Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Selasa, 22 Desember 2015

Pengertian Hub Dan Fungsinya Serta Jenisnya

Pengertian Hub dan Fungsinya - Apa itu Hub? Hub adalah salah satu dari berbagai jenis perangkat keras komputer yang memainkan peran yang sangat penting dalam jaringan komputer. Hub sangat mempengaruhi proses koneksi antar komputer sehingga jika Hub rusak maka semua jaringan komputer dapat terganggu atau terganggu.

Secara umum, hub mengacu pada perangkat keras yang memungkinkan beberapa perangkat atau koneksi untuk dihubungkan ke komputer. Contoh lain adalah hub USB, yang memungkinkan beberapa perangkat USB dihubungkan ke satu komputer, meskipun komputer mungkin hanya memiliki beberapa koneksi USB.

Jenis Hub Dan Fungsinya

Hub berfungsi sebagai perangkat keras komputer yang menerima sinyal dari komputer dan berfungsi sebagai titik pusat yang menghubungkan semua komputer dalam jaringan. Hub juga bertindak sebagai penguat sinyal, konsentrator, dan konektor kabel UTP.

Hub umumnya digunakan untuk menghubungkan segmen dari LAN. Sebuah hub berisi beberapa port. Ketika sebuah paket tiba di satu port, itu akan disalin ke port lain sehingga semua segmen LAN dapat melihat semua paket.

Pengertian Hub Dan Fungsinya Serta Jenisnya
Gambar HUB


Dilihat dari fungsinya, Hub dibagi menjadi dua jenis:

a. Hub Pasif
Pasif Hub adalah hub yang berfungsi sebagai pembagi jaringan atau pembagi tetapi tidak memperkuat sinyal sehingga hub ini tidak memerlukan daya listrik tambahan.

Hub pasif disebut termasuk fitur tambahan yang memungkinkan administrator untuk memantau lalu lintas yang melewati hub dan mengkonfigurasi setiap port di hub

b. Hub Aktif
Fungsi Hub aktif sebagai jalur fisik dan penguat sinyal dalam jaringan, tetapi hub aktif akan berfungsi jika ada listrik

Hub pada dasarnya adalah pembagi sinyal. Ketika ada satu paket yang memasuki satu port di hub, itu dapat disalin ke port lain di hub yang sama dan semua komputer yang terhubung pada hub yang sama dapat membaca paket.

Setiap host yang terhubung ke hub dapat melihat paket ini tetapi hanya host yang dimaksudkan yang dapat memprosesnya. Ini akan menyebabkan masalah lalu lintas jaringan, karena paket yang ditujukan pada satu host sebenarnya dikirim ke semua host.

Baca juga
Pengertian Repeater dan Fungsinya
Pengertian Router dan Fungsinya

Kelebihan dan Kekurangan Hub

Keuntungan dari Hub adalah memungkinkan pengguna untuk dapat membagi pada jalur yang sama, memiliki banyak port (4 hingga 24 port ditambah 1 untuk server atau hub lain.)

Kekurangan Hub adalah dapat berbagi jalur yang sama sehingga kecepatan komunikasi juga harus dibagi dengan hub lain.

Karakteristik Hub
Perangkat Hub memiliki beberapa port yang dapat menerima kabel jaringan, seperti kabel UTP atau koaksial. Hub memiliki banyak variasi ukuran, Hub dalam ukuran kecil memiliki 4 port. Tetapi Hub yang besar akan berisi 8, 12, 16, dan bahkan 24 port.

Hub dapat terhubung dan berfungsi sehingga semua komputer di segmen tersebut akan mengakses dan berkomunikasi satu sama lain menggunakan konsep topologi jaringan.

Baca juga: Pengertian Topologi Jaringan Komputer

Kesimpulan: Hub adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk penguat sinyal dan sebagai titik sentral untuk menghubungkan jaringan komputer.

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Hub Dan Fungsinya Serta Jenisnya

1 komentar:

Posting Komentar