Pengertian dan Materi Simulasi Digital

Pengertian dan Materi Simulasi Digital - Simulasi merupakan sebuah cara utk menduplikasi/menggambarkan ciri, tampilan, dan karakteristik dari sebuah sistem nyata. Gagasan awal dari simulasi adalah utk meniru situasi dunia nyata dengan cara matematis, setelah itu mempelajari sifat & karakter operasionalnya, sehingga hasilnya membuat rangkuman dan membuat keputusan berdasar hasil dari simulasi. Dengan cara ini, system di dunia nyata tak disentuh / dirubah hingga keuntungan dan kerugian dari apa yg menjadi kebijakan mutlak suatu keputusan di uji cobakan dalam system model.
pengertian simulasi digital  materi simulasi digital  makalah simulasi digital  simulasi digital pdf  edmodo  komunikasi dalam jaringan  contoh simulasi digital  buku simulasi digital
 Menurut Pusat Bahasa Depdiknas (2005) simulasi merupakan satu metode pelatihan yg memperagakan sesuatu dalam bentuk tiruan (imakan) yg serupa dgn keadaan yg sesungguhnya. simulasi : penggambaran suatu sistem atau proses dgn peragaan menggunakan model statistic atau pemeran.

Udin Syaefudin Sa’ud (2005 : 129) simulasi adalah suatu replikasi atau visualisasi dari tingkah laku suatu system, contohnya suatu perencanaan pendidikan, yg terjadi pada kurun waktu yg tertentu. Jadi dapat dikatakan bahwa simulasi itu merupakan suatu model yg berisi seperangkat variabel yg menampilkan ciri penting dari sistem kehidupan yg sebenarnya. Simulasi memungkinkan keputusan-keputusan yg menentukan bagaimana ciri-ciri utama itu bisa di modifikasi secara nyata.

Sri Anitah, W. DKK (2007 : 5.22) metode simulasi yaitu salah satu metode pembelajaran yg akan dipakai dalam pembelajaran group. Proses pembelajaran yg memakai metode simulasi condong objeknya bukan benda atau gerakan yg sebenarnya, melainkan gerakan mengajar yg bersifat pura-pura. Kegiatan simulasi bisa dilakukan oleh siswa pada kelas tinggi di sekolah dasar.

Metode Simulasi Digital

Metode simulasi ialah proses perancangan model dari sebuah sistem nyata (real) & pengerjaan eksperimen-eksperimen dengan model ini utk tujuan mendalami perilaku sistem atau utk menyusun strategi (dalam sebuah batas atau limit yg ditentukan oleh sebuah satu atau sekian banyak kriteria) sehubungan dengan operasi sistem tersebut. Metode simulasi mampu memaparkan tingkah laku suatu sistem dalam sekian banyak disaat dengan mengobservasi perilaku dari suatu model matematika yg dibuat cocok dgn karakter system yg asli maka seseorang analis dapat mengambil ringkasan tentang tingkah laku dari sistem dunia nyata.
Konsep untuk materi simulasi digital  dapat dilihat di bawah ini: (klik untuk memperbesar gambar)
pengertian simulasi digital  materi simulasi digital  makalah simulasi digital  simulasi digital pdf  edmodo  komunikasi dalam jaringan  contoh simulasi digital  buku simulasi digital
Diatas  merupakan konsep materi simulasi digital, dan anda bisa menemukan penjelasannya di blog ini.

Jenis-jenis Simulasi

Berdasarkan perangkat keras yang du gunakan, maka ada 3 kategori simulasi :
Simulasi analog, Adalah simulasi yg implementasinya memakai rangkaian elektronika analog, seperti operasional amplifier utk integrasi, pembanding, pembalik, penjumlah & lain lain.
Simulasi hybrid, Adalah simulasi yg implementasinya memakai gabungan rangkaian elektronika analog & komputer digital.
Simulasi digital, Pengertian simulasi digital Adalah simulasi yg implementasinya memakai komputer digital.

Pengertian Digital

Digital berasal dari kata Digitus, dalam bahasa Yunani berarti jari jemari. Bila kita hitung jari jemari orang dewasa, sehingga berjumlah sepuluh (10).Nilai sepuluh tersebut terdiri dari 2 radix, adalah 1 dan 0, oleh sebab itu Digital adalah penggambaran dari sebuah kondisi bilangan yg terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilangan biner). Seluruhnya sistem komputer memanfaatkan system digital sbg basis datanya. Sanggup dinamakan pun bersama istilah Bit (Binary Digit)

Peralatan canggih, seperti komputer, pada prosesornya mempunyai serangkaian perhitungan biner yg rumit. Dalam gambaran yg mudah-mudah saja, proses biner seperti saklar lampu, yg mempunyai 2 keadaan, adalah Off (0) & On (1). Contohnya ada 20 lampu dan saklar, apabila saklar itu dinyalakan dalam posisi A, misalnya, maka dia bakal membentuk gambar bunga, dan apabila dinyalakan dalam posisi B, dia dapat membentuk gambar hati. Begitulah kira-kira biner digital tersebut.

Gagasan digital ini ternyata juga menjadi gambaran pemahaman suatu keadaan yg saling berlawanan. Pada gambaran saklar lampu yg ditekan pada tombol on, sehingga tempat akan nampak jelas. Tapi bila saklar lampu yg ditekan pada tombol off, maka tempat jadi gelap. Keadaan alam semesta dengan cara keseluruhan menganut system digital ini. Pada belahan bumi katulistiwa, munculnya siang & tengah malam yakni sebuah fenomena yg tak terbantahkan. Dengan Cara psikologis, manusia terbentuk bersama dua sifatnya, merupakan baik & buruk. Konsep YinYang ternyata juga bersentuhan dgn rencana digital ini.

2 Responses to "Pengertian dan Materi Simulasi Digital"

  1. trimakasih atas semua materinya
    sangat bermanfaat, dan mudah di mengaerti :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama milka... terimkasih sudah berkunjung dan membaca materi simulasi digital

      Hapus