Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Friday, September 11, 2015

Cara Memperbaiki Keyboard Komputer dengan Cepat dan Mudah

Cara Memperbaiki Keyboard Komputer dengan Cepat dan Mudah - Keyboard merupakan salah satu perangkat keras komputer yang sangat vital bagi sebuah komputer. Hal ini dikarenakan keyboard digunakan untuk mengetikkan semua perintah dan memasukkan data berupa kalimat, angka, maupun simbol-simbol ke dalam [orprt"r.

Keyboard dalam bahasa lndonesia, artinya papan tombol jari atau papan tuts.

Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A_2, a_2, angka 0_9, dan tombol karakter khusus seperti ' _ @ f6 7. " g : ()--* = < > 1,.? : ; "'\l serta tombol khusus yang jumlah seluruhnya 104 tuts.


Baca juga:
Fungsi Tombol Keyboard Lengkap
Cara Mengetik 10 Jari
Macam Macam Permasalah pada Keyboard Komputer

Sebagaimana peralatan lainnya, keyboard juga dapat bermasatah. Salah satu masalah yang terjadi pada keyboard adalah keyboard Error (tidak terdeteksi oleh komputer).

Cara Memperbaiki Keyboard Komputer dengan Cepat dan Mudah
Cara Memperbaiki Keyboard Komputer dengan Cepat dan Mudah


Untuk memperbaiki keyboard, sebaiknya kita melakukan persiapan dan langkah-langkah sebagai berikut.

1. Mempersiapkan keyboard
Keyboard yang akan diperbaiki harus dipersipakan lebih dahulu, dan sebaiknya kita mempersiapkan juga buku manual tentang keyboard. Buku manual berguna sebagai panduan untuk membongkar dan memasang kembali komponen-komponennya.

2. Mempersiapkan komponen pengganti
Agar tidak memakan banyak waktu, sebaiknya sebelum melakukan perbaikan kita mempersipakan komponen-komponen yang mungkin diperlukan.

Komponen yang perlu disiapkan antara lain sebagai berikut.

Keterangan:
1. KBD Clock

2. KBD Data

3. N/C

4. GND

5. +5V (VCC)

3. Mendiagnosa Kerusakan
Sebelum melakukan perbaikan, kita harus mencari dan mendiagnosa kerusakannya terlebih dahulu. Dengan demikian kita akan lebih mudah dan tepat dalam menentukan langkah-langkah perbaikan kerusakannya.

Ada beberapa kerusakan yang mungkin terjadi pada keyboard, di antaranya sebagai berikut.

a. Keyboard tidak terdeteksi oleh komputer
Kerusakan yang sering terjadi pada keyboard adalah tidak dikenalnya keyboard oleh komputer. Pada saat proses booting, tiba-tiba komputer macet dan muncul pesan kesalahan "Keyboard error or no keyboard present".

Pesan tersebut diartikan bahwa pada saat proses booting, komputer tidak mendeteksi adanya keyboard. Jika terjadi demikian, hal yang perlu dilakukan adalah:

- Matikan kembali komputer dan cek apakah kabel keyboard telah tertancap dengan benar ke CPU.

- Jika perlu lepas dan tancapkan kembali kabel keyboard tersebut untuk meyakinkan bahwakoneksi sudah tepat.

- Jika komputer dihidupkan kembali, dan pesan kesalahan masih muncul, kemungkinan pertama adalah keyboardnya yang rusak.

- Coba dengan keyboard yang lain untuk memastikan bahwa keyboardnya yang rusak.

- Jika dengan mengganti keyboard pesan kesalahan masih tetap muncul, berarti bukan keyboard yang rusak. Tetapi bisa saja port keyboard di motherbord yang rusak.


Baca juga: 20 Komponen Motherboard Lengkap Dengan Gambar

b. Tombol keyboard macet
Kerusakan lain yang sering terjadi pada keyboard adalah tombol keyboard sering macet untuk ditekan, atau tombol keyboard tertekan terus. Hal itu mungkin disebabkan oleh debu yang sudah menumpuk di sela-sela tombol. keyboard sehingga menyebabkan keyboard macet.

Untuk mengatasinya, perlu dilakukan pembersihan pada keyboard. Keyboard dapat dibersihkan dengan menyedot atau menyemprotnya dengan penyedot debu. Dapat juga dibersihkan menggunakan kuas atau dengan menggunakan kain lap yang dibasahi dengan cairan pembersih atau alkohol.

Hal yang perlu diingat adalah proses pembersihan harus dilakukan pada saat komputer mati dan keyboard.dilepas dari portnya. baca juga macam-macam permasalahan pada keyboard

4. Membaca Buku Manual Tentang Keyboard

Buku manual sangat diperlukan bagi mereka yang belum berpengalaman terhadap langkah-langkah perbaikan komputer agar tidak terjadi esalahan dalam memasang komponen-komponennya.

5. Membuka Tutup Keyboard
Tutup keyboard dapat dibuka dengan menggunakan obeng kecil dengan ujung positif sama dengan kepala sekrupnya. Dengan demikian obeng lebih mudah untuk memutar sekrup yang menancap pada keyboard.

6. Menentukan Kerusakan Keyboard
Cara yang paling mudah untuk mengidentifikasi kerusakan yaitu dengan merasakan dan melihat sendiri keadaan keyboard. Misalnya, keyboard terasa keras saat dipakai, satu huruf tak berfungsi, boot keyboard error dan masih banyak yang lainnya.

Selain dengan melihat secara langsung, ada cara lain yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasi kerusakan, yaitu dengan menggunakan AVO meter, karena AVO meter dapat membantu kita dalam mengidentifikasi bagian mana yang mengalami kerusakan.

7. Mencatat Hasil ldentifikasi

Setelah kerusakan pada keyboard teridentifikasi, sebaiknya kita catat jenis kerusakan tersebut agar tidak lupa. Kerusakan dapat dicatat di sebuah buku tulis atau kertas lain.

Tujuan pencatatan adalah mempermudah kita untuk memulai dan menentukan bagian mana yang pertama harus diperbaiki.

8. Melakukan Perbaikan Keyboard

Masalah yang sering terjadi pada keyboard, antara lain sebagai berikut.

- Keyboard error (tidak terdeteksi oleh komputer)
Kerusakan jenis ini dapat disebabkan konektor keyboard yang renggang, kabel data keyboard putus, ataupun terjadi kerusakan pada lC yangterdapat pada keyboard.

- Tombol keyboard tidak berfungsi
Kerusakan jenis ini dapat disebabkan olehkonektor keyboard renggang, kabel data keyboard putus, terjadi kerusakan pada lC yang terdapat pada keyboard, dan kemungkinan terakhir adalah sekring yang ada pada keyboard putus.

- Beberapa tombol tidak berfungsi
Kerusakan jenis ini dapat disebabkan oleh adanya jalur PCB yang kotor atau ada jalur yangputus.

- Tombol keyboard keras
Tombol keyboard yang keras biasanya disebabkan karena banyak nya debu yang menempel pada keyboard.

"boot" keyboard error

Dapat disebabkan karena suis error, dan kabel konektor yang rusak.

Satu huruf tak berfungsi munculnya huruf sejenis yang banyak.

Kerusakan jenis ini biasanya disebabkan karena ada komponen dalam keyboard rusak,dan banyak debu yang menempel di dalam keyboard.

- Keyboard mengeluarkan kata maupun huruf yang aneh.

Kerusakan jenis ini dapat disebabkan oleh adanya kerusakan pada BIOS CHIP.

a. Membersihkan komponen dan perangkat keyboard
Masalah keyboard banyak disebabkan karena banyaknya debu yang menempel di keyboard maupun pada komponennya. Jika hal ini terjadi, upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan cara membersihkan debu menggunakan:

- Cotton bud
Digunakan untuk membersihkan debu di sela-sela bagian dalam maupun luar keyboard yang sulit dibersihkan dengan menggunakan kain lap.

- Vacum cleaner
Alat ini digunakan untuk menyedot debu yang ada di dalam keyboard. Hal yang perlu diperhatikan adalah kita tidak boleh menggunakan vacum cleaner dengan suhu yang terlalu panas karena dapat menyebabkan kerusakan pada komponen.

- Kuas halus
Kuas berguna untuk membersihkan debu dibagian dalam maupun luar keyboard. Pilihlah kuas yang halus, jangan menggunakan kuas yang kasar dan besar, karena dapat menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen keyboard.

Untuk membersihkan debu dengan kuas, kita dapat menggunakan kuas make up. Karena kuas make up memiliki tekstur yang halus dan lembut.

- Spray
Spray digunakan untuk menyemprot dan menekan debu yang sulit dibersihkan atau debu yang sudah menempel lama pada keyboard.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Memperbaiki Keyboard Komputer dengan Cepat dan Mudah

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment