Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring) Sinkron

Komunikasi Dalam Jaringan (Daring) Sinkron - Masih membahas tentang simulasi digital dan komunikasi dalam jaringan yang mana pada postingan sebelumnya kita sudah membahas materi simulasi digital dan pengertian komunikasi dalam jaringan, dan sekarang kita akan membahas komunikasi daring Sinkron.

Bentuk Komunikasi dalam jaringan Sinkron

Komunikasi serempak atau sinkron merupakan penggunaan kegiatan berkomunikasi dengan orang lain yang lain pada waktu yang sama dengan menggunakan perangkat lunak. Salah satu contoh dari komunikasi serempak yaitu text chat, video chat, video conference, dan lain-lain.
contoh komunikasi sinkron  bentuk komunikasi sinkron

Contoh Komunikasi Dalam Jaringan Sinkron

1. Text Chat
Layanan text chat memungkinkan kalian berkomunikasi dengan menggunakan tulisan dengan orang lain (chatting). Perbedaan mendasar antara Text Chat dgn E-mail adalah sifat text chat sebagai komunikasi sinkron, menentukan pesan yang dikirimakan akan dibaca ketika itu juga apabila pengguna yang lain sedang keadaan online. Sebagai contoh pelayanan text chat antara lain adalah Gtalk, yahoo messenger, Fb chat, dan lain-lain.
Terdapat juga layanan text chat yang berbasis perangkat genggam seperti Whatsapp, Line, Kakao Talk, dan lain-lain.

2. Video Call
Lain halnya dengan text chat, layanan video chat dinamakan juga video call atau video phone, bisa membuat kalian berkomunikasi antar 1 orang dengan  1 orang, dengan menghadirkan lawan berbicara dalam bentuk visual dengan suara ke hadapan kalian. Biasanya, video chat harus dilakukan dengan cara sinkron, di mana kalian dan lawan bicara harus ada di depan komputer secara serempak (pada waktu yang bersamaan). Sebagai Contoh layanan video chat antara lain Fb video call, Skype, Google+ hangout, Facetime, dan lain-lain.

Video conference merupakan layanan video chat yg dilakukan 3 orang atau lebih (multipoint) dengan berbagai pelayanan penambahan seperti berbagi layar, papan tulis, dll. Banyak sekali layanan video chat dapat bisa kalian gunakan untuk video conference, antara lain adalah Skype, Google+ hangout, Bigbluebutton, Cisco webex, dll. Setiap layanan video call dan video conference tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Google+ Hangout merupakan layanan video chat & video conference Gratis dan mempunyai berbagai fitur di dalamnya. Fitur-fitur tersebut antara lain : video conference sampai dengan 10 orang, pelayanan white board, share monitor, remote desktop, sharing video youtube, dan lain-lain. Perhitungkan beragam pelayanan tersebut, dalam Postingan ini Kita dapat memakai Google+ Hangout buat melaksanakan komunikasi sinkron.

Google+ hangouts merupakan fitur video chat gratis dari Google yang dapat membuat obrolan satu lawan satu dan obrolan group sampai sepuluh orang pada waktu bersamaan. Google+ hangouts lebih memfokuskan pada video chatting antar grup, bukan satu ke satu, dan mempunyai teknologi yang akan mengubah fokus monitor pada orang yg sedang bicara.

Google+ hangouts bisa diakses dengan perangkat komputer, notebook, atau perangkat mobile Android, (Android v2.3 ‘Gingerbread’ ke atas) juga akan dikembangkan untuk perangkat berbasis IOS. Selain video chatting, pengguna Google+ hangouts dapat berbagi dokumen, scratchpads, gambar, & video YouTube dengan pengguna lain. baca juga cara download video youtube

Google+ hangouts juga menawari fitur unggulan yaitu ‘Siaran Hangouts’ untuk penyiaran percakapan video langsung yg bisa diakses oleh siapa pun dgn aplikasi browser.

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf

Bagikan melalui Facebook / Twitter / Google Plus untuk melihat Link Download


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Pintar Komputer
Pintar Komputer Updated at: 06.25

Related : Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring) Sinkron

0 komentar:

Poskan Komentar