Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Selasa, 27 Oktober 2015

Pengertian Kelas Maya dan Manfaatnya

Pengertian Kelas Maya dan Manfaatnya - Proses belajar mengajar dengan menggunakan kelas maya (cyber class) adalah suatu upaya untuk mendorong pembelajaran yang dilaksanakan kapan saja dan di mana saja. Pembelajaran dalam kelas maya bukanlah mengganti sistem belajar saling bertatap muka yang dilaksanakan dengan guru-guru anda dikelas.

Akan tetapi, dengan menggunakan kelas maya anda akan mendapatkan tambahan atau pengayaan (enrichment) materi yang dapat melengkapi kegiatan belajar konvensional (kelas umum). Dengan model pembelajaran seperti ini, anda akan didorong untuk lebih aktif dan juga lebih kreatif.

Baca juga:
Materi Simulasi Digital
Pengertian Kelas Maya dan Manfaatnya
Pengertian Edmodo
Cara Daftar Edmodo

Aktif dan kreatif mengandung pengertian bahwa dalam kelas maya diharapkan anda mampu untuk mencari, membaca, serta mendalami beberapa materi dari berbagai sumber belajar digital. Di samping itu, anda dituntun untuk menyimpulkan, membuat, dan berbagi ilmu pengetahuan yang sudah anda ketahui ataupun hasil karya yang di buat untuk teman-teman anda. Dan anda juga diharapkan dapat berdiskusi dan bersama-sama dalam kelompok secara virtual.

Kelas Maya
Kelas Maya
Dalam pembelajaran, teknologi bisa digunakan untuk memperluas jangkauan pembelajaran, meningkatkan kecepatan belajar, serta meningkatkan efisiensi pembelajaran dan anda bisa berkomunikasi dengan teman-teman anda lewat dunia maya yang disebut dengan komunikasi dalam jaringan. Untuk memahami lebih dalam lagi tentang apa yang dimaksud dengan komunikasi dalam jaringan, silahkan baca artikel yang berjudul "Pengertian komunikasi dalam jaringan"


5 Manfaat Kelas Maya

Setidaknya ada 5 Manfaat kelas maya dibandingkan dengan kelas konvensional.
a. Konektivitas - akses pada berbagai ragam informasi ‘tersedia’ dalam skala global.
Selama anda menggunakan koneksi internet, anda dapat mendapatkan informasi apapun yang tersedia dalam world wide web (www). Dalam mencari informasi, anda tidak akan kesulitan berkat bantuan aplikasi mesin pencari seperti Google, Bing dan Yahoo.

b. Fleksibilitas – belajar dapat dilaksanakan di mana saja dan kapan saja.
Dengan cara belajar yang terjadwal dalam kelas yang anda lakukan selama ini (kelas konvensional), guru merupakan sumber belajar utama bagi anda. Akan tapi dengan kelas konvensional yg diperkaya dengan TIK, kamu juga memiliki kebebasan dalam memastikan saat yang tepat kapan kamu belajar dan tempat belajar, selama kamu dapat menggunakan komputer dan terhubung internet.

c. Interaksi – evaluasi belajar bisa dilaksanakan seketika dan mandiri.
Dgn menggunakan TIK, Kamu dapat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, menjawab beberapa pertanyaan, ataupun mengerjakan ujian dimanapun dan kapanpun kamu inginkan. Dalam beberapa model ujian, kamu bisa memperoleh hasil penilaian ataupun umpan balik dengan cara otomatis, maka anda tak perlu menunggu lama untuk mengetahui hasil penilaian ujian Kamu.

d. Kolaborasi
Pemakaian perangkat diskusi bisa mensupport pembelajaran kolaborasi di luar ruang kelas.

Dgn menggunakan internet, anda sudah berada dalam sebuah jaringan yang luas. Oleh dikarenakan itu, dengan menggunakan perangkat diskusi lewat internet, anda bisa berkomunikasi, berdiskusi, bertukar pemikiran, baik mengenai suatu gagasan, permasalahan, ataupun solusi dengan teman atau guru anda. Dengan perangkat ini anda bisa juga membuat grup belajar. Dalam group ini anda juga bisa berbagi rencana ataupun sumber belajar antar teman.

e. Kesempatan Pengembangan
Konten digital bisa terus-menerus dikembangkan maka dapat memperkaya pembelajaran dalam kelas konvensional.

Dalam kelas konvensional, anda dan guru harus berada dalam tempat yang sama. Akan tetapi dgn menggunakan TIK, guru anda akan memberikan instruksi dari ruang tertentu dan anda akan terus mengikuti instruksi guru anda tersebut meskipun antara anda dan guru berada di tempat yg berbeda.

Dengan kata lain, e-learning bisa berfungsi sebagai berikut:
a. Penambahan/pengayaan pembelajaran (supplement),
b. Pengganti sebagian pembelajaran (complement), atau
c. Pengganti semua pembelajaran (replacement)

Komponen pendukung kelas maya
a. Perangkat keras komputer (hardware) seperti komputer, netbook, notebook, ataupun tablet dan berbagai macam perangkat keras komputer yang terkoneksi dengan internet.

b. Perangkat lunak (software): Learning Management System (LMS), Learning Content Management System (LCMS), Social Learning Network (SLN).

c. Infrastruktur : Jaringan intranet ataupun internet.

d. Konten pembelajaran.

e. Strategi interaksi/komunikasi pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran.

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Kelas Maya dan Manfaatnya

5 komentar:

  1. di indonesia , penggunaan kelas maya ini belum merata...

    BalasHapus
  2. Terimaksih gan,,, infonya sangat bermanfaat ,,,,

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. silhkan share mas... terimkasih sudah berkunjung dan membaca pengertian kelas maya dan manfaatnya

      Hapus
  4. informasi mengenai kelas firtual sangat bangus, dan kelas virtual memang ada kelebihan dan kekurangannya tetapi dengan metode baru ini akan dapat membantu pengembangan pembelajaran, sekedar info bahwa di universitas gunadarma juga memiliki kelas virtual yang dapat di akses di http://elearning.gunadarma.ac.id/

    BalasHapus