Pengertian RAM dan Fungsinya

Pengertian RAM dan Fungsinya - Random access memory atau yang lebih populer dengan RAM jenis memori komputer yang dapat diakses secara acak; yaitu, setiap byte dari memori dapat diakses tanpa menyentuh byte sebelumnya. RAM adalah jenis yang paling umum dari memori yang ditemukan di komputer.

RAM juga merupakan salah satu perangkat keras komputer yang mempunyai tugas untuk menyimpan file sementara,  data yang sedang digunakan akan disimpan dan akan di capai dengan cepat oleh processor. Cache dibaca Cash, merupakan tempat untuk menyimpan secara sementara. Contohnya, file secara otomatis diminta dengan melihat halaman situs yang disimpan dalam hard disk tepatnya dalam subdirektori cache di bawah direktori untuk browser. Sedangakan COASt merupakan singkatan utk Cache on a stick. COASt menyediakan memori cache dalam banyak sistem berbasis Pentium.

Fungsi RAM Komputer

RAM dianggap sebagai tempat memori volatile atau sementara. Isi dalam RAM dapat hilang saat power komputer dimatikan. Chip RAM dalam motherboard komputer menjaga data dan program yang sedang diproses oleh mikroprosesor. baca juga pengertian motherboard.

RAM merupakan memori yang menyimpan data yang sering digunakan untuk mempercepat pengambilannya oleh processor. Makin besar RAM yang dimiliki satu unit komputer, makin banyak juga kapasitas yang dimiliki komputer untuk menyimpan data,  memproses file dan program yg berukuran besar.

Jumlah dan jenis memori dalam sistem dapat menjadikan perbedaan yg besar dalam performa sistem komputer. Beberapa program mempunyai ketetapan memori yg lebih daripada program yang lain. Rata-rata komputer yang menjalankan Windows 95, 98 atau ME sudah memiliki 64 MB yang terinstal.
Pengertian RAM, pengertian ram dan rom, pengertian ram komputer,

Jenis Jenis RAM

1. DRAM ( Dynamic Random Access Memory )
2. SRAM ( Static Random Access Memory ).

Kedua jenis RAM tersebut berbeda dalam teknologi yang mereka gunakan untuk menyimpan data. Dalam hal kecepatan, SRAM lebih cepat. DRAM perlu refresh ribuan kali per detik, sementara SRAM tidak perlu.

DRAM mendukung waktu akses sekitar 60 nanodetik, SRAM dapat memberikan waktu akses sekurang-kurangnya 10 nanodetik.

SRAM diperlukan untuk memori cache. DRAM tidak terlalu mahal dan beroperasi dengan lambat. DRAM membutuhkan power supply yang tidak terganggu untuk menjaga data supaya tidak hilang. DRAM menyimpan data dalam kapasitor kecil yang harus di refresh untuk menjaga data supaya tidak hilang. Baca Juga : Pengertian Power Supply

RAM dapat diinstal di dalam motherboard, sebagai fitur permanen ataupun dalam bentuk chip kecil. Chip dikenal dengan nama Single Inline Memory Modules (SIMMs) atau Dual Inline Memory Modules (DIMMs). SIMMs & DIMMs yaitu card yg bisa dipindahkan/dilepas dan bisa digantikan dengan menambah memori yang lebih besar maupun lebih kecil. Meski memiliki lebih banyak memori terinstal dalam komputer merupakan perihal yang baik, Umumnya sistem board mempunyai batasan pada jumlah dan jenis RAM yg akan ditambahkan.

Beberapa sistem bisa jadi hanya membutuhkan SIMM. Sistem lain mungkin saja membutuhkan SIMM diinstal dalam set yg tepat 2 atau 4 modul dalam satu waktu yang sama. Sebagai tambahan, beberapa system memanfaatkan hanya RAM parity sementara yang lain memanfaatkan RAM non-parity. Parity mempunyai kekuatan built-in pemeriksaan kesalahan ke dalam chip RAM untuk menentukan keutuhan data. Non parity, tak mempunyai kemampuan pemeriksaan kesalahan.

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf

Bagikan melalui Facebook / Twitter / Google Plus untuk melihat Link Download


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Pintar Komputer
Pintar Komputer Updated at: 03.38

Related : Pengertian RAM dan Fungsinya

0 komentar:

Poskan Komentar