Pengertian Processor dan Fungsinya

Pengertian Processor dan Fungsinya - Sebuah Komputer tidak akan bisa berjalan tanpa CPU. CPU sering sekali disebut dengan otak nya komputer. Dalam motherboard, CPU mempunyai sirkuit tunggal terintegrasi (single integrated circuit) yang disebut dengan mikroprosesor. CPU juga mempunyai dua komponen dasar yaitu unit kontrol dan Arithmetic/ Logical Unit (ALU).
a. Unit kontrol
Unit control menginstruksikan sistem komputer mengikuti instruksi sebuah program. Hal itu dapat menghubungkan langsung data dari dan ke memori processor. Unit kontrol menyimpan data sementara, instruksi dan memproses informasi dengan menggunakan ALU. Sebagai penambahan, unit juga mengontrol sinyal antara CPU dan perangkat eksternal seperti hard disk, memori utama dan port I/O.

b. Arithmetic/Logic Unit (ALU)
Arithmetic/Logic Unit (ALU) dapat menjalankan kedua operasi arithmetic dan operasi logic. Operasi arithmetic adalah operasi dasar matematika seperti tambahan, pengurangan, perkalian, dan juga pembagian. Operasi logic seperti AND, OR dan  XOR digunakan untuk membuat perbandingan dan mengambil keputusan. Operasi logic bakal menentukan bagaimana sebuah program akan dieksekusi.

Pengertian Processor dan Fungsinya

Fungsi Processor
Procesor akan menangani sebagian besar operasi yang dijalankan oleh komputer dengan memproses instruksi/perintah, mengirimkan sinyal ke luar, memeriksa hubungan (connectivity) serta memastikan bahwa operasi dan perangkat keras berfungsi sebagaimana mestinya. Baca juga : Perangkat Keras Komputer

Processor akan bertindak sebagai pengirim pesan pada komponen-komponen seperti RAM, monitor dan disk drive. Mikroprosesor dihubungkan ke dalam sistem computer melewati tiga bus. Bus-bus tersebut adalah bus data, bus alamat, dan bus kontrol.

Banyak perusahaan yang memproduksi CPU termasuk Intel, Advanced Micro Devices (AMD) dan Cyrix. Intel dikenal dengan menciptakan chip CPU berbasis silikon sebagai chip modern di tahun 1971.

Jenis Soket Processor
Mikroprosesor bekerja menggunakan terminal yang spesifik, termasuk Soket 7, Soket 423 atau Slot 1, Soket X. X dapat jadi angka numerik apapun. X adalah istilah deskripsi untuk memastikan bagaimanakah processor tersambung (plug) dengan motherboard komputer. Processor plug in untuk membuat kontak dengan sirkuit built in atau bus data dari motherboard. Pembuat mempunyai tipe soket yang berbeda product processor yang diproduksi. Pengertian Motherboard dan Fungsinya

Soket 7, sudah banyak ditinggalkan meskipun pernah dikenal sebagai variasi koneksi utama terbaik yang pernah di ada. Soket 7 digunakan selama periode waktu tertentu oleh tiga jenis processor utama. Jenis soket yang diikuti dengan nomer yang lebih besar berarti merupakan model yang terbaru. Contohnya Soket 370 lebih baru daripada Soket 7. Teknologi processor dan kecepatan sudah meningkat dengan proses up date.

Soket ZIF
Processor tipe-soket menggunakan soket Zero Insertion Force (ZIF). Soket ZIF dirancang untuk meringankan memasukkan mikroprosesor. Soket ZIF mempunyai tuas yang dapat terhubung dan menutup untuk mengamankan mikroprosesor di tempatnya. Sebagai tambahan, soket yang memiliki nomer yang berbeda dapat memiliki pengaturan pin dan pin lay out yang berbeda juga. Contohnya, Soket 7 mempunyai 321 pin. Jumlah pin bisa semakin meningkat seiring dengan penomoran soket.

Procesor tipe-slot
Procesor tipe-slot hanya ada di pasaran selama setahun. Intel mengganti konfigurasi soket ke dalam paket procesor dalam cartridge yang muat dalam slot di motherboard buat procesor Pentium II. Secara bersamaan, AMD telah meningkatkan Slot A setara dengan Slot 1, jadi Soket A karena kapabilitas tingkat tinggi (high-end) AMD Athlon dan processor Duron.

Jenis-jenis Processor
1. Mikroprosesor Intel Pentium
Mikroprosesor Intel Pentium paling baru termasuk Pentium II, III, IV & Xeon. Kelas Pentium adalah standard terbaru untuk chip processor. Prosesor-prosesor tersebut mewakili processor Intel generasi kedua dan ketiga. Dengan mengkombinasikan memori cache (tersembunyi) dengan sirkuit mikroprosesor. Pentium mendukung processor dengan kecepatan 1000 MHz dan lebih tinggi. Chip yang dikombinasikan mempunyai ukuran tak lebih dari 2 inc persegi (6 cm persegi) dan terdiri lebih dari 1 juta transistor.

Processor Pentium sudah membuat beberapa peningkatan dari pendahulu mereka, yang terevolusi dari Intel 80486. Contohnya, bus data Pentium lebarnya 64-bit dan bisa menampung data 64-bit dalam satu waktu. Bandingkan dengan Intel 486 32-bit. Pentium mempunyai cache berganda dalam daya simpan total sebesar 2 MB, di bandingkan dengan 8 KB pada Intel 486. Peningkatan dalam kecepatan processor menciptakan komponen mendapatkan data yang masuk dan ke luar dari chip dgn lebih segera. Processor tidak hanya menunggu data atau instruksi. Hal ini membuat software berjalan lebih cepat.

2. Processor AMD yang berperforma baik yakni Athlon, Athlon XP, Thunderbird dan seri Duron. Processor tersebut setara dengan Pentium III, merupakan mikroprosesor yang banyak digunakan saat ini oleh sistem desktop high-end (tingkat tinggi), workstation, dan server. Bus system processor AMD Athlon didisain utk multiprosessing berskala. Nomor processor AMD Athlon dalam system mikroprosesor ditentukan oleh chip yg diperlukan. Situs pabrik, http://www.amd.com


Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf

Bagikan melalui Facebook / Twitter / Google Plus untuk melihat Link Download

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Pintar Komputer
Pintar Komputer Updated at: 06.43

Related : Pengertian Processor dan Fungsinya

0 komentar:

Poskan Komentar