Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Selasa, 20 Oktober 2015

Fungsi CD ROM dan DVD ROM pada Komputer

Fungsi CD ROM dan DVD ROM pada Komputer - CD ROM merupakan salahsatu dari berbagai perangkat keras komputer, CD kebanyakan diproduksi atau dibuat di pabrik.

Teknis perekaman CD bukan berupa magnetik, seperti floppy dan hard disk. Untuk sebuah CD, suatu laser akan menggoreskan data pada disket master.

Pembuatan laser akan membakar lubang pada permukaan lembut disket, menghasilkan permukaan datar di antaranya. Pola lubang dan bagian menunjukkan data.

Sampai 682 MB data teks, audio, video, dan grafis akan ditulis pada disket. Ketika membuat master, dia dapat digunakan untuk membubuhkan salinan. Sekali salinan dibuat, mereka dapat disegel untuk didistribusikan.
 
Fungsi CD ROM dan DVD ROM pada Komputer
Fungsi CD ROM dan DVD ROM pada Komputer


Saat data dibaca, cahaya dari laser bertumbukan dengan lubang dan bidang yang terletak pada sudut bawah disket. Lubang merefleksikan lebih sedikit cahaya, maka dibaca oleh drive CD-ROM sebagai 0.

Bagian merefleksikan lebih banyak cahaya, sehingga terbaca sebagai 1. Keduanya selanjutnya membentuk bahasa kode biner yang dipahami oleh komputer. Saat Ini telah tersedia CD-Writers untuk komputer.

Alat ini mengizinkan tersebarnya kapabilitas untuk menulis CD-ROM dalam proses yang dinamakan CD burning (pembakaran CD).

Satu spek CD-ROM drive adalah kecepatan. Makin cepat putaran cakram, makin cepat data dapat ditransfer menuju memori komputer. Kecepatan CD-ROM ditunjukkan dengan angka dengan sebuah “X” setelahnya.

Sebagai contoh, sebuah CD-ROM berkecepatan 12 terdaftar sebagai 12x. Makin besar angka, makin cepat perputaran cakram, seperti tampak pada gambar. Dua spek penting yang lain yaitu saat akses dan kecepatan transfer data.

Seting kecepatan CD-ROM untuk drive eksternal dapat berbeda. Memeriksa dokumentasi pabrik untuk informasi yang lain.

Spek yang lain yang mempengaruhi kecepatan dengan cara langsung atau tidak langsung, saat akses atau kecepatan transfer. Adalah saat pencarian, memori tersembunyi, jenis interface, dan perbaikan kesalahan.


DVD ROOM
Seperti CD, data disimpan dalam bentuk lekukan dan tonjolan pada permukaan reflektif tiap disket DVD.
 
Baca Juga: Cara Memutar DVD di Windows 8

Saat data dibaca, sinar dari laser menabrak melintasi lubang. Bagian terletak terhadap bagian bawah cakram. Lubang dapat memantulkan lebih sedikit sinar, maka dibaca oleh DVD drive sebagai 0.

Bidang memantulkan lebih banyak sinar, maka dibaca sebagai 1. Keduanya akan membentuk bahasa biner yang dipahami oleh komputer.

Kecepatan, Waktu Akses, dan Kecepatan Transfer Satu spesifikasi DVD drive adalah kecepatan. Makin segera cakram berputar, makin serentak data ditransfer menuju memori komputer.

Kecepatan DVD dinyatakan oleh angka dengan satu buah “x” sesudahnya. Yang Merupakan sampel, satu buah DVD berkecepatan 12 berlabel 12x. Makin besar nilainya, semakin tinggi kecepatan putarnya.

Dua spesifikasinya utama yang lain adalah waktu akses dan kecepatan transfer data. Disaat akses adalah secepat apakah data yang dicari oleh user dapat ditemukan dan diposisikan oleh laser. Kecepatan transfer data yaitu kecepatan komputer dalam mentransfer kabar menuju memori.

Tingkat kecepatan DVD untuk drive eksternal dapat berbeda. Perhatikan dokumentasi pabrikan untuk informasi lanjut. Spesifikasi yang lain yang serta-merta atau tak segera mempengaruhi kecepatan, saat akses atau kecepatan transfer yaitu saat pencarian, memori tersembunyi, jenis interface, dan perbaikan kesalahan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Fungsi CD ROM dan DVD ROM pada Komputer

1 komentar:

Posting Komentar