokopi. Bedanya, scanner menghasilkan salinan dalam bentuk file yang dapat diatur (diedit) sebelum dicetak.

pengertian scanner dan fungsinya pengertian scanner pada java pengertian scanner dan gambarnya


Perangkat Keras Untuk Menyimpan Data

Media penyimpan data adalah alat yang  berfungsi sebagai penyimpanan suatu data. Alat untuk membaca/memutar suatu media simpan elektronik sering juga disebut dengan drive. Berikut ini contoh alamat drive dari media penyimpan sebuah komputer.

Drive  A : penyimpanan data ke dalam disket.
Drive  C Drive D berfungsi menyimpan data ke dalam hand disk.berfungsi menyimpan data ke dalam hard disk (bila dipartisi).
Drive E
penyimpanan data ke dalam keping CD.

Hard disk (juga disebut hard disk drive,HDD), merupakan media penyimpan sekunder yang didesain untuk menyimpan data dalam kapasitas yang besar. Data yang disimpan berupa sistem operasi, program, dan basis data. Data-data dalam hard disk disimpan di piringan magnetis yang berputar.

Selain berkapasitas besar, hard disk juga diharapkan memiliki kecepatan akses yang tinggi. Kecepata harddisk dinyatakan dalam putaran per menit (RPM). Makin cepat berputarnya, makin baik kinerjanya.

Hard disk tidak dapat dikeluarkan atau dimasukkan seperti disket sehingga disebut fixed (tetap) disk. Namun, sekarang sudah ada hard drive yang bisa dikeluar-masukkan seperti disket yang disebut rentovable Hard disk. Hal ini sangat menguntungkan karena kita bisa memindahkan data yang besar dengan mudah. Cara menghubungkan ke komputer pun relatif mudah karena memakai kabel USB.
  • Disket
Disket atau floppy disk merupakan media penyimpan yang pernah populer bagi pengguna personal komputer (PC).  Sebuah disket terdiri atas medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan fleksibel. Untuk menjaga agar data ataupun program yang tersimpan dalam disket tetap terjaga kebersihannya, disket dibungkus dengan plastik berbentuk segi empat. Data yang  tersimpan dalam disket suatu saat dapat dilihat, diedit, dan dihapus.

Kapasitas disket yang paling umum adalah 1,44 MB (seperti yang tertera pada disket) dengan ukuran 3Vz inci meskipun kapasitas sebenarnya adalah sekitar 1,41 MB. Pada generasi sebelumnya, disket mempunyai kemampuan simpan 1,2 MB dengan ukuran 5% inci. Disket mempunyai beberapa bagian yang rawan untuk dipegang karena dapat menyebabkan kerusakan.

Di samping itu, disket masih sangat berisiko untuk terjangkit virus. Karena kelemahannya tersebut, disket saat ini jarang digunakan, di samping kapasitas simpannya yang kecil.
  • CD-R/CD-RW/DVD
Mulai tahun 1983, sistem penyimpanan data di piringan optik mulai diperkenalkan dengan diluncurkannya digital audio compact disc. Compact disc (CD) terbuat dari resin (polikarbonat) dan dilapisi oleh permukaan yang sangat reflektif, misalnya aluminium. Informasi direkam secara digital sebagai lubang-lubang mikroskopik pada permukaan yang reflektif. Proses ini dilakukan menggunakan laser berintensitas tinggi. Permukaan yang berlubang mikroskopik ini kemudian dilapisi oleh lapisan bening.

Informasi dibaca menggunakan laser berintensitas rendah yang menyinari lapisan bening tersebut. sementara motor memutar disc. Intensitas laser tersebut berubah setelah mengenai lubang-lubang tersebut, kemudian terefleksikan dan dideteksi oleh foto sensor yang kemudian dikonversikan menjadi data digital.

Sahabat pintarkomputer.Org, Untuk lebih memahami postingan perangkat keras komputer dan fungsinya, silhkan anda lihat video berikut ini.

4 Responses to "Perangkat Keras Komputer beserta Gambar dan Fungsinya"

  1. Terimkasih Infonya mas, Mohon Izin copy... tapi kok gak bisa ya...

    BalasHapus
  2. MAs, diatas saya sudah membaca perangkat keras komputer, dan saya mohon jelaskan perbedaan RAM dan ROM ...

    BalasHapus
  3. Artikelnya sangat lengkap... sukses terus mas...

    BalasHapus