Sejarah Komunikasi Manusia dan Perkembangannya

Sejarah Komunikasi Manusia dan Perkembangannya - Komunikasi adalah proses penyampaian informasi baik itu berupa pesan, ide, cerita, atau gagasan dari satu pihak kepada pihak yang lain supaya terjadi mempengaruhi diantara keduanya. Pada umumnya komunikasi dilakukan dengan menggunakan lisan atau kata-kata yang mana komunikasi tersebut dapat dimengerti oleh kedua pihak, namun dalam perkembangan saat ini komunikasi dapat dilakukan dengan alat bantu baik itu berupa gerakan, gambar, tulisan atau alat-alat peraga lainnya.
sejarah komunikasi manusia
Cara-cara manusia berkomunikasi seiring perkembangan jaman terus berubah seiring pengetahuan manusia itu sendiri. berikut sejarah perjalanan komunikasi pada zaman dahulu hingga zaman sekarang. baca juga pengertian komunikasi daring

1. Beberapa suku di Afrika dahulu menggunakan suara genderang untuk mengirim pesan.

2. Penduduk asli Amerika menggunakan asap untuk mengirim pesan yang dapat terlihat beberapa mil jauhnya.

3. Sebelum adanya penemuan-penemuan elektronik seperti telepon pengiriman pesan jarak jauh menjadi suatu proses sederhana.

4. Pada abad ke 18 di Perancis palang palang kayu di atas tiang yang tinggi di sepanjang Negeri mengirimkan sinyal hingga ratusan kilometer.

5. Claude Chappe menemukan sistem semafor pada tahun 1797 dan sekarang lebih sering digunakan oleh angkatan laut untuk mengirimkan pesan antar kapal-kapal.
sejarah komunikasi
6. Pada tahun 1838 Seorang warga Amerika yang bernama Samuel morse menemukan sebuah produk berupa kilatan-kilatan panjang dan pendek dari arus listrik atau lampu yang sering disebut dengan istilah titik dan garis produk ini bisa mengirimkan pesan melalui kawat atau kilatan cahaya.

7. Sekitar tahun 1870 Alexander Graham Bell yang merupakan kebangsaan Skotlandia menemukan sebuah telepon, prinsip kerja telepon adalah mengubah suara menjadi sinyal listrik yang dikirimkan kepada alat penerima yang dipegang oleh pengguna lain. dalam kurun waktu 15 tahun terdapat sekitar 140.000 pemilik telepon yang berada di negara Amerika Serikat.
sejarah komunikasi
8. Guglielmo John Logie adalah seorang yang berkebangsaan Italia, Ia menemukan radio atau perangkat elektronik tanpa kawat. pada tahun 1899 Stasiun Radio ini mengirimkan sinyal melalui sebuah gelombang yang tidak terlihat oleh mata kemudian diterima oleh antena John logie baird seorang pada tahun 1926 dia menemukan gambar pada televisi bisa merambat melalui udara penangkapan gelombang melalui udara sedangkan pemasangan TV kabel dengan menggunakan alat penghubung.

9. Saat ini tahun 2015 dengan menggunakan telepon genggam anda bisa berbicara dengan siapapun secara praktis di manapun Anda berada, suara Anda dibawa oleh gelombang radio yang disebut dengan gelombang mikro melewati sebuah antena diantar ke antena yang lain sampai gelombang ini mencapai telepon yang Anda hubungi dan beberapa antena berada pada satelit ruang angkasa.

0 Response to "Sejarah Komunikasi Manusia dan Perkembangannya"

Poskan Komentar